Dapatkah Satelit OptusC1/D3 dilock di luar Jawa?

Beberapa rekan sering menanyakan tentang dapatkah Optus C1/D3 satelit milik Australia ini di tangkap di area out beam khususnya disumatra. Memang satelit ini banyak diburu oleh para tracking satelit terutama di Indonesia, karena banyaknya channel dewasa yang disiarkan pada satelit ini. Maklum saja di Sat palapa maupun telkom tidak ada tayangan tersebut, jadinya ya mencari satelit luar sebagai pelariannya, hehe.

Satelit Optus D1 berada pada 156,0°E, Jadi dish menghadap kearah timur sekitar 45°. Dari beberapa rekan di lampung memang sat ini masih bisa di lock dengan dish ukuran 8 feet dan LNB ku band jenis prime fokus. Jadi jangan harap jika menggunakan dish offset dan LNB kuband offset sat ini bisa ditangkap. Dijawa saja dalam blognya protech-parabola harus menggunakan dish solid 6 feed. Lalu bagaimana dengan di sumatra yang lebih jauh lagi.
gambar dari jovantehnik.blogspot.com
Untuk area riau dan sekitarnya, kemarin pernah coba dengan menggunakan dish 10 feet. Namun hasilnya kurang bagus, entah itu karena kurang besar dishnya, LNB kurang bagus kualitasnya atau orangnya yang kurang pinter hehe. Dari hasil percobaan didapat signal 30% dengan Receiver MSVHDE pada frekwensi 12053 Vertikal 27800. Jadi bagaimana dengan frekwensi lainnya, kalau frekwensi terkuatnya saja signalnya sangat minim.

Jadi itulah gambarannya untuk sat optus C1 untuk area Riau. Mungkin hanya area lampung, Jambi dan sekitarnya saja yang masih bisa lock sat tersebut. Untuk area Riau, Padang, medan apalagi aceh silahkan dicoba saja sendiri. Mudah-mudahan berhasil. Lihat Juga Cara menggabungkan LNB ku dan S band pada dish offset

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Dapatkah Satelit OptusC1/D3 dilock di luar Jawa?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.