Cara Upgrade Getmecom HD009 FTA Mati Suri

Beberapa waktu lalu ada temen saya yang mengalami masalah pada receiver digitalnya yaitu Getmecom HD009 FTA. Katanya habis diupgrade malah yang keluar cuma "Load" saja, sementara tidak ada muncul gambar di layar televisi. Jadi intinya adalah receiver ini tidak bisa booting alias softwarenya tidak bisa jalan atau corupt. Orang biasanya menyebut kerusakan seperti ini adalah mati suri. 

Receiver yang mati suri memang bisa saja ditangani, Untungnya untuk merk getmecom ini tergolong mudah untuk upgradenya, meskipun dalam keadaan mati suri. Hal ini tentu berbeda dengan merk lainnya seperti Matrix, Venus, Tanaka dan sebagainya. Misalnya untuk matrix starlink membutuhkan kabel RS232 untuk upgrade via PC. Sementara getmecom ini bisa kita upgrade dengan mudah menggunakan USB Flashdisk atau memori. Nah jika ada yang mengalami kendala yang sama berikut adalah cara untuk mengatasinya.

cara upgrade getmecom hd009 fta


  1. Download dulu firmware getmecom hd009 FTA (Awas jangan sampai salah dengan tipe getmecom lainnya ya bro?) atau bisa download disini
  2. Ubah dulu nama filenya di komputer/ laptop menjadi "rom.bin"
  3. Setelah itu masukkan dalam flashdisk (jangan didalam folder).
  4. Lalu colokkan ke receiver (pastikan receiver dalam keadaan mati)
  5. Tekan dan tahan lebih kurang 8 detik tombol power dan volume - (min) sambil hidupkan receiver
  6. Jika berhasil maka receiver akan upgrade software secara otomatis,  dimana dapat kita lihat angka berjalan dari 0 sampai 100 di LED receiver digital. 

upgrade getmecom hd009 fta mati suri

Nah cukup mudah bukan untuk upgrade receiver digital getmecom hd009 FTA yang mati suri, semoga bisa bermanfaat, jangan lupa baca juga cara memasang multi power supply digital.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

43 Komentar Untuk "Cara Upgrade Getmecom HD009 FTA Mati Suri"

  1. Apa nama file tuk getme hd009 newfta(4MB),yg mati suri,thank's. Sblmnya tas infonya.

    ReplyDelete
  2. Mksdnya file upgrade ya gan?.. silahkan download aja link diatas.. lalu ubah nama filenya menjadi rom.bin

    ReplyDelete
  3. kalau getme hd 5 non lan ada nga SW nya? punya aku getme hd 5 non lan baru aja mati suri

    ReplyDelete
  4. mohon maaf sayangnya saya blm punya gan

    ReplyDelete
  5. Gan,,,q newbie ne,,,q baru beli rx getmecom hd new fta,,apa yang harus saya lakukan untuk pertama kali????

    ReplyDelete
  6. Ikuti petunjuk diatas, unduh dulu firmwarenya di PC atau laptop, trus ganti nama jadi rom.bin trus masukkan flasdisk dan seterusnya.

    ReplyDelete
  7. Saya sudah coba kayak tutor diatas... tapi masih load. Receiver kena petir. Kira2. Apanya yg rusak ya mas? Komponen apa yg bisa diganti. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kerusakannya seperti apa gan, apa mati total atau cuma load aja, kalau load aja coba cara diats, kalau mati total biasanya power supply rusak, ganti saja satu set PSU nya, biasanya sekitar 25 ribu harga kit PSU nya.

      Delete
  8. Mas receiver saya gagal upgrade.. Getmecom hd009 new fta ,cm lampu merah aja yg hidup, udh saya cb sprti yg di atas.. Apa ada solusi'a mas ?? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. Biasanya klo dah gitu pake PC/ laptop + kabel rs232 cara upgradenya jika gagal booting. sayangnya saya tidak ada gan.

    ReplyDelete
  10. didownload filenya kosong gan gemana caranya?

