Cara Mengganti dan Memasang MCB Instalasi Rumah 1 Fasa

MCB adalah kependekan dari Miniature Circuit Breaker yang berfungsi untuk mengamankan arus listrik jika terjadi hubung singkat atau arus lebih. Biasanya pada MCB terdapat arus nominal 1A, 2A, 4A, 6A, 10A,16A, 20A dan sebagainya, hal itu tergantung dari daya yang dibutuhkan konsumen. Suatu misal jika kita menggunakan daya 900Watt maka biasanya kita gunakan MCB 6A. Hal ini dimaksudkan apabila daya melebihi batas tersebut MCB akan njepret (off) sendiri.

Seperti kita tahu MCB banyak kita jumpai pada meteran atau KWH listrik di rumah, dan biasanya ditempatkan tepat dibawah meteran. Namun ada juga yang menggunakan 2 buah MCB, yang satu untuk meteran dan satunya lagi untuk diletak didalam rumah. Sebagai pemakai arus listrik dari PLN tentu kita tidak boleh mengubah, memodifikasi perangkat tersebut tanpa seizin dari Petugas PLN setempat. Oleh sebab itu sebagai pengetahuan saja berikut adalah cara mengganti dan memasang MCB 1 Phase (Fasa) untuk rumahan.
Mengganti MCB pada Kwh meteran listrik
  1. Persiapkan alat untuk membongkarnya, seperti tang berisolasi, Tespen, obeng min dan bunga berisolasi yang bagus.
  2. Buka atau kendurkan baut disebelah kiri dan kanan seperti pada gambar.
  3. Kemudian Kendurkan baut pada kedua sisi MCB, dan tarik kabelnya dengan tang.
  4. Setelah itu buka pengait atau pengunci dibagian bawah dengan tespen atau obeng min, sementara itu MCB ditarik kedepan.
  5. Sampai disini proses mencopot MCB sudah selesai.
Setelah tahap diatas diselesaikan kini tinggal memasang jenis MCB yang sama sesuai dengan Standar SNI atau PLN
Cara Memasang MCB Instalasi 1 Fasa
  1. Buka Pengait pada MCB dengan tespen atau obeng setelah itu masukkan pada box meteran atau didalam rumah.
  2. Pastikan MCB sudah terkunci dengan kuat pada box dan MCB pada posisi off
  3. Kendurkan baut MCB dan masukkan kabel dengan tang berisolasi, kemudian bautkan kembali dengan kuat agar kabel tidak mudah lepas. Begitu juga dengan sisi lainnya.
  4. Coba ON kan jika sudah nyala berarti sudah OK.
  5. Selanjutnya adalah menutupnya kembali.
Dari beberapa cara diatas mungkin bagi yang belum pernah akan merasa kebingungan, perlu diketahui disini bahwa sebenarnya caranya sangat mudah, namun jika kita tidak berhati-hati akan sangat berbahaya sekali, karena arus fasa mengalir didalamnya. Jika sampai terkena sengatan arus listrik, tentu akan sangat berbahaya, oleh sebab itu sebaiknya jangan lakukan ini jika anda bukanlah seorang petugas PLN atau ahli kelistrikan. Segala hal yang terjadi bukan menjadi tanggung jawab kami. Tutorial ini hanyalah pengetahuan saja bukan untuk dipraktekkan Terimakasih. Semoga bermanfaat. Lihat Juga memperbaiki hubung singkat listrik rumah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Cara Mengganti dan Memasang MCB Instalasi Rumah 1 Fasa"

  1. terimakasih gan untuk artikelnya sangat bermanfaat sekali. . kunjung juga halaman website kami di http//www.rajalistrik.com terdadat komponen/panel2 listrik dan sebagainya yg berkaitan dengan listrik. . semoga saja sengat membantu & bermanfaat bagi agan2 semuannya!!

    ReplyDelete
  2. Mau bertanya: gimna inya cara memasang kipas angin dgn menggunakan mcb trus dikonekan ke kabel stop kontak.
    Mhon info inya.. Listrikk

    ReplyDelete
  3. kipas angin kok dikasi MCB juga?, tapi kalo mau ya gak masalah juga, pasang jalur fasanya melewati MCB, sedangkan yang normal langsung saja, barulah dihubungkan ke kipas angin dan stop kontak

    ReplyDelete
  4. untuk pemasangan mcb dalam rumah pemasangan kabelnya bagaimana ya?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.