Inilah Alasan Kenapa Harus Menggunakan Antena TV Parabola

Antena TV parabola merupakan jenis antena yang digunakan untuk menangkap signal yang dipancarkan oleh satelit yang ada diangkasa. Seperti yang kita ketahui di Indonesia cukup banyak satelit yang bisa dilock. Baik itu satelit milik Indonesia maupun satelit luar negeri. Hal ini tentu tergantung dari jangkauan (beam) masing - masing satelit tersebut. Beberapa orang mungkin ada yang bertanya "kenapa harus menggunakan antena parabola, kok tidak pakai antena UHF saja kan biayanya jauh labih murah dibanding antena parabola." Pertanyaan ini mungkin berlaku bagi para pengguna antena UHF dengan siaran Telestrial yang dipancarkan dari BTS terdekat. 

Lalu bagaimana dengan yang jauh dari pemancar TV UHF/ VHF?
Pertanyaan diatas menjadi salah satu alasan kenapa harus menggunakan antena TV parabola. Sebab daerah yang berada jauh dari pemancar TV UHF tentu tidak bisa mendapatkan sinyal dari tower/ BTS TV telestrial. Oleh sebab itulah penggunaan antena satelit parabola menjadi salah satu pilihan untuk bisa nonton TV lokal di Indonesia.
 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Antena TV Parabola
Perlu kita tahu untuk nonton tv via parabola ada yang bebas iuran ada juga yang versi berbayar. Untuk versi berbayar tentu kita harus berlangganan ke provider TV berlangganan tersebut dan biaya tergantung dari paket channel yang dipilih. Sedangkan untuk yang bebas iuran tanpa dipungut biaya sepeserpun selain pemasangan. Model ini biasanya disebut dengan FTA (Free to Air). 

Selain hal tersebut penggunaan antena parabola untuk nonton TV juga dikarenakan belum ada provider tv berlangganan yang masuk. Baik itu melalui jalur TV kabel maupun Satelit. Meskipun sudah ada kebanyakan orang juga lebih memilih yang bebas iuran saja. Kecuali bagi yang berkantong tebal dan yang hobi dengan ajang olah raga bergengsi.

Apa perbedaan antara versi berbayar dengan bebas iuran bulanan?
Perbedaan yang paling mencolok adalah channel yang tersedia, yaitu untuk bebas iuran tentu hanya channel yang FTA (TV lokal) saja yang bisa kita tonton sedangkan untuk versi berbayar tentu selain tv lokal ada channel premium yang bisa kita pilih sesuai paket yang disediakan oleh provider TV berlangganan tersebut. Selain itu pada TV berbayar biasanya ada channel olah raga yang banyak diburu oleh para pecinta olah raga seperti sepak bola. Hal ini karena pada parabola bebas iuran channel yang menyiarkan biasanya diacak (scramble). Itulah terkadang mengapa orang memilih menggunakan TV berlangganan. Untuk selengkapnya silahkan baca mengenai Daftar TV berlangganan di Indonesia

Apa keuntungan menggunakan antena TV Parabola?
Keuntungan yang paling umum adalah hasil gambar yang jernih dan banyaknya siaran yang bisa kita dapatkan, baik itu channel lokal maupun channel luar negeri. sehingga kita punya banyak pilihan channel yang bisa kita tonton.

Berapa biaya untuk pemasangan antena parabola bebas iuran?
mengenai biaya sebenarnya tergantung dari beberapa hal untuk itu berikut adalah poin yang bisa menentukan biaya pemasangan antena parabola.
  • Jenis dan ukuran parabola
  • Jenis dan banyaknya LNB
  • Jenis dan merk receiver
  • Biaya pemasangan (jika dipasangkan)
  • Lokasi Anda
Mungkin keempat itulah yang menjadikan murah atau mahalnya biaya pemasangan antena parabola. Untuk selengkapnya silahkan lihat mengenai harga parabola bebas iuran.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Inilah Alasan Kenapa Harus Menggunakan Antena TV Parabola"

  1. Apa menggunakan antena parabola bisa mengganggu tangkapan antena UHF yang ada di dekatnya ? Misalnya jika digunakan di perumahan?

    ReplyDelete
  2. Menurut saya tidak gan, karena keduanya sama2 antena penerima, jd tidak akan terjadi splitter

    ReplyDelete
  3. Apkh kabel 5c-2v bisa untk prbola ?

    ReplyDelete
  4. Info Mantap gan...
    Mampir juga di blog sederhana saya
    http://www.infogedabrus.ml/2016/08/feed-atp-world-tour-2016-terbaru.html

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.