Servis Receiver Matrix Starlink V HD Tidak Mau Booting

Servisan masputz.com yang akan dishare kali ini adalah mengenai receiver yang tidak mau booting, gejalanya yaitu saat dihidupkan cuma muncul logo saja dan hanya berhenti sampai disitu saja artinya tidak mau loading lagi firmwarenya. Meski sudah ditunggu lama, ternyata tetap saja begitu. Terkadang saat di ON kan tidak mau muncul apa-apa, di led indikator cuma muncul garis. Padahal kalau normalnya yang muncul adalah angka channel yang aktif.

Sebenarnya jenis kerusakan seperti ini belum pernah saya temui sebelumnya, yang paling sering adalah receiver stanby, mati total atau sering restart sendiri. Karena kita tahu jenis receiver ini mudah sekali panas dan beberap kali kerap hang. Mungkin itulah kelemahan dari receiver starlink V HD ethernet. Untuk mengatasi hal tersebut berikut tips menanganinya yang sebelumnya saya praktekkan.

Servis Receiver Matrix Starlink V HD Tidak Mau Booting

Servis Receiver Matrix Starlink V HD Ethernet Tidak Mau booting.


  1. Pertama bongkar dulu casingnya
  2. Setelah itu bongkar juga mesin receivernya.
  3. Bersihkan semua kotoran yang menempel pada rangkaian.
  4. Selanjutnya pasang kembali
  5. Coba hidupkan, apakah masih gagal booting, jika ya silahkan cek tegangan dari power supply.
  6. Ada 2 tegangan out dari PSU 5V dan 21V, copot dahulu jumpernya. kemudian ukur dengan multimeter.
  7. Jika kurang berarti PSU yang perlu diperbaiki, untuk cara mudahnya ganti saja dengan kit PSU yang banyak dijual dipasaran.
  8. Untuk cara menggantinya silahkan baca mengenai cara memasang multi power supply receiver digital.

membongkar receiver matrix

Sebenarnya kemarin setelah dibersihkan receiver sempat normal kembali, namun beberapa saat kemudian masih mengalami gagal booting. Namun setelah diganti dengan PSU baru receiver matrix starlink V HD Ethernet kembali normal seperti biasanya.

Demikianlah tips singkat dalam memperbaiki kerusakan receiver jenis matrix starlink V HD ethernet. Jika ada kegagalan admin tidak bertanggung jawab, oleh sebab itu sebaiknya ditemani dengan teknisi yang ahli dibidangnya.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Servis Receiver Matrix Starlink V HD Tidak Mau Booting"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.