Cara Mengganti Thermofuse Pada Magic Com

Rusaknya thermofuse pada magic com akan mengakibatkan arus listrik tidak bisa mengalir ke alat menanak nasi tersebut. Sehingga secara otomatis magic com bisa dikatakan mati total. Thermofuse sendiri berfungsi sebagai sekring apabila terjadi panas yang berlebih pada magic com. Biasanya hal ini terjadi karena thermostat tidak bekerja dengan baik, misalnya saat nasi sudah masak thermostat tidak langsung njeglek. Sehingga hal ini mengakibatkan panas berlebih dan thermofuse jadi putus. Untuk mengecek thermofuse putus atau tidak kita bisa menggunakan multimeter pada skala ohm, kemudian tempelkan probe pada masing-masing kakinya (boleh dibolak balik). Jika jarum tidak bergerak mendekati 0 (nol) berarti thermofuse bisa dikatakan rusak atau putus. 

Selanjutnya jika sudah diketahui bahwa kerusakannya adalah pada thermofuse, maka langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui juga bahwa thermofuse memiliki nilai sebagai batas maksimum suhu panas. Jadi jika panas melebihi nilai yang tertera thermofuse akan putus. Nah biasanya nilai yang banyak dipakai untuk magic com adalah : 130C - 175C (130 - 175 Derajat Celcius) dengan arus maksimum 10A.

Cara Mengganti Thermofuse Pada Magic Com

Letak thermofuse pada magic com biasanya menempel dibawah dekat elemen memasak dengan dibungkus isolator tahan panas. Jadi bongkar dulu magic com, biasanya ada 3 baut dibagian bawah dan satu disamping. Setelah dibongkar perhatikan kabel yang dibungkus dengan isolator dan dijepit plat seng menempel dibawah. Copot thermofuse dan ganti dengan yang masih bagus. Perlu diketahui juga bahwa dalam pemasangannya tidak boleh di solder, tapi cukup di jepit pakai tang atau di lilitkan saja, yang penting kuat dan tidak mudah copot. Karena kalau disolder nanti terkena suhu panas timah solder akan meleleh. Setelah selesai tinggal dikembalikan seperti semula.

thermofuse magic com
Jadi itulah cara mengganti thermofuse magic com, jika ada kendala silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah. Perlu diketahui juga bahwa cara ini juga berlaku untuk berbagai merk atau jenis megic com. Seperti Yong ma, Cosmos, Miyako dan sebagainya. Untuk kerusakan lainnya silahkan lihat cara memperbaiki magic com

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengganti Thermofuse Pada Magic Com"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.