Cara Tracking Satelit Intelsat 20 di 68.5° E C band

Intelsat 20 di 68,5 E merupakan salah satu satelit yang menjadi incaran para tracker untuk mencari siaran channel Sony Six dan ESPN. Kedua channel tersebut saat ini menyiarkan liga Spanyol dan liga Italia. Namun untuk bisa mendapatkan channel tersebut receiver TV parabola yang anda gunakan harus sudah support jenis acakan powervu. Karena sony six maupun ESPN diacak powerVu. Cara tracking satelit intelsat 20 sebenarnya sangat mudah, karena sinyalnya lumayan luber untuk wilayah Indonesia, khususnya dibagian barat.

Frekuensi terkuat satelit intelsat 20 yang bisa anda lock adalah 3739 H 26590 yaitu channel NHK World. Di Indonesia sendiri satelit tersebut termasuk beam area. Jadi anda tidak perlu khawatir kalau nanti tidak dapat sinyal, yang penting tetap berusaha untuk mendapatkan kedua channel tersebut agar bisa nonton channel alternatif yang menyiarkan liga top Eropa. Selanjutnya berikut adalah langkah-langkah tracking satelit intelsat 20 C band.
cara tracking intelsat 20 C band

Cara Lock Satelit Intelsat 20 68.5° E

Sebelum melakukan tracking, berikut adalah perangkat yang perlu anda persiapkan;
  1. Receiver parabola mpeg4 HD support powerVu
  2. Dish Jaring/ Solid minimal 6 feet
  3. LNB C band + Bracket
  4. Kabel coaxial + baut konektor
Setelah bahan tersebut anda persiapkan, langkah berikutnya adalah memasang semua perangkat dan melakukan setting di antena parabola,

Setting Antena di Receiver

Kali ini saya menggunakan jenis receiver extra HD yang sudah support powerVU, kalau biasanya saya pakai matrix starlink V HD E. Untuk itu langkah-langkah menuju ke pangaturan antena bisa saja berbeda. Namun yang paling penting anda sudah tahu letak setting antenanya, berikut langkah-langkahnya.
setting antena intelsat 20

  • Buka menu di receiver dan pilih Instalasi
  • Cari daftar satelit dan pilih satelit intelsat 20
  • Setting pengaturan antenanya sebagai berikut;
LNB freq = 5150
Diseqc 1.0 abaikan tidak masalah, keculi jika pakai switch diseqc.
22K juga bisa diabaikan kecuali pakai switch ON/OFF
Pilihan yang lain juga bisa diabaikan.
  • Selanjutnya masuk ke daftar transponder dengan menekan tombol kuning (khusus Extra HD)
  • Tambahkan transponder terkuat satelit intelsat 20 yaitu 3739 H 26590
  • Selanjutnya kembali lagi dan lihat info sinyal, 

Langkah selanjutnya adalah proses tracking satelit intelsat 20 dimulai, caranya adalah dengan mengarahkan antena parabola ke barat, kemiringan membentuk garis diagonal. Kalau anda sudah pernah lock satelit thaicom 5/6 atau apstar 7 C band. Maka satelit intelsat 20 berada dibawahnya. Jika masih kesulitan cobalah dish sedikit dimiringkan ke selatan untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Selanjutnya lakukan scan otomatis atau pencarian tunggal dengan memilih cari acak (receiver extra HD). Pastikan channel Sony Six dan kawan-kawan terlock dengan sinyal yang kuat.
sony six sd

Frekuensi Sony Six dan Sony ESPN Terbaru

Freq : 3900
Polarisasi : Horizontal
Simbol Rate : 22222
Mpeg4/ PowerVu

Baca Juga Channel Luar yang Menyiarkan Liga Top Eropa

Sebenarnya sony six dan kix juga ada di satelir intelsat 17, tinggal arahkan parabola kebawah sedikit lagi. Kalau anda sudah familiar dengan dunia tracking tentu dengan mudah anda akan mendapatkan sinyal dari satelit intelsat 20. Namun kalau baru belajar, sebaiknya minta saran dan bantuan ke teknisi atau orang yang sudah ahli dibidangnya. Demikianlah tips singkat mengenai cara lock satelit intelsat 20 C band. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anda dan bisa nonton Laliga gratis di satelit tersebut.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

12 Komentar Untuk "Cara Tracking Satelit Intelsat 20 di 68.5° E C band"

  1. Satelit ini kalau di matrix garuda bisa nggak gan?Infonya

    ReplyDelete
  2. Kalo satelitnya bisa, tp klo channel sony six tentu diacak

    ReplyDelete
  3. Mas.gmnana cara menghitung sudut kemiringan parabola?.contohnya intelsat 20 68°.sy br belajar tracking sat.tq pencerahannya.

    ReplyDelete
  4. Wah klo itu tergantung lokasi (titik koordinat) anda gan, memang ada rumusnya tapi cara termudah, bisa mengunjungi satbeam,com nanti tinggal isikan lokasi dan satelit yang dilock, maka akan muncul infonya

    ReplyDelete
  5. SONY KIX berubah nama menjadi SONY ESPN karena kerja sama branding.

    ReplyDelete
  6. Lokasi di ciacap Pke dish jaring 7,5 feet maksimal gak min..mau coba lock intelsat20 mksh min

    ReplyDelete
  7. gan kalo thaicom 5 sama intelsat 20 katanya bisa 1 parabola ya? klo iya berapa jarak lnb dan kedalamannya?

    ReplyDelete
  8. Klo jarak tergantung diameter Parabolanya gan, misal klo 6 feet skitar 10 cm klo lebih besar dishnya tentu lebih jauh jaraknya.

    ReplyDelete
  9. Mas putz klw mau rubah frekuensi secara manual tiap chanel pada recever getmecom hd5 gmna ya

    ReplyDelete
  10. Wah saya belum pernah pake rx tersebut gan, coba cari di group2 FB atau lainnya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.