Tips Membagi Waktu Untuk Ngeblog dan Kerja

Membagi waktu memang menjadi tugas utama bagi setiap orang terlebih jika memang benar-benar sedang sibuk. Karena jika kita tidak bisa membagi waktu yang tepat semua pekerjaan dan aktifitas kita jadi berantakan bahkan semua hal yang kita kerjakan bisa jadi tidak ada yang selesai. Di Indonesia sendiri tidak sedikit orang yang mempunyai blog baik itu versi gratis maupun yang berbayar (self hosting). Tiap orang ingin agar blognya ramai dikunjungi. Salah satu caranya adlaah membuat posting atau update artikel setiap hari entah itu tentang pengalamannya, hasil kerja maupun info menarik lainnya. Itulah mengapa pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi info mengenai cara membagi waktu buat ngeblog dan kerja didunia nyata.

Ngeblog menjadi salah satu kegemaran saya, karena dengan begitulah setiap artikel baik itu informasi, panduan maupun berita. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa update artikel meski memiliki jam yang sibuk?. Berikut adalah pengalaman yang saya lakukan agar bisa update artikel setiap hari di blog sederhana ini.

Membagi Waktu Untuk Ngeblog dan Kerja
1. Mengosongkan waktu luang 1 - 2 jam sehari secara rutin untuk menulis diblog.
Mengosongkan waktu luang tentu akan sangat sulit bagi yang super sibuk. Karena biasanya pas jam luang justru tinggal capeknya yang ada. Oleh sebab itu saya biasanya ngeblog di jam malam sekitar jam 22.00 - 24.00 bahkan terkadang bisa sampai jam 01.00. Hal ini terkadang ada saja hal yang harus kita kerjakan diluar ngeblog. Namun jika kita rutin seperti itu orang akan tahu bahwa dijam tersebut ada tugas yang tidak bisa kita tinggalkan.

2. Menentukan isi artikel dan judul diluar jam ngeblog.
Biasanya saat sedang ke belakang (kamar mandi) atau lagi duduk santai, saya akan berpikir mengenai judul dan isi apa yang akan saya tulis nanti malam. Jika kita sudah temukan item yang akan ditulis, barulah kita catat di konsep HP (smartphone). Paling tidak saat senggang kita buat saja sebanyak-banyaknya judul yang sekiranya kita mampu barulah pas ngeblog kita tinggal pilih list judul yang sudah kita tulisklan tadi di HP.

3. Memotret aktifitas maupun hal unik yang kita lakukan maupun kita jumpai.
Memotret segala sesuatu yang mungkin sesuai dengan tema blog biasanya akan membuat saya menemukan ide judul artikel maupun apa yang akan kita tulis. Padahal sebelumnya tidak kita pikirkan sebelumnya. Oleh sebab itu dengan banyaknya galeri foto kegiatan atau aktifitas memudahkan kita untuk cepat menentukan judul maupun isinya. Sehingga waktu tidak terbuang sia-sia hanya karena bingung membuat artikel.

4. Menyetting alarm waktu ngeblog
Terkadang kita lupa bahwa jadwal kita ngeblog sudah ditetapkan jam sekian. Untuk itu dengan adanya alarm baik itu dari HP, Jam alarm dan sebagainya bisa mengingatkan kita kalau saatnya menulis di blog. 

5. Konsisten
Setiap hal yang kita lakukan dengan konsisten, tentu hal yang kita inginkan mudah-mudahan bisa berjalan lancar. 

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat buat kita semua. Intip juga ya mengenai manfaat memposting hasil kerja di blog.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Tips Membagi Waktu Untuk Ngeblog dan Kerja"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.