Jumlah Channel TV yang didapat dengan Antena Parabola

Terkadang beberapa orang beranggapan bahwa jumlah channel yang didapat pada TV satelit parabola tergantung dari merk dan jenis receiver. Memang ada benarnya juga sih, namun tidak sepenuhnya hal ini benar, karena kita tahu bahwa semakin banyak satelit yang di lock, makin banyak pula jumlah channel yang didapat. Selain itu penggunaan jenis receiver yang full HD akan menjadikan channel format HD bisa kita dapatkan. 

Mengenai banyaknya channel yang bisa kita peroleh pada TV Satelit parabola, sebenarnya ada beberapa faktor yang perlu kita ketahui. Untuk itu berikut adalah ulasannya.
Jumlah Channel TV  Parabola
Jenis receiver (decoder) parabola
Penggunaaan jenis / merk receiver parabola yang Mpeg4 full HD, tentu channel yang sudah berformat HD bisa kita dapatkan. Namun jika kita masih menggunakan receiver mpeg2 saja. Maka channel HD tidak bisa kita dapatkan. Karena kita tahu sekarang ini sudah banyak siaran TV yang sudah menggunakan format HD.

Satelit yang di lock
Seperti kita tahu tiap satelit memiliki jumlah channel yang berbeda-beda. Misalnya pada satelit palapa jumlah channel sekitar 300 lebih, sat telkom sekitar 100 lebih, thaicom lebih dari 400 channel. Jadi jika kita lock satelit telkom maka kita hanya bisa mendapat jumlah channel kurang dari 200 ch, begitu juga jika kita lock palapa saja maka banyak channel yang bisa kita dapat adalah sekitar 300 an.
Maka kalau kita gunakan 4 buah LNB kita bisa mendapatkan ratusan channel bahkan ribuan, karena ada 4 satelit yang di lock sekaligus. Selain itu belum tentu semua channel tersebut FTA (Free to Air), karena ada yang scramble (diacak) juga. Lihat daftar satelit TV Parabola

Kualitas Signal yang didapat.
Jika kita lock satelit tentu kualitas signal yang bagus sangat kita harapkan. Karena jika signal pelit atau minim tentu tidak semua channel bisa kita dapatkan. Misalnya kita lock satelit palapa, sementara saat ini SCTV dan Indosiar masih pelit signal. Jika RCTI belum bisa kita dapatkan maka jangan harap SCTV bisa kita dapatkan. Jadi jika signal yang didapat belum maksimal jumlah channel juga akan berkurang dari seharusnya. Oleh sebab itu sebelum kita lock satelit sebaiknya kita ketahui dulu beam satelit yang akan kita lock. Semakin jauh dari area jangkauan satelit, maka semakin pelit signal yang kita dapatkan. Lihat cara mengetahui beam satelit parabola

Maksimal Penyimpanan Channel pada Receiver
Receiver mpeg2 jadul biasanya dapat menampung jumlah siaran TV tidak lebih dari 1000 channel. Jadi penggunaan rx jadul (murmer) tidak bisa untuk jumlah siaran lebih dari 1000. Namun untuk receiver HD sekarng ini sudah mampu menyimpan channel hingga 9999. Maka Ribuan channel bisa kita simpan dengan jenis receiver terbaru saat ini. Lihat daftar harga receiver digital parabola

Mungkin itulah sedikit bahasan mengenai jumlah channel yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan antena TV Parabola. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Jumlah Channel TV yang didapat dengan Antena Parabola"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.