Tips Mengatasi Laptop Nyetrum Saat dicharge

Laptop saat dicas terkadang bisa nyetrum saat kita gunakan. Hal ini memang menjadi masalah bagi kita, apalagi penggunanya adalah penderita gejala penyakit jantung. Akibatnya bisa sangat fatal jika sampai terkena sengatan arus listrik, meski kadang arusnya tidak terlalu besar. Selain pada laptop, CPU komputer juga sering mengalami hal semacam ini. Lalu apa penyebabnya?

Beberapa kasus membuktikan bahwa laptop/ PC bisa nyetrum karena adanya arus fasa yang mengalir pada casing laptop maupun PC. Biasanya hubung singkat antara arus fasa dengan body atau casis terjadi pada charger laptop atau monitor yang digunakan pada PC. Oleh sebab itu berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya;

Tips Mengatasi Laptop Nyetrum Saat dicharge

1. Mengganti Charger pada Laptop.
Jalan terbaik memang harus kita ganti chargernya. dengan begitu jalur fasa tidak lagi masuk ke laptop. Meski sebenarnya bisa saja kita serviskan chargernya. Untuk itu terserah anda mau diperbaiki casnya atau beli yang baru.

2. Menghubungkan casing laptop ke arde (Ground)
Jalan lain selain mengganti cas laptop adalah dengan menghubungkan casing yang nyetrum ke Arde bisa ketanah atau ke arde yang ada pada instalasi rumah. Itulah mengapa pada instalasi rumah Arde menjadi hal yang sangat penting agar terhindar dari hal-hal semacam ini. Makanya terkadang pada PC/ Cas laptop ada 3 jalur kabel pada steker, yaitu Fasa, Netral dan Arde (grounding).

3. Memakai alas kaki berisolator baik saat menggunakan laptop
Maksudnya berisolator baik adalah sandal atau sepatu yang memiliki penghantar listrik sangat buruk. Misalnya terbuat dari karet, kayu, kulit dansebagainya. Dengan begitu kita tidak langsung menyentuh lantai saat menggunakan laptop

4. Menggunakan laptop di tempat berisolator
Misalnya diatas karpet, kasur, atau meja yang jelas kita tidak tersentuh dengan lantai. Jadi dengan begitu saat kita pegang tidak nyetrum.

5. Tidak dicas saat dipakai.
Yang kelima ini memang harus menggunakan laptop yang baterainya masih bagus. Jadi saat kita gunakan tidak dicas, kemudian saat tidak kita gunakan barulah laptop tersebut dicharger.

Dari kelima hal tersebut tips yang terbaik adalah nomor satu, sedangkan 2 sampai 5 adalah alternatif saja. Hal ini juga berlaku pada pengguna Smartphone atau tablet Android. Semoga sedikit artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi setrum pada laptop. Lihat juga Mengatasi Laptop/ komputer yang lambat

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Tips Mengatasi Laptop Nyetrum Saat dicharge"

  1. Maaf numpang tanya, laptop saya gak di charger kok tetap nyetrum yah ?

    ReplyDelete
  2. nyetrumnya mungkin dibagian bawah layar ya, klo ya kemungkinan ada kabel lecet di bagian engsel

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.