Cara Membuat Antena Induksi Untuk Modem dan Handphone

Membuat antena induksi adalah cara yang tepat untuk menguatkan signal 3G/ 4G pada Handphone maupun modem USB. Hal ini karena penggunaanya cukup praktis dibanding dengan menggunakan USB extender. Kalau antena model induksi cukup dengan menempelkan saja kabel induksi ke modem atau HP, sehingga kita tidak perlu keluar rumah memasang modem pada antena. Meski begitu penggunaan antena induksi ini juga ada kelebihan dan kelemahannya, yakni antena harus dipasang tinggi jika berada didaerah yang cukup jauh dari BTS. Mudah tersambar petir jika ada petir menyambar. Jenis antena ini kemarin sempat ngetren didaerah saya, sebab disini susah sekali mendapatkan signal 3G. Makanya banyak yang pesan suruh dibuatkan khususnya sekolah-sekolah yang update data online. Maklum gan didaerah transmigran memang sulit cari signal. Namun tinggal dipedalaman bukanlah alasan untuk tidak kenal internet.

Nah kebetulan kemarin habis membuat antena induksi pakai baskom stainless. Meski sederhana namun kualitas signal cukup lumayan dibanding jenis antena yagi maupun omni. Jadi pada kesempatan kali ini masputz.com akan share bagaimana cara membuat antena induksi yang sangat sederhana ini. 
Cara Membuat Antena Induksi Untuk Modem dan Handphone

Cara membuat Antena Modem dan HP model Induksi

Bahan pembuatan

  • Baskom stainless, Panci, Mangkuk logam dan sejenisnya. Bagusnya yang berbentuk setengah lingkaran satu buah
  • Pipa 3" 15 cm
  • Dop pipa 3" 2 buah
  • Konektor 1 saja
  • Kabel Coaxial 15 meter atau sesuai selera.
  • Lem besi 1 saja sudah lebih dari cukup.
  • Bracket 1 buah
  • Mur + bautnya sekalian 2 buah.
bahan membuat antena

Peralatan yang digunakan
  • Pisau cutter.
  • Bor listrik
  • Gergaji besi
  • Obeng
  • Tang
  • Dan lainnya sesuai kebutuhan.

Cara Merakit Antena Modem Induksi
  • Pertama-tama adalah buat 2 lubang seukuran baut tepat di bawah baskom stainless atau panci alumunium. Yang jelas bisa untuk menggabungkan antara dop dan bracket nantinya. Biasanya jarak antara lubang sekitar 7 centimeter.

cara membuat antena induksi
  • Kemudian bautkan Dop pipa bagian bawah begitu juga dengan bracketnya. Kebetulan kemarin saya cuma pakai pengait yang biasa digunakan untuk Elco pada power amplifier.
  • Selanjutnya Lubangi pipa tepat di tengah seukuran konektor kabel coaxial.

merakit antena induksi
  • Kupas kabel dan sisakan kawat dan serabutnya, panjang kawat sekitar 2,5 centimeter saja. Jangan lupa sisakan isolasi kawatnya sekitar 0,5 cm sebelum dimasukkan ke konektor. Kebetulan kemarin saya pakai bekas konektor LNB. Mau gimana wong adanya cuma itu, yang penting kan hasilnya bos.
  • Pasang kabel dan konektor masukkan ke lubang pipa tadi dan lem menggunakan lem steel.
  • Selanjutnya adalah pasang pipa pada dop bagian bawah, kemudian di lem juga.
  • Setelah siap baru tutup juga menggunakan dop pipa yang satu lagi.
  • Langkah berikutnya adalah membuatkan kabel induksi untuk di tempel pada modem atau HP, kebetulan kemarin saya tes pakai smartphone android. Hasilnya juga lumayan dapat signal 3G meski berada jauh dipedalaman. Maklum adminnya orang pedalaman, jadinya butuh kreatifitas untuk dapat signal 

kawat induksi
  • Jika semua sudah selesai, langkah terakhir adalah mencobanya. Caranya adalah dengan dipasang pada tiang kemudian naikkan. Sesudah itu tempelkan kawat induksi pada modem dan colokkan pada PC atau laptop.
  • Untuk mengecek kualitas signal, anda bisa menggunakan aplikasi MMD yang bisa anda dapatkan dengan mudah di internet. Yang penting modem anda support dengan aplikasi tersebut. Biasanya saya gunakan modem jenis dongle seperti merk huawei atau ZTE.
  • Sedangkan jika untuk dipasang pada HP Android, cukup ditempelkan saja pada bagian belakang casing. Sebisa mungkin dekat antena.penerima.

