Tips Membaca Skema Rangkaian Elektronika Dengan Mudah

Banyak sekali skema rangkaian elektronika bisa kita cari di Internet. Nmun tidak sedikit orang yang belum paham cara membacanya. Entah itu karena belum pernah mengenalnya di bangku sekolah, atau memang masih baru ingin belajar dunia elektro. Untuk itu pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi tips bagaimana cara membaca skema pada sebuah rangkaian elektronika.

Skema pada umumnya digambarkan dengan simbol-simbol yang sudah baku dan digunakan diseluruh dunia. Oleh sebab itu sebelum belajar mengenali dan membacanya sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai Komponen Elektronika, Simbol dan Fungsinya.

Setelah membaca artikel pada link tersebut, silahkan dihafal dengan baik. Karena jika kita tidak hafal dengan simbol komponen elektronika, maka tidak mungkin kita bisa membaca skemanya. Selanjutnya perhatikan contoh gambar ilustrasi simbol dibawah ini.
 Skema Rangkaian Elektronika
Jangan lihat itu skema apa, akan tetapi bagaimana jalurnya. Sebuah resistor dengan elco dan sebuah resistor dengan kapasitor nonpolar. Jika digambarkan dengan simbol akan terlihat pada sisi kiri sedangkan jika digambarkan dengan komponen aslinya, maka akan terlihat seperti gambar disamping.
Tips Membaca Skema Rangkaian Elektronika
Selanjutnya pada gambar diatas adalah Transistor NPN, Dioda dan resistor. Dibawahnya adalah Transistor, LED dan Lilitan (induktor). Yang perlu diperhatikan disini adalah mengenai kaki pada masing-masing komponen. Pada TR dan Diodan kaki tidak boleh terbalik. Oleh sebab itu kita juga harus paham mengenai masing-masing kaki pada tiap komponen, apakah memiliki kutub postif- negatif atau nontpolar artinya boleh dibolak balik. Untuk mengetahui kaki TR silahkan baca mengenai Cara mengecek Transistor dengan multimeter.

Jadi apa yang susah? Sebenarnya untuk membacanya sangat mudah, yang penting adalah kita hafal dulu simbol masing-masing komponen, barulah kita bisa memahaminya, setelah itu jika kita ingin merakitnya maka kita bisa membuatkan PCBnya dengan melayout terlebih dahulu. Untuk itu lihat Cara membuat dan Melayout PCB sendiri.

Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Yang penting tetap mau berusaha dan mempelajarinya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

9 Komentar Untuk "Tips Membaca Skema Rangkaian Elektronika Dengan Mudah"

  1. IZIN cOLONG BOZZ ,,,,,,,,,,,,,,,,,, tHANk,S

    ReplyDelete
  2. Minta tolong skema yg kompleks mas, bingung kalo udah banyak komponen

    ReplyDelete
  3. Sy baru belajar elektronik, sy ucapin terimakasih dengan halaman dasar dasar elektronik dapat membantu saya yang masih awam

    ReplyDelete
  4. Sama-sama saya juga masih belajar, kita sharing saja disini Mas

    ReplyDelete
  5. mksh info dasarnya bos lanjut laGI SY KSH DUKUNGAN TRUS UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI...

    ReplyDelete
  6. numpang belajar. :D
    lalu apa maksud/artian dari huruf2 yang seperti huruf "C R B D E" yang ada di gambar dua/bawah

    ReplyDelete
  7. B C E = masing2 kaki Transistor yang terdiri dari Basis Colector dan Emitor
    D = DIoda
    R = Resistor

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.