Modifikasi PSU TV LCD Sharp Aquos Pakai Gacun

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kebingungan masalah servis TV LCD Sharp Aquos. Dimana kerusakan utamanya adalah pada PSU (Power Supply). TV tersebut tidak bisa nyala sama sekali atau bisa dikatakan mati total. Setelah dicek ternyata kerusakannya dibagian IC driver dengan tipe FAN6754MR. Kenapa bisa saya mengklaim IC tersebut yang rusak?. Jujur saja sebenarnya power supply SMPS seperti ini saya belum mahir. Bisanya cuma ngecek komponen-komponen saja. Pada rangkaian PSU tersebut saya dapati sekring yang putus di dekat IC tersebut, nah kalau saya ganti baru putus lagi. Alhasil saya copot IC tadi dan saya ukur kakinya kok pada short alias konslet. Dari sinilah saya nyatakan komponen tersebut rusak. Akhirnya saya putuskan untuk mencari ICFAN6754R ke toko elektronik terdekat. Namun sayang hasilnya nihil, sebab toko elektronik didaerah saya kurang lengkap. Oleh sebab itu saya googling di internet mengenai permasalahan tersebut. Sampai akhirnya saya menemukan beberapa blog yang membahas hal ini dengan mengganti IC tersebut dengan Gacun. Setelah saya telusuri ternyata sumbernya dari situsnya hamimservis.com. Jadi langsung saja dipraktekkan modifikasi PSU TV LCD sharp aquos pakai gacun.

blok tv lcd sharp aquos

Tahap pertama sebelum memasang gacun adalah:
  • Pastikan IC FAN6754MR sudah dicopot. 
  • Kemudian siapkan sebuah kabel untuk menghubungkan jalur tegangan 24 volt dari PSU asli ke B+ gacun.
  • Copot 2 buah dioda 4148 yang ada didekat trafo gacun.
Setelah tahap diatas selesai, maka langkah selanjutnya adalah memasang si Gacun tadi ke power supply TV. Untuk caranya adalah sebagai berikut:
  • Kabel merah pada Gacun dihubungkan ke kaki colector trafo atau bekas untuk kaki tengah IC Fan6754MR tadi. 
  • Selanjutnya kabel hitam dihubungkan ke ground trafo atau kaki min elco yang paling besar dekat sekring yang putus tadi.
  • Lalu kabel biru dihubungkan ke octocoupler untuk sistem feedback control.
  • Kemudian tambahkan satu kabel lagi di bekas copotan dioda 4148 atau B+ gacun dengan jalur tegangan 24V di PSU.
Jika bingung silahkan lihat gambar yang saya jepret dibawah ini.

modif psu tv sharp dengan gacun

Setelah semua terhubung dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mencobanya. Ternyata hasilnya TV bisa menyala dengan normal kembali. Nah itulah modifikasi kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan sebelumnya admin juga ucapkan terimakasih kepada hamimservis yang telah share tipsnya. Selanjutnya silahkan baca juga Modifikasi TV Sharp yang hilang suara tapi gambar ada.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

9 Komentar Untuk "Modifikasi PSU TV LCD Sharp Aquos Pakai Gacun"


  1. kira2 sama gak ya ngecheck troublenya di sharp aquos LC-39LE440M yang mati total gak ada tanda2 kehidupan :(

    bisa dijabarin cara tes nya gak mass short atau tidaknya????



    *saya gak paham elektro sama skali

    ReplyDelete
  2. Wah saya blum pernah buka kalau yang itu, mungkn mirip gan.. untuk cek shortnya pake multimeter, semua kaki kalau di tes di ohm meter short semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri2nya kalau colokannya di tancepin ke listrik cuma bunyi jeduk , tp led indikatornya nyala merah bentar(2 detikan) trus padam,,,,

      OK makasih mas, tak cobae :D

      Delete
  3. Gan... Klo tv led toshiba,udah pernah nyoba ganti PSU(power suply) blm pke gacun ?!
    Klo udah... Tlng dijabarin dong.
    Trims ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayangnya saya belum pernah gan, saya masih awam mengenai PSU TV LED. Lain waktu kalo ktemu di share. terimakasih kunjungannya

      Delete
  4. Mas, 24 volt yg dari psu terus dihubungkan ke bekas dioda in4148 fungsinya apa ? Terus di gacun kan ada trimpot, untuk mengatur tegangan output power supply.itu kok nggak diatur ? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya juga ngambil trik diatas dari teknisi lain. Jadi mohon maaf kalau belum bisa menjelaskan secara detail. Untuk VR bisa diatur sesuai kebutuhan tegangan PSU. kemarin saya putar ketengah. kalau diturunkan PSU tidak mau nyala

      Delete
  5. Mas untuk kabel putih itu yg dr gacun masuknya ke input doda zener ato output dznys..trs dz d lepas smua ato gmn?

    ReplyDelete
  6. Lepas semua zenernya gan trus hubungkan dengan kabel putih tadi

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.