Inilah Bedanya Prime Fokus dan Offset pada TV Parabola

Perbedaan dish maupun LNB pada jenis prime fokus atau offset sebenar sudah nampak jelas dari segi fisiknya. Misalkan dari segi pantulan signal yang diterima oleh antena parabola sudah sangat berbeda. Untuk jenis prime fokus signal dari satelit diterima dan dipantulkan pada satu titik atau fokus, sedangkan pada offset signal dipantulkan pada titik lain yang berbeda dari titik fokus. Untuk itulah jika dilihat dari kekuatan signal yang didapat jenis fokus hasilnya akan lebih bagus dibandingkan jenis offset. Hal ini karena sinyal yang terkumpul lebih banyak dan tidak terlalu banyak melebar kemana-mana. Selain itu jenis LNB yang digunakan juga berbeda, pada prime fokus skalar ring lebih datar dan melebar, sedangkan untuk LNB offset akan terlihat mengerucut atau sering disebut dengan conical scalar ring. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Bedanya Prime Fokus dan Offset

Kelebihan dan kekurangan Prime fokus dan offset

Kelebihan menggunakan jenis prime fokus
  • Signal yang didapat melimpah dan hasilnya lebih maksimal
  • Proses tracking atau mencari satelit lebih mudah.
  • Mudah untuk lock channel yang minim signal.
Kekurangan jenis prime fokus
  • Banyak memakan tempat saat pemasangan, karena ukurannya yang relatif besar
  • Harga lebih mahal, terutama untuk dish solid
  • Butuh waktu lebih lama untuk perakitan
Kelebihan menggunakan jenis offset
  • Mudah dalam perakitan
  • Harga lebih murah dibanding prime fokus
  • Tidak memakan banyak tempat
Kekurangan jenis offset
  • Hanya bisa digunakan untuk lock signal yang melimpah saja.
  • Proses tracking relatif sulit, terutama untuk signal yang minim
  • Signal yang didapat lebih sedikit dibanding jenis prime fokus.

Dari beberapa keunggulan dan kelemahan penggunaan dish offset maupun prime fokus dapat kita simpulkan bahwa jika daerah kita signal melimpah lebih bagus kita memakai dish dan LNB jenis offset, sedangkan untuk daerah yang minim signal tentu harus menggunakan dish prime fokus. Untuk hasil terbaik tentu dish solid jenis prime fokus dengan ukuran 9 feet keatas adalah pilihannya.

Pada jenis offset saat ini banyak di pasangkan dengan jenis lnb ku Band atau S band, hal ini dapat kita lihat pada TV berbayar di Indonesia seperti Orange TV, Indovision, Big TV, . Sedangkan untuk fokus lebih banyak digunakan untuk C Band, meski banyak juga pihak pay TV yang menggunakan jalur ini, seperti Transvision, K Vision, Firstmedia dan sebagainya. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda, Kritik dan sarannya silahkan tuliskan pada kontak form atau kolom komentar. Lihat juga Cara membedakan LNB Ku band, S band dan C band

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Inilah Bedanya Prime Fokus dan Offset pada TV Parabola"

  1. mau tanya2 nich gan... saya tinggal di aceh dekat perbatasan dgn medan, sumatera utara. saya punya parabola bekas telvis. jika saya ingin nonton siaran tv nasional aja, receiver apa yang sebaiknya saya beli, mengingat di daerah saya kalau pake antena uhf tingginya minta ampun, dan gambarnya byk semutnya he.he... trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk TV lokal receivernya bebas mau merk apa saja bisa.

      Delete
  2. maaf mau tanya bos...apa bisa lnb kubang bekas orange tv (offset) dipasang di dish solid (plat 6 fiit) trimaksaih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget bos, tapi untuk hasil maksimal modif dulu LNB nya menjadi prime fokus, sudah banyak yang share caranya.

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.