Memperbaiki Receiver Extra HD Yang Gagal Start

Receiver Extra HD memang kerap kali mengalami masalah gagal start. Mungkin bagi anda yang punya receiver jenis ini tentu familiar dengan gejala tersebut. Yaitu saat pertama kali dihidupkan receiver parabola hanya muncul logo kemudian restart lagi, muncul logo lagi dan restart lagi begitu seterusnya. Hal ini bisa juga dikatakan sebagai gagal booting atau start. Kalau dikatakan mati suri atau mata merah juga bukan, sebab receiver ini tidak dalam posisi stanby. Jika hendak diupgrade firmware via USB cukup sulit. Untuk itu masputz.com akan share cara mengatasinya saat memperbaiki jenis receiver extra HD yang gagal booting kemarin.

Penyebab Kerusakan Receiver Extra HD

Memperbaiki Receiver Extra HD Yang Gagal Start

Sampai sejauh ini saya belum mendapatkan informasi yang pasti kenapa jenis receiver mpeg4 HD keluaran terbaru seperti Extra HD, Matrix Burger HD, Tanaka, Getmecom new FTA sering mengalami hal ini. Padahal receiver belum lama belinya atau masih baru juga ada yang seperti ini. Namun perkiraan saja mungkin karena supplay tegangan  atau arus yang kurang. Selain itu firmware yang terlalu berat, crash, memori penuh bisa jadi pemicu terjadinya gagal start ini. Mungkin rekan-rekan ada jawaban lain bisa isi dikolom komentar.

Penyebab Kerusakan receiver

Cara Memperbaikinya

Untuk mengatasi hal semacam ini caranya tidak terlalu sulit, cukup ganti saja sebuah elco yang ada di main board receiver berukuran 200uf/16 dengan yang lebih besar nilainya. Letaknya didekat LNB Out dan kemarin saya coba ganti dengan 470uf/16 V receiver sudah normal kembali. Namun rekan lain juga ada yang mengganti elco di bagian PSU, tepatnya elco 22uf/400V berhasil juga. Cara menggantinya tentu harus dibongkar dulu kemudian kita copot saja elco tersebut dan ganti dengan yang masih bagus, namun dengan nilai yang lebih besar.

Mengganti elco main board
Baca juga :

Kesimpulan

Jadi dalam menangani kerusakan receiver extra HD yang sering restart sendiri atau gagal booting, bisa anda coba dengan mengganti elco di bagian PSU atau dimain board receiver. Cara ini sudah admin praktekkan dan berhasil.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Memperbaiki Receiver Extra HD Yang Gagal Start"

  1. Sy juga mengalami pernah hal itu dgn rcv tsb cmn kepake 5 bln n balik lagi ke Manhattan n skybox. Pernah upgrade SW juga kurang membantu tp lumayan jd ada beberapa perbaikan di fungsi penggunaan, Sptny memang benar supplynya kurang bagus nih rcv. Pernah juga ganti elco di PSU tp sptny yg sy lakukan kebalik dh antara positif negatifnya "maklum gan" bukan lulusan elektro n listrik jd sy lakukan cuma modal nekat saja xixixi... alhasil rcv mati suri, blm ada waktu lg nih bwt benerinnya.

    ReplyDelete
  2. Mungkin itu kegagalan produk Extra HD ini gan, sekarang kabarnya sudah nggk produksi lagi. Nilai plusnya mungkin cuma di port LAN & Scam. Wah klo terbalik ya meledak elconya. Ganti saja satu set PSU nya

    ReplyDelete
  3. Mas...ni punyaku matrik burger s2...gagal start...klo dihidupin panel on nya sbntr nyala sbntar padam..bgtu trus...kira2 apa nya tuh yg bermasalah..?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.