Dampak Positif dan Negatif Internet Serta Cara Menanggulanginya

Siapa yang tidak kenal dengan internet, karena hampir kebanyakan orang sudah bisa menggunakan teknologi ini. Begitu banyak perangkat yang bisa kita pakai untuk mengakses internet. Kalau dulu hanya bisa dijalankan melalui komputer, sekarang HP, Smartphone atau tablet sudah banyak mendukung fitur teknologi ini. Hal inilah tentu yang mengundang tanda tanya bagi semua pihak mengenai manfaat, dampak positif maupun negatifnya. Seperti yang kita tahu bahwa dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi baik berupa berita, tutorial, tips, dan informasi lainnya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kita, karena semua itu bisa kita akses dengan mudah. Bahkan saat berada dirumah, disekolah, dikebun sekalipun kita masih bisa mengaksesnya.

Dalam dunia internet tentu kita mengenal beberapa situs yang paling sering diakses oleh kebanyakan orang seperti situs jejaring sosial (facebook, google+, twitter, dan sebagainya), kemudian ada situs berbagi video seperti youtube, dailymotion, metacafe dan sebagainya. Lalu ada juga situs berita dan informasi seperti detik, vivanews, okezone dan sejenisnya. Kesemuanya itu memiliki dampak positif dan negatif yang perlu kita perhatikan. Terutama bagi yang baru mengenal dunia internet. Entah itu anak-anak pelajar/ siswa, mahasiswa, maupun kalangan umum lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Internet
Dampak positif dari internet memang bisa kita rasakan karena adanya sumber ilmu yang dengan mudah bisa kita peroleh. Selain itu kita juga bisa berkomunikasi tanpa batas. Sehingga memudahkan seseorang untuk bisa saling berbagi informasi dan sharing pengetahuan. Namun disisi lain dampak negatifnya juga cukup banyak, seperti adanya situs dewasa yang tidak pantas untuk remaja, adanya jejaring sosial yang dengan bebas bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Oleh sebab itu bagi orang tua atau guru wajib tahu cara menanggulanginya. Khususnya bagi para pelajar/siswa siswi disekolah. Karena tidak sedikit kasus yang sering diberitakan media seperti adanya penculikan, tindakan asusila, bunuh diri dan sebagainya yang awal permasalahannya berawal dari internet. Nah selanjutnya berikut beberapa opini dari saya sebagai admin masputz.com mengenai dampak positif dan negatif internet dan cara menanggulangi dampak negatifnya.

Dampak Positif Internet

Menambah Ilmu Pengetahuan

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya internet memberikan kemudahan kita dalam mendapatkan informasi. Misalnya dengan memanfaatkan search engine seperti google, yahoo atau bing, kita bisa menemukan situs web atau blog yang memberikan informasi yang relevan. Selain itu adanya jejaring sosial juga bisa bermanfaat untuk bisa berbagi pengalaman, sharing pengetahuan dan sebagainya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bukan?. Sehingga hal ini bisa menambah ilmu pengetahuan bagikita semua.

Terjalin Ikatan Silaturahmi

Adanya situs jejaring sosial, aplikasi chatting, video call, tentu menjadikan dunia ini seperti sangat dekat. Dengan begitu kita bisa berkomunikasi secara langsung, sehingga bagi keluarga kita yang mungkin saja berada sangat jauh bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kita, bukan hanya melalui teks seperti chat saja, akan tetapi bisa juga langsung bertatap muka melalui video call. Dengan begitu kita bisa terhubung dengan teman maupun keluarga dengan mudah. Sehingga rasa  rindu bisa terobati karena fasilitas tersebut dan ikatan silaturrahmi lebih terjalin.

Menjadi terampil dan kreatif

Adanya tutorial dan tips menarik yang kita dapatkan diinternet. Selain menambah ilmu pengetahuan juga menjadikan kita lebih terampil dan kreatif. Contohnya seperti saat kita sedang mencari tutorial membuat antena atau membuat kerajinan tangan, resep masakan dan sebagainya. Info tersebut jika mau mempraktekkannya tentu akan menjadikan kita lebih aktif, kreatif dan inovatif. Hal ini tentu salah satu dampak positif yang bisa kita dapatkan.

Dampak Negatif Internet

Selain dampak positif tentu ada dampak negatif yang harus kita hindari. Apalagi bagi pelajar atau siswa disekolah. Karena secara psikologi kita tahu masa remaja adalah masa dimana seseorang ingin mencoba hal baru dan cenderung suka mencoba-coba tanpa memperhatikan akibatnya. Oleh sebab itu berikut dampak negatif adanya internet.

Suka menyendiri dan cuek

Kalau sudah berkecimpung didunia internet terkadang membuat seseorang lebih suka berada didunia maya ketimbang hidup bersosial di masyarakat. Hal ini dapat kita lihat pada beberapa orang yang kecanduan ngobrol dan buat status di jejaring sosial, tiap hari tidak lepas dari situs jejaring sosial. Sehingga hal ini membuat orang tersebut terkesan menyendiri. Namun hal ini tidak terbatas pada situs jejaring sosial saja, misalnya seperti yang hobi download, nonton video, streaming dan sebagainya.

