Tips Agar Antena Parabola Awet dan tahan lama

Antena parabola banyak digunakan di Indonesia pada daerah yang jauh dari jangkauan sinyal UHF. Untuk itulah cara nonton TV pada daerah tersebut harus menggunakan parabola satelit. Seperti kita tahu banyak sekali jenis antena yang dijual dipasaran dengan harga yang bervariatif. Mulai dari yang murah sampai dengan yang paling mahal. Biasanya untuk harga termurah bahannya terbuat dari alumunium model jaring dengan ukuran 6 feet. Sampai posting ini dibuat ukuran parabola yang sering dipakai adalah 7 dan 8 feet. Sedangkan untuk 10 - 12 feet sudah jarang sekali dijual, entah itu karena harga yang mahal atau memang sudah tidak produksi lagi. Meski begitu jika anda ingin mendapatkan jenis parabola yang bagus adalah dengan memilih jenis solid, seperti merk aloy atau matrix.

Nah selanjutnya pada kesempatan kali ini, masputz.com akan berbagi tips bagaimana caranya agar antena parabola tersebut awet dan tahan lama. Sehingga tidak mudah hilang sinyalnya dan tidak gampang baling. Sebelumnya juga sudah saya posting tentang cara memperbaiki antena parabola yang baling. Sekarang adalah bagaimana cara kita merawatnya.
Tips Agar Antena Parabola Awet dan tahan lama
Tips agar antena parabola awet dan tahan lama
  1. Saat merakit antena jangan lupa ring dipasang pada bautnya. Karena saya juga pernah membeli namun tidak disediakan ring bautnya. Dan jangan lupa dibaut dengan kuat.
  2. Cor bagian tiang parabola agar tidak mudah goyang.
  3. Cor juga pada tiang besi yang berlubang, agar tidak mudah keropos dan tetap kuat.
  4. Gunakan kabel Coaxial yang bagus dengan diameter kawat yang besar.
  5. Gunakan konektor dan LNB yang bagus.
  6. Pasang antena parabola pada tempat yang terbuka dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika memungkinkan taruh ditempat yang agak tinggi.
  7. Jika ada bagian yang berkarat sebaiknya dicat dengan cat besi.
  8. Jangan ada benda apapun diatas jaring parabola.
  9. Jangan menyangga parabola dengan benda apapun.
Selain hal diatas mungkin masih ada beberapa lagi yang belum teringat oleh saya. Namun poin penting yang harus kita ketahui adalah carilah jenis antena parabola dengan bahan yang memiliki kualitas, bagus. Namun jika belum memungkinkan kita bisa memilih jenis jaring dengan rangkaian besi dan alumunium yang kuat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakan ukuran parabola yang besar. Hal ini agar sinyal yang didapat lebih kuat dan tidak mudah hilang.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Agar Antena Parabola Awet dan tahan lama"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.