Memanfaatkan PSU Receiver Parabola Lama Untuk Model Baru

Power supply pada decoder atau receiver tv parabola model lama biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang model sekarang. Hal ini terbukti dari beberapa receiver jadul seperti goldsat, venus dan sebagainya, kebanyakan sampai saat ini jarang ada kerusakan. Itulah sebabnya sayang kalau tidak kita manfaatkan. Bagi sebagian orang decoder jadul banyak ditinggalkan karena fitur dan fasilitasnya kurang mumpuni ketimbang dengan rx zaman sekarang. Misalnya pada rx zaman dulu belum ada fitur scan otomatis, bisskey, ethernet dan sebagainya. Hal ini lah terkadang membuat orang menggantinya dengan model receiver baru dan memiliki fitur yang canggih. Maka tidak jarang kita temukan ditukang pengepul barang bekas terdapat banyak receiver jadul yang sebenarnya masih normal atau belum rusak.

Nah kebetulan kemarin receiver tetangga saya mengalami kerusakan, katanya habis kena petir. Maklum waktu itu semalaman habis hujan diiringi petir yang menggelegar. Namun entah memang kena petir atau tidak yang jelas receiver tersebut mati total. Tanpa menunggu lama receiver tersebut langsung saya bongkar. Disitu saya dapati Power supply sudah rusak. Dimana ada sebuah IC terlihat pecah terbakar. Sebenarnya bisa saja diperbaiki jenis PSU tersebut. Akan tetapi keinginan tetangga saya waktu itu yang penting bisa normal kembali. Akhirnya saya tawarkan untuk menggantinya dengan PSU model lama. Tetangga saya pun setuju-setuju saja, yang penting awet katanya.
Baca Juga : Penyebab receiver TV parabola cepat rusak.
Proses penggantian PSU tersebut sebenarnya tidak memakan waktu yang lama, cukup bongkar kemudian sambung dan pasang kembali. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara memasang PSU jadul ke receiver model sekarang.

Memanfaatkan PSU Receiver Parabola
Pada PSU receiver yang akan diganti memiliki tegangan output sebagai berikut:
  • 3,3 VDC
  • 12 VDC
  • 22 VDC
  • GND (Ground)

Sedangkan pada PSU receiver jadul terdapat tegangan output sebagai berikut:
  • 3,3 VDC
  • 5 VDC
  • 12 VDC
  • - 12 VDC
  • 15 VDC
  • 22 VDC
  • GND

Nah untuk penyambungannya cukup kita hubungkan saja output PSU jadul pada tegangan 3,3VDC, 12VDC, 22VDC dan GND. Untuk sisanya kita abaikan saja. yang penting jangan ada yang short atau salah sambungan. Untuk saklar dan Steker AC saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi karena itu cukup mudah untuk pemasangannya. Setelah siap barulah dicoba untuk mengaktifkannya. Akhirnya receiver kembali normal dan bisa digunakan kembali. Untuk tahap akhir adalah dengan membuatkan kedudukan PSU jadul tadi. Sebab biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang PSU zaman sekarang. Oleh sebab itu disesuaikan saja yang penting jangan sampai short (konslet) dengan body receiver.

Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat buat Anda semua. Kurang lebihnya admin mohon maaf, jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar atau melalui contact form diatas. Selanjutnya silahkan baca juga cara memasang multi power supply pada receiver digital.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Memanfaatkan PSU Receiver Parabola Lama Untuk Model Baru"

  1. MApi masih baguS, Saya punya antena dan LNB Indovision, yg sudah ga kepakai . bisa ga dipakai atau diubah untuk menangkap siaran digital/gratis??

    ReplyDelete
  2. Bisa saja tapi LNB ganti Ku Band untuk lock sat chinasat Ku atau thaicom

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.