Mudah Sakit

Selain dampak secara psikis, pada fisik juga bisa saja terjadi. Entah itu karena jarang makan, kurang tidur, kurang berolah raga dan sebagainya. Dengan seringnya beraktifitas di internet bisa menimbulkan mata jadi sakit, keriput, kepala pusing, mudah kram dan sebagainya. Bahkan bisa juga menimbulkan mata minus, nyeri sendi dan komplikasi lainnya. Ini merupakan contoh kehidupan yang tidak sehat akibat seringnya berhadapan dengan internet.

Ikut-ikutan trend negatif

Internet bisa juga dikatakan sebagai media tercepat dalam memberikan informasi, tidak hanya sebatas berita dalam negeri, luar negeripun bisa dengan mudah kita dapatkan. Adanya trend masa kini yang bersifat negatif bisa saja memberikan contoh pola hidup bagi remaja zaman sekarang, apalagi kalau sudah membudaya, maka tidak heran jika remaja disekitar kita mengikuti gaya orang luar yang tidak sesuai dengan norma dan budaya negara Indonesia. Mungkin saat ini kita sering dengar adanya cewek cabe-cabean, alay dan sebagainya. Itulah salah satu contoh dampak negatif dengan mengikuti tren yang bersifat negatif. Maka tidak heran jika sekarang banyak remaja yang tidak patuh dengan orang tua, guru, dan hidup berfoya-foya. Apalagi bagi para remaja/ pelajar yang pada umumnya masih polos dan mudah terpengaruh

Tidak Disiplin

Kalau setiap hari kerjaannya suka online, apalagi yang tidak jelas tentu hal ini bisa menjadikan seseorang tidak disiplin, malas-malasan, bahkan cenderung mengabaikan tugas pokoknya. Makanya tidak sedikit orang bermasalah dengan pekerjaan atau tugasnya hanya gara-gara internet. Hal ini merupakan pengaruh buruk yang bisa saja terjadi jika kita terlalu dekat dengan internet.

Kecanduan Internet

Tidak sedikit orang didunia ini sudah kecanduan dengan internet, baik ringan maupun yang sudah berat. Nah kecanduan berat inilah yang bisa menyebabkan berbagai hal negatif pada diri kita jika tidak mampu mengatur kehidupan kita. Sedikit-sedikit internet, ada masalah internet, bahkan sampai curhatpun diinternet. 

Terkena penipuan

Berbagai jenis penipuan banyak sekali beredar diinternet, baik berupa uang, barang maupun jasa. Semua itu bisa saja terjadi jika kita tidak bisa mengantisipasinya. Hal ini biasanya sering terjadi pada para pemula atau yang baru mengenal dunia internet. banyak sekali modus - modus penipuan yang terkadang membuat orang mudah tergiur. 

Terjerumus tindakan Ilegal

Tindakan ilegal tiak hanya didunia nyata saja, didunia maya tindakan tersebut bisa juga dilakukan seperti melakukan pencurian data, pencurian uang/kartu kredit, melakukan hacking dan sebagainya. Karena biasanya kegiatan semacam ini justru banyak disukai para pelajar zaman sekarang ini. Apalagi bisa mendapatkan keuntungan materil dari internet secara ilegal. 

Mungkin itulah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan internet. Selain hal diatas sebenarnya masih banyak juga. Akan tetapi secara umum itulah yang saya ketahui. Untuk selanjutnya bagaimana cara nya agar sisi negatif tersebut tidak terjadi pada kita, maka berikut adalah tips untuk mengatasinya. baca juga Cara daftar internet banking di Indonesia

Cara Menanggulangi dampak negatif internet

Bagi Masyarakat Umum

Membiasakan Pola hidup sehat dengan melakukan kegiatan rutin seperti berolah raga, beribadah, bekerja dan sebagainya bisa membuat hidup kita tidak terbatas hanya di dunia maya. Karena dengan berolah raga tentu badan kita menjadi sehat, beribadah membuat kita lebih dekat dengan sang pencipta, misalnya sebagai umat muslim dengan mengerjakan sholat wajib dan mengikuti kegiatan keagamaan dimasyarakat, kemudian dengan bekerja untuk memperoleh penghasilan. Untuk masalah internetan atau didunia maya harus kita atur jadwal khusus selain jadwal pokoknya, namun kalau hanya sekedar mencari info yang memang sangat kita butuhkan, berinternet tentu tidak ada masalah. Namun jika hanya untuk membuat status membalas FB dan sebagainya. Hal tersebut tentu tidak dianjurkan karena bisa menjadi ketagihan nantinya.

Bagi Pelajar/ Siswa

Generasi muda yang menjadi penerus bangsa tentu harus diberikan arahan baik oleh orang tua maupun guru disekolah. Untuk itu sebaiknya bagi para pelajar internet harus dibatasi, dan selalu diberikan pengawasan khusus atas apa yang diakses di internet. Namun hal itu saja belumlah cukup karena biasanya para remaja suka membelot dan semaunya sendiri. Untuk itu didikan kerohanian, tata krama, sopan santun sangat penting untuk membangun pribadi siswa atau pelajar yang baik. Sehingga seorang pelajar tidak mudah terpengaruh negatif internet.
Itulah beberapa opini saya mengenai dampak internet dan cara mengatasinya, semoga bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Dampak Positif dan Negatif Internet Serta Cara Menanggulanginya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.