Kalau ingin lihat cara memasang kawat induksi antena diatas berikut jepretan saya. Tapi ini pas nyoba aja, sebaiknya gunakan lakban atau solasi biar lebih kuat.
memasang kawat induksi
Sedangkan pemasangan pada tiang bisa dilihat pada jepretan berikut ini. Maklum ya wong ndeso jadi gambarnya agak buram.
memasang antena induksi pada tiang

Semoga dengan cara diatas bisa membantu anda yang sedang galau karena tidak ada signal 3G, HSPA, Jika dalam pembuatan ada kegagalan, silahkan berkomentar. Jika saya membukanya tentu akan dijawab. Yang penting tetap semangat. Lihat juga cara membuat antena modem USB double dish

Berlangganan update terbaru secara gratis:

22 Komentar Untuk "Cara Membuat Antena Induksi Untuk Modem dan Handphone"

  1. Kreatif !! Dulu saya pernah coba, tapi tidak setinggi gambar di artikel ini, namun keknya gagal. Semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk teman-teman yang kesulitan cari sinyal. Keep writing !!

    ReplyDelete
  2. Hebat,, sya sgt tertarik,, cuma sya g tw, yg d maksud konektor itu apa ya, ?

    ReplyDelete
  3. Kalau konektor yang saya maksud itu penghubung ke kabel dengan LNB, silahkan search digoogle

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya cuma kata tokonya punya parabola, apa itu bisa di pakai?

      Delete
    2. Memang itu juga yang saya pakai gan

      Delete
  4. Gak mudeng yg di tengah panci gambarnya apa gan?

    ReplyDelete
  5. Itu kawat kabel yang dikupas aja Bos

    ReplyDelete
  6. Belum paham gan, kali untuk smartphone Android gimana?

    ReplyDelete
  7. Yang belum paham bagian mana, lebih spesifik tanyanya, biar saya bisa jawab

    ReplyDelete
  8. saya pasang wajan bolic ya kurang lebih kayak ini , udah tak pasang setinggi 8meteran dan arah udah diarahkan ke BTS tapi gagal dapat signal 3G, entah kesalahannya dimana T_T padahal BTSnya support 3G...

    ReplyDelete
  9. Modemnya apa, trus cara pasang induksi ke modem seperti apa?, sebaiknya gunakan aplikasi mmd untuk mendeteksi sinyal, dan pilih 3G only/ HSPA only saat mencari sinyal.

    ReplyDelete
  10. untuk sinyal 4G bisa ga? untuk kabel ditengahyang dikupas tanpa ditempel (hanya dikupassaja? untuk induksi hanya mengambil yang dikawat tembaganya saja?

    ReplyDelete
  11. itu kabel coaxial kan ada serabut & tembaga, serabut nempel ga ke panci ? dan juga yg tembaga apa dibiarkan menggantung aja, gk nempel apapun??

    ReplyDelete
  12. Saya jelaskan kembali untuk kabel coaxial, serabutnya cuma nempel di konektor tanpa nempel ke panci. dan tembaga tidak terhubung dengan bagian manapun pada antena

    ReplyDelete
  13. Mas putz sya mau tnya, apakah wajan bolic bisa langsung di gunakan utk hp/smartphone android tanpa melalui laptop,, kalau memang bisa bagaimana caranya,mohon pencerahannnya

    ReplyDelete
  14. Bisa gan, caranya tinggal dekatkan kawat induksinya dekat HP terutama dekat antena HP.

    ReplyDelete
  15. bisa ga kabelnya pake RG58? untuk sinyal 4G seperti smartfren apakah bisa?

    ReplyDelete
  16. Tanya lagi...untuk kabel yang dikupas kemudian dimasukan ke lubang ditengah2 antara tutup dop depan belakang, jika kabel hanya dikupas kemudian dimasukkan ke lubang (tanpa konektor LNB) terus di glue gan, apkah bisa atau seperti itu pemsangan nya tks

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.