Servis Stavol (Stabilizer) yang Rusak Mati Total

Sharing kali ini membahas mengenai stavol 3000VA yang saya servis kemarin, Gejalanya adalah mati total. Artinya jika di hidupkan tidak mau nyala sama sekali. Dengan demikian bisa dikatakan mati total. Cara memperbaiki kerusakan seperti ini, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab jika kerusakan diakibatkan kabel atau sekring yang putus, kita tinggal menghubungkannya saja. Namun jika terjadi kerusakan yang lebih serius, misalnya terbakarnya gulungan/ spul. Maka untuk memperbaikinya harus digulung ulang dengan kawat tembaga yang baru. Kalau masalah ini sampai terjadi saya cuma bisa angkat tangan saja. Maklum masih belajar jadi belum bisa sampai kesitu.

Kerusakan stavol mati total yang saya servis kemarin, kebetulan tidak terlalu rumit kerusakannya. Yakni hanya dibagian sekring dan terkikisnya arang karbon di bagian step up/ step down. Nah untuk pengecekan dalam mereparasinya adalah sebagai berikut:

Servis Stavol (Stabilizer) yang Rusak Mati Total

Cara Memperbaiki Stavol Mati Total


  • Cek sekring atau fuse, biasanya ada dibagian depan. Kalau tidak ada masalah dibagian ini selanjutnya adalah bongkar stavol.

skema stavol
images source: http://mrhbelectronicservice.blogspot.co.id

  • Cek bagian kabel steker dan saklar untuk caranya bisa anda baca mengenai cara mengecek letak kabel yang putus dengan mudah.
  • Jika sampai tahap diatas belum ketemu penyakitnya, lakukan cek dibagian pengkabelan lainnya. Siapa tahu ada kabel yang copot atau putus.
  • Pengecekan selanjutnya adalah dibagian arang karbon di step up/ step down (gulungan luar).
  • Ternyata disitulah kemarin kerusakan stavol mati total ini teratasi, yakni terkikisnya karbon. 
  • Untuk mengatasinya tentu tinggal diganti yang baru, namun jika masih panjang tinggal diturunkan sedikit saja arangnya, yang penting bisa menempel pada gulungan luar step up / step down.
  • Jika di bagian arang karbon tidak ada masalah, kemungkinan kerusakan adalah terbakarnya gulungan atau putus dibagian gulungan stavol. 

Sedangkan dibagian PCB SMC (servo motor control) kalau rusak, biasanya stavol masih menyala. Namun SMC tidak berfungsi karena tidak ada yang mengontrol naik turunnya tegangan AC. Jadi dalam menangani kerusakan stavol yang mati total belum tentu disebabkan oleh hal yang sama. Oleh sebab itu jika Anda pernah mengalami hal lainnya silahkan sharing pengalaman Anda dalam memperbaiki stabilizer baik untuk 500VA, 1000VA, 3000VA atau 5000VA. Semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

20 Komentar Untuk "Servis Stavol (Stabilizer) yang Rusak Mati Total"

  1. salam kenal sebelumnya ,mau tanya bang klo stavol klo di colokin di listrik ,trs listriknya turun kira2 apanya?

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga. Maksudnya listrik turun gmana gan, arusnya turun atau Listriknya jeglek.

    ReplyDelete
  3. mas,stabilizer matsunaga, engkol nya klo di idupkan langsung menekan switch, trs jarum nya menunjuk pada 230 yang udah saya lakukan,trimpot udah saya puter-puter masih tetap sama, tr udah saya ganti, tetap sama,kira-kira apanya ya mas?, terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  4. berarti memang masalah pada rangkaian servo motor control. Coba dicek lagi satu persatu terutama masalah tegangan gan. Apakah sudah normal atau belum. btw stavolnya brp watt?

    ReplyDelete
  5. yang 1000 mas, ngecek yang masalah tegangan yang mana mas, maklum saya baru belajar,

    ReplyDelete
  6. coba cek gambar diatas yang 12 V itu kan ke rangkaian motor servo, nah tegangan itu dah masuk belum

    ReplyDelete
  7. Apa rusak nya mas kalau stavolt nya dihidupkan mcb arus masuk nya turun,ini stavolt 3000N

    ReplyDelete
  8. Maksudnya njeglek ya mas. Berarti ada yang short stavolnya atau mungkin juga motor tidak terkontrol dan cenderung over.

    ReplyDelete
  9. Nyari suku cadangnya dimana yh gan? karbon sama gear motor dcnya udah aus dan ompong

    ReplyDelete
  10. Di toko spare part elektronik/ diessel biasanya ada tu mas

    ReplyDelete
  11. mas punya saya penahan arang yang muternya patah (terbuat dari plastik soalnya) :( namanya apa ya cari2 di toko disini gaada

    ReplyDelete
  12. Wah kurang paham saya, coba kirim fotonya via contact diatas.

    ReplyDelete
  13. Mas, stavolt 500VA saya kemarin nyala sebentar terus mati, saya cek sekringnya putus, lalu saya ganti sekringnya dengan yg baru, saya coba hidupkan malah listrik rumah jeglek. Kira2 apa ya mas masalahnya. Merk stavoltnya Aeco. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Kemungkinan ada yang short, terutama pada gulungan luar, selain itu karbon yang macet bisa juga jadi penyebabnya gan

    ReplyDelete
  15. selamat bagi para traking... hari ini ABS 2 Ku band.. buka lagi...

    ReplyDelete
  16. Pagi mas, stavol sy colokan tidak bs hidup/nyala sama sekali sdh sy bongkar semua tdk ada kabel yg putus atau terbakar, apa y itu mas maslahnya, mohon penjelasanya mas, terimakasih

    Salam
    Arif

    ReplyDelete
  17. Mau nanyak gan..stvolt kenika ar 600va. Volmeternya gk samp 220 kurang 20v trus tuas nya bergerak terus amp nyentuh saklar,apakah normal apa bermasah gan trimakasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit bermasalah gan, coba bersihkan lilitannya mungkin sudah banyak karbon yang nempel. atau bisa jadi karbon arang agak menggantung sehingga kurang nempel pada lilitan

      Delete
  18. Mas kalau tombol power nya yg mati gm ya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.