Pengertian Adaptor, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Adaptor adalah sebuah rangkaian elektronika yang bekerja dengan mengubah tegangan AC yang tinggi menjadi DC yang rendah. Adaptor bisa dikatakan sebagai pengganti baterai/ aki. Jadi dengan adanya alat ini, rangkaian elektronik yang membutuhkan catu daya baterai bisa diganti dengan adaptor.

Selain sebagai pengganti baterai, adaptor juga banyak digunakan sebagai pencatu daya (power supply) dan charger baterai. Oleh sebab itu alat ini menjadi sangat penting dalam dunia elektronika. Sebab jika alat tersebut tidak ada, maka listrik dirumah hanya akan digunakan untuk menyalakan lampu, dan peralatan listrik lainnya.

Secara umum jenis / macam-macam adaptor meliputi:
Pengertian Adaptor, Fungsi dan Jenis-jenisnya


  1. Adaptor DC Converter, merupakan jenis adaptor yang bekerja dengan merubah tegangan DC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Contohnya tegangan 12v menjadi 6v. Adaptor DC
  2. Adaptor Step Up dan Step Down. merupakan jenis adaptor yang bekerja dengan merubah tegangan AC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Contohnya tegangan 110v menjadi  220v.
  3. Adaptor Step Down merupakan jenis adaptor yang bekerja dengan merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan AC yang kecil. Contohnya tegangan tegangan 220v menjadi tegangan 110v.
  4. Adaptor Inverter, merupakan jenis adaptor yang bekerja dengan merubah tegangan DC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Contohnya tegangan 12v DC menjadi 220v AC.
  5. Adaptor Power Supply, merupakan jenis adaptor yang bekerja dengan merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Contohnya tegangan 220v AC menjadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC. (sumber :  wikipedia)
Saat ini adaptor yang sering kita kenal adalah jenis adaptor power supply, karena jenis adaptor ini biasa kita temukan pada amplifier, Televisi, Radio dan perangkat elektronik lainnya. Selain itu adaptor power supply juga digunakan untuk charger Baterai/ Aki dengan sedikit modifikasi. Kalau kita tahu Charger Laptop, HP atau smartphone itu juga sama hanya saja rangkaian dan sistem kerjanya yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama, yaitu menurunkan tegangan sekaligus mengubah tegangan AC menjadi DC. Untuk membuatnya silahkan lihat  skema rangkaian adaptor sederhana.
Kalau dulu kebanyakan rangkaian elektronik di beri catu daya dengan trafo step down dan rangkaian adaptor. Transformator step down untuk menurunkan tegangan AC sedangkan rangkaian adaptor untuk menyearahkan sekaligus menyetabilkan tegangan. Namun sekarang sudah menggunakan sistem AC matic, sehingga lebih menghemat ruang dan biaya. Mungkin sampai disini dulu ya nulisnya, lain waktu jika ada kesempatan disambung lagi. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Pengertian Adaptor, Fungsi dan Jenis-jenisnya"

  1. Wah penggemar elektronik juga nih ternyata... Salam kenal. Ni kayaknya blognya juga udah responsif kok.hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Gan.. Salam kenal Juga.. makasih kunjungannya

      Delete
  2. Salam kenal mas, saya mau tanya. Saya mencoba membuat alat pemotong sterofoam dengan menggunakan adaptor ac dc universal+ senar gitar. Kenapa ya waktu saya hubungkan dengan adptor tersebut tidak timbul panas di senar. Namun kiga saya hubungkan dengan rangkaian batu batre AA x 4 buah bs timbul panas namun kurang cukup panasnya. Mohon petunjuk.

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah membuatnya gan, tapi dari hasil prakterk agan, sepertinya arus yang mengalir ke penampang kawat masih kurang, kalau saya menyarankan sebaiknya belikan saja elemen solder sebagai pemanasnya.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.