Mengenal Jenis - Jenis Lampu Listrik Rumah

Lampu listrik merupakan sumber penerangan utama dirumah. Bahkan saat ini lampu bukan hanya sebagai penerangan saja, akan tetapi bisa juga digunakan sebagai lampu hias rumah, hias taman, penghias jalan, Indikator dan sebagainya. Berbeda dengan jaman dulu penerangan untuk rumah waktu dimalam hari biasanya menggunakan cahaya dari api, baik dari lilin, lampu minyak, petromax dan sebagainya. Di era modern seperti sekarang ini penerangan tersebut biasanya digunakan jika terjadi pemadaman listrik atau mati lampu. Namun semua itu juga sudah mulai tergantikan dengan adanya lampu emergency, atau lampu darurat.

Menurut sejarah, lampu pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison dari Amerika Serikat. Namun ada juga yang beranggapan kalau penemu lampu bukanlah Thomas, karena sebelumnya juga sudah ada ilmuwan yang membuat lampu listrik sebelum Thomas. Meski begitu Thomas Alva Edison telah berhasil membuat jenis lampu pijar yang sudah ia komersialkan. Hingga saat ini lampu pijar juga masih banyak diproduksi, meski terbilang sangat boros energi listrik.

Jenis - Jenis Lampu Listrik

Jenis - Jenis Lampu Listrik

Jenis-jenis lampu kalau dilihat dari bentuknya tentu sangat banyak sekali, akan tetapi secara umum jenis lampu ada 3 yaitu, Lampu Pijar, Lampu Lucutan Gas dan Lampu LED

Lampu Pijar

Lampu ini bekerja karena adanya filamen didalam bohlam berisi gas. Dengan adanya gas tersebutlah filamen didalam bohlam tidak putus saat dinyalakan. Jadi arus listrik mengaliri filamen tersebut sehingga menyebabkan panas dan menghasilkan cahaya yang mampu menerangi ruangan. Lampu pijar biasanya membutuhkan watt yang lebih tinggi untuk bisa menerangi ruangan. Kalau dipasaran biasanya orang menjual antara 5 sampai Ribuan Watt, dengan tegangan 2V hingga 300Volt. Sampai saat ini jenis lampu ini banyak dipakai di kendaraan bermotor, Lampu Flash, Lampu Hias Taman, Jalan dan sebagainya.

Lampu Lucutan Gas (Gas Discharge Lamp)

Merupakan jenis lampu listrik yang bekerja dengan mengirimkan lucutan elektris melalui gas yang terionisasi. Umumnya jenis lampu ini lebih hemat energi ketimbang lampu pijar. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan jenis lampu ini sebagai penerangan. Biasanya orang mengenal lampu ini adalah jenis lampu TL atau Flourescent Lamp. Karena Untuk menghasilkan cahaya yang terang tidak membutuhkan watt yang terlalu besar. Jenis lampu ini banyak digunakan untuk Penerangan rumah, kantor, jalan, dan sebagainya.

Lampu LED (Light Emitting Diode)

Merupakan salah satu jenis dari komponen dioda. Jadi LED hanya bisa diberikan tegangan maju. Artinya jika sumber listrik adalah AC maka penyambungan boleh dibolak balik. Akan tetapi jika arus DC harus searah. Jenis lampu ini lebih hemat energi ketimbang jenis lampu lainnya. Untuk itulah lampu LED banyak dimanfaatkan sebagai lampu hemat energi , Lampu Hias rumah maupun sebagai indikator.

Kalau kita lihat di toko elektronik memanga banyak sekali tersedia bermacam-macam lampu. Akan tetapi intinya adalah dari ketiga jenis lampu diatas. Semoga sedikit artikel ini bermanfaat buat anda. Simak juga mengenai Skema rangkaian lampu Emergency LED sederhana.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Mengenal Jenis - Jenis Lampu Listrik Rumah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.