Jenis Sensor Pada Smartphone Yang Perlu Anda Ketahui

Saat menggunakan smartphone kadang kala saat diputar layarnya dalam posisi lanscape maupun potrait, maka tampilan layar akan ikut berputar secara otomatis. Begitu juga saat baterai panas, maka biasanya ada informasi mengenai hal tersebut. Hal ini bisa terjadi karena adanya sensor yang sudah tertanam dalam smartphone. Untuk itulah pada kesempatan ini masputz.com akan berbagi info mengenai jenis sensor yang ada pada telpon pintar Anda.

Banyak sekali jenis smartphone yang beredar dipasaran, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Banyaknya fitur dan spesifikasi yang canggih, menjadikan orang berlomba-lomba untuk memilikinya. Bahkan tidak jarang orang lebih memprioritaskan membeli tablet atau smartphone ketimbang kebutuhan pentingnya. 


Jenis Sensor Pada Smartphone
1. Giroskop
Merupakan sebuah sensor yang memberikan informasi orientasi dari sebuah perangkat dengan menetapkan prinsip memonetum sudut, Sensor ini tidak dipengaruhi oleh gravitasi
2. Akselerometer
Fungsinya juga hampir sama dengan giroskop, yakni memberikan informasi orientasi perangkat, hanya saja sensor ini dipengaruhi oleh gravitasi.
3. Magnetometer
Sebuah sensor yang berfungsi layaknya seperti kompas, yang mampu mendeteksi medan magnet
4. Proximity
Merupakan sebuah sensor yang terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Kebanyakan sensor ini berada dekat dengan lubang mic, sehingga saat pengguna menerima telepon dan mendekatkan smartphone dekat telinga, secara otomatis lampu layar akan dimatikan.
5. Sensor Cahaya
Sensor ini bekerja menyesuaikan secara otomatis berdasar cahaya disekitar pengguna, sehingga jika sensor ini diaktifkan maka ketika ruangan redup cahaya smartphone juga agak meredup begitu pula sebaliknya.
6. Termometer
Seperti yang kita tahu sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu. Jadi pada smartphone juga berfungsi mendeteksi suhu baterai, dan komponen aktif lainnya. 
7. Barometer
Berfungsi untuk mengukur tekanan udara/ atmosfer, yang bisa menentukan posisi Anda dari permukaan laut. 
Baca Juga: 7 Cara mengatasi Android Lemot saat digunakan.
Nah itulah jenis sensor yang ada pada ponsel pintar. Namun tidak semua jenis ponsel selalu dilengkapi dengan jenis sensor diatas, Biasanya jenis ponsel high-end atau tergolong sangat canggih memiliki ketujuh sensor tersebut. Namun untuk sensor no.1 dan 2 sudah umum dipakai di banyak smartphone sekarang ini.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Jenis Sensor Pada Smartphone Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.