    ReplyDelete
  11. gan ituh file update nya udah yg terbaru kan ?

    ReplyDelete
  12. gan, punyaku getmecom hd 5(m) cm nyala lampu indikator warna. gmn solusinya gan?

    ReplyDelete
  13. gan receiver saya gak bisa booting hanya lampu merahnya saja yg nyala, itu kira2 kenapa ya, mau saya flashing pake komputer slot kabel rs232 di receivernya gak ada, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mna nya ya maz, sudah saya bukak tp gak kliatan

      Delete
    2. apa gak bisa pakek hdmi maz??

      Delete
    3. Klo pake HDMI saya belum tau dan blm pernah coba

      Delete
  14. maaf masijin share lagi ke teman

    ReplyDelete
  15. Min, saya udh nyoba cara diatas, tapi punya saya kok tetep aja ya lampu led merah nyala terus , punya saya getmecom hdd009. Mhon bantuannya ya min,
    Trimakasih,

    ReplyDelete
  16. Berarrti itu biasa disebut mata merah (stanby saja), untuk mengatasinya harus dicari dulu penyebabnya, kalau masalah di firmware bisa di upgrade dengan kabel rs232, hanya saja untuk rx getmecom new fta tidak ada colokannya, jadi harus bongkar didalamnya.

    ReplyDelete
  17. Mas rx sya cuma lmpu merah z yg nyala, apa solusinya. Klo baca tutor d atas kan hrs ada colokan rs 232. Saya bongkar ko tdk ada ya ?

    ReplyDelete
  18. Klo nyala merah aja (stanby) belum tentu msalahnya hanya pada firmware. Bisa jadi kerusakan komponen, seperti ic atau komponen lainnya. Jadi sebaiknya bawa ke servis aja gan.

    ReplyDelete
  19. coba cari di group Fb khusus receiver getmecom, banyak yang share.

    ReplyDelete
  20. pagi maz... saya semalam ccoba upgrade, tp gitu siap malah stand by (load) aja, saya coba cara diatas tp gak bisa jg, punya saya getmecom hd 009 new fta.. mohon bantuannya maz.. tks..

    ReplyDelete
  21. COba ulangi lagi langkah diatas, dengan firmware terbaru. Jangan lupa ganti nama file nya menjadi rom.bin dan jangan dimasukkan kefolder.

    ReplyDelete
  22. Mas bantu saya getmecom hd new fya hanya lampu merah saja.saya sudah ikuti langkah2 di atas namun masih saja belum bisa.mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  23. Berarti itu penyakit mata merah namanya atau stanby saja. Jadi kerusakan bisa jadi bukan karena firmware. Untuk itu mohon maaf sekali saya belum pernah memperbaikinya.

    ReplyDelete
  24. sy baru beli getmecom hd009 new fta 8mb... tidak ada menu acces controlnya... sdh coba trik tombol 2778 tetep ga nongol... ada solusinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upgrade firmware terbaru saja gan, coba cek di group2 FB banyak yang share

      Delete
  25. Saya upgrade getmecom, setelah muncul pilihan trus ga bisa lanjut, remote dan tombol-tombol di rx ga berfungsi, kalau dimasukkan flashdisk masih mbaca dan upgrade berjalan. cara ngatasinya gimana mas? teknisi di sekitar saya ga bisa ngatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham gan dengan pertanyaannya, mungkin firmware tidak cocok gan

      Delete
  26. Mas, getmecom hd009 saya lost signal (signal=0%, quality=0%), anehnya kalo kabel LNB dilepas (tdk dihbungkan ke LNB), signal malah muncul (signal=17%, quality=0%), kira2 kenapa ya? mohon bantuannya mas.

    ReplyDelete
  27. Kemungkinan tunernya itu bang, jadi yang paling mudah ganti mainboard biasanya.

    ReplyDelete
  28. Sbaiknya coba dulu di parabola lain jika nihil bru cari mainboardnya. Klo ndak salah lbih dari 100

    ReplyDelete
  29. cara ganti rom.bin gimana boss...

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.