Memperbaiki Hubung Singkat Pada Listrik Rumah 1 Fasa

Pernahkah anda mengalami MCB sering jepret atau njeglek sendiri di rumah?, Jika iya tentu ada beberapa penyebab sehingga beban arus listrik yang terpakai melebihi daya Maksimum MCB. Selain itu bisa jadi karena adanya konslet atau hubung singkat antara jalur kabel fasa dengan netral (ground). Untuk itu kita harus mencari tahu apa penyebab sebenarnya sehingga mcb kembali terus dalam posisi OFF (0) meski sudah di ON (1) kan kembali.

Kadangkala hal ini bisa juga disebabkan karena adanya MCB yang sudah rusak, sehingga jika dialiri arus listrik otomatis jepret/njeglek sendiri. Namun kali ini masputz.com akan share mengenai hubung singkat pada listrik rumahan 1 Fasa. Karena kita tahu instalasi listrik untuk rumah diIndonesia menggunakan sistem 1 phasa. Artinya hanya ada satu jalur kabel fasa yang mengalir atau yang nyetrum jika disentuh.
Memperbaiki Hubung Singkat Pada Listrik Rumah 1 Fasa

Cara mengatasi hubung singkat (konslet) listrik

  • Copot semua kabel steker alat rumah tangga atau yang membutuhkan energi listrik dirumah dari stop kontak.
  • Matikan juga semua lampu rumah dengan menekan saklar dalam posisi off.
  • Selanjutnya coba ON kan kembali MCB pada dak meteran
  • Jika sudah tidak njeglek (jepret) berarti ada konslet di peralatan rumah tangga atau pada lampu.
  • Coba satu persatu peralatan yang tadi dipakai dengan mencolokkannya ke arus listrik, jika ada salah satu alat yang dicolokkan ternyata mcb jepret, maka anda pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan.
  • Jika alat rumah tangga tidak ada masalah, kemungkinan penyebabnya adalah lampu atau instalasi pada lampu. 
  • Caranya adalah dengan menghidupkan satu-satu lampu dirumah dengan menekan saklar pada posisi ON, Jika ada salah satu lampu jika ditekan menimbulkan MCB jepret, berarti disitulah letak hubung singkat terjadi.
  • Copot lampu, kemudian coba hidupkan MCB, jika masih belum teratasi, coba kita cek bagian fitting lampu apakah ada yang konslet atau tidak.
  • Jika masalah tersebut juga belum kelar, terpaksa kita harus naik atap untuk mengecek instalasi.
  •  Putus jalur fasa untuk lampu, kemudian coba aktifkan kembali MCB, biasanya pada tahap ini masalah sudah teratasi, Namun kita juga perlu memperbaiki jalur yang konslet tersebut, entah itu karena adanya kabel yang mengelupas atau konslet pada sambungan.
Memang dalam memperbaiki hubung singkat bisa dibilang gampang susah, jika masalah hanya pada perangkat elektronik. Mungkin kita cukup tidak perlu memakainya lagi, akan tetapi jika masalahnya adalah pada instalasi tentu butuh kerja keras untuk menanganinya. Untuk itu lihat cara memasang instalasi listrik rumah sendiri dengan mudah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Hubung Singkat Pada Listrik Rumah 1 Fasa"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.