Cara Menyambung Kabel pada Stop Kontak dengan Mudah

Stop kontak menjadi bagian penting dalam pemasangan instalasi listrik dirumah, Sebab dengan adanya stop kontaklah peralatan elektronik rumah tangga bisa kita aktifkan atau hubungkan dengan arus listrik. Macam dan bentuknya juga banyak sekali, namun secara umum ada dua jenis yaitu permanen dan non permanen. Untuk yang permanen biasanya dipasang pada dinding rumah, sedangkan untuk yang non permanen biasanya bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

Cara menyambung kabel pada stop kontak sebenarnya sangat mudah karena kita cukup menghubungkan 2 buah kabel, yaitu fasa dan netral. Selanjutnya kita bisa menambahkan arde atau grounding ke tanah, agar lebih aman. Untuk itu berikut adalah contoh ilustrasi penyambungan dari kabel induk ke stop kontak.
Cara Menyambung Kabel pada Stop Kontak

Ada dua buah kabel dari kabel induk yaitu Fasa dan netral. Kabel fasa jika kita cek dengan tespen, maka akan menyala, sedangkan netral tidak. Setelah itu kita bisa menambahkan Arde atau ground dari saklar ke tanah. Pada dinding sebaiknya dipasang dengan ketinggian yang sulit dijangkau oleh anak-anak. Paling tidak 1,5 meter. Jika hendak memasang dibawah, maka sebaiknya menggunakan stop kontak yang ada penutupnya dan dipasang ditempat yang tersembunyi.

Kabel pada Stop Kontak
Jadi prosesnya yang pertama adalah membuatkan tempat untuk jalur pipa instalasi listrik dan Tempat Box stop kontak. Barulah kita bisa memasangnya dengan memasukkan kabel ke dalam pipa kemudian disambungkan ke induk dan stop kontak. Namun jangan lupa untuk menonaktifkan arus listrik terlebih dahulu sebelum memasangnya. Kecuali jika instalasi rumah yang baru dan belum ada aliran arus listrik. Selanjutnya lihat juga cara memasang saklar tunggal dan ganda. Semoga membantu.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Menyambung Kabel pada Stop Kontak dengan Mudah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.