Tips Mengatasi Stress Dalam Menjalani aktifitas

Berbagai aktifitas yang kita jalani sehari-hari terkadang membuat kita suntuk, geram, linglung, capek, jenuh, stress dan sebagainya. Hal itu memang wajar, saya sendiri sering mengalami hal tersebut saat sedang memperbaiki alat elektronika, apalagi barang yang direparasi belum ketemu penyebabnya. Hal ini tentu membuat kita bingung, akhirnya stress kemudian malas untuk melanjutkan pekerjaan itu lagi. Bagi pekerja kantor hal ini pasti juga pernah terjadi bukan?. Entah itu karena banyak pekerjaan yang menumpuk atau yang belum terselesaikan dengan segera. Itulah mengapa kali ini masputz.com akan berbagai tips buat anda yang sedang mengalami kegalauan saat sedang melakukan aktifitas kerja atau lainnya.

Namun sebelum itu perlu kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab stress yang sering kita alami saat menjalankan aktifitas. Nah seperti yang saya rasakan, biasanya hal tersebut disebabkan oleh:
  • Adanya tekanan dalam sebuah aktifitas atau pekerjaan
  • Kurang memahami tugas atau aktifitas yang sedang dikerjakan
  • Kondisi ruang kerja atau lingkungan yang tidak kita sukai
  • Kondisi badan yang kurang fit atau menurun
  • Tidak ada perencanaan yang terjadwal dengan jelas.
  • Pekerjaan menumpuk dan banyak yang belum terselesaikan
  • Tidak ada rekan kerja atau teman yang bisa diminta bantuan untuk menyelesaikan tugas
  • dan lain sebagainya
Dari beberapa penyebab tersebut mungkin ada beberapa yang tidak sesuai dengan kriteria anda, namun yang jelas stress itu bisa saja timbul sewaktu-waktu tanpa adanya suatu hal yang kita kerjakan. Meski saya bukan seorang dokter atau ahli kesehatan. Tapi mudah-mudahan tips ini bisa juga bermanfaat buat anda. Berikut adalah tips untuk mengatasi stress yang biasa saya lakukan.
1. Melakukan refressing
Terkadang saat melakukan aktifitas kita merasa jenuh dan bosan, padahal pekerjaan yang kita lakukan tidaklah terlalu sulit. Namun jika monoton saja apa yang dikerjakan, tentu bisa membuat kita stress. Oleh sebab itu kita bisa berjalan jalan atau bersama teman kita ngobrol, ngopi atau merokok (bagi perokok). Memang hal itu masih pro dan kontra, tapi sugesti seseorang kadang menyatakan hal yang berbeda. 

2. Melakukan pemijatan
Entah itu dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain, terkadang hal ini perlu kita lakukan agar badan kita terasa nyaman dan fresh untuk melakukan aktifitas kembali. Apalagi yang mijit adalah sang pujaan hati (istri maksudnya hehe) sudah pasti badan jadi lebih berenergi jadinya.

3. Menenangkan diri
Hal ini bisa kita lakukan dengan bermeditasi atau beristirahat sejenak tanpa memikirkan hal - hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Memang terkadang sangat sulit, akan tetapi jika kita sudha terbiasa, maka hal itu akan menjadi lebih mudah bagi kita. Oleh sebab itu perlu adanya rekan atau istri sebagai penenang jiwa dalam kehidupan kita agar lebih bersemangat dalam menjalani aktifitas.

4. Mengatur waktu
Tidak memporsir suatu pekerjaan dalam satu waktu adalah yang yang baik tentunya, karena dengan aktifitas yang terjadwal, kita bisa lebih disiplin dalam melakukan suatu pekerjaan atau aktifitas baik dirumah maupun dikantor, meski terkadang sulit sih.. tapi lambat laun juga pasti akan bisa. yang penting ada niat dulu kan bro.

5. Bertemu/ Menghubungi sang pujaan hati
Yah memang dunia ini serasa milik berdua jika sudah ada sang pujaan hati. Bagi yang sudah punya pacar terlebih sudah beristri, mungkin cara ini adalah cara terbaik. Apalagi kalau sudah dikaruniai seorang anak, yang pasti semua pekerjaan akan jadi lebih mudah. Karena ada suatu tuntutan dan keharusan untuk menjalani aktifitas tersebut. Oleh sebab itu bercanda gurau dan saling menyemangati dengan pasangan juga dapat menghilangkan stress

6. Berdo'a
Mungkin sebagian orang dalam hati akan menyepelekan dan mengabaikan hal ini. Namun bagi saya ini adalah hal wajib dan penting dalam menanggulangi stress ini. Oleh karenanya dengan kita memohon pada Nya. Semoga semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Amiin.

Mungkin itu saja, mudah-mudahan tips ini bisa membantu anda dalam mengatasi stress dalam beraktifitas. Karena kita tahu tidak ada suatu cara yang pasti dalam menangani hal tersebut. Oleh sebab itu menurut saya kenali diri dan apa yang dibutuhkan diri kita ini adalah jawabannya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Mengatasi Stress Dalam Menjalani aktifitas"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.