Cara Memperbaiki Charger Baterai HP Model Duduk

Pada kesempatan yang lalu telah saya posting mengenai cara membuat charger HP. Nah kebetulan kemarin ada teman saya yang datang ketempat saya sambil membawa charger HP (smartphone) model duduk, kalau disini orang sering bilang namanya cas kodok. Kenapa dibilang cas duduk? menurut saya itu karena cara mengecasnya kita harus mencopot baterai Handphone terlebih dahulu, kemudian kita pasang ke kedudukannya, sehingga dinamakan cas duduk.

Dari sekian banyak cas duduk model yang saya reparasi ini adalah jenis yang cukup bagus, karena sudah ada layar display LCD sebagai penunjuk bahwa baterai terhubung atau sudah penuh. Sehingga memudahkan kita dalam penggunaannya. Cas ini menggunakan Transistor pada regulator dan menggunakan IC 3782 untuk LCD display. Disamping itu komponen yang digunakan adalah jenis micro, seperti resistor, capasitor maupun transistor, jadi sangat kecil sekali. Tegangan input 220VAC sedangkan tegangan outnya adalah 4,7 VDC. Langsung saja, kerusakannya adalah charger tidak bisa nyala sama sekali alias mati total, untuk itu berikut adalah cara memperbaikinya.
Cara memperbaiki Charger HP model duduk
  1. Bongkar chasing Carger, kebetulan cuma ada 3 baut model bunga, jadi cukup mudah untuk membukanya.
  2. Setelah dibongkar ternyata ada dua buah kabel yang menuju arus listrik AC 220 putus keduanya, hal ini jelas menyebabkan cas HP tersebut rusak mati total.
  3. Untuk memperbaikinya kita cukup menyolder ulang saja kabel yang putus tersebut.
  4. Setelah disolder ternyata charger bisa hidup normal kembali.

Ternyata sangat mudah untuk memperbaiki jenis kerusakan ini. Tapi jika anda juga mengalami kerusakan yang sama, maka belum tentu penyebabnya akan sama, oleh sebab itu berikut adalah beberapa penyebab charger mati total.
  1. Kabel AC putus
  2. Jika menggunakan sekring, mungkin juga sekring yang putus
  3. Konektor ke Stop kontak longgar.
  4. Dioda bridge atau penyearah tegangan putus, jika short maka MCB akan njeglek, makanya saya bilang putus.
  5. Transistor pada bagian regulator ac matic rusak atau putus
  6. Ada solderan yang retak.
  7. Dioda penyearah setelah trafo regulator putus atau konslet.
  8. Ada Resistor kopel yang gosong, atau putus.

Itulah beberapa kemungkinan yang biasa terjadi jika charger HP atau Tablet mengalami kerusakan. Untuk itu jika charger yang diperbaiki kerusakannya parah, lebih baik beli yang baru saja. Apalagi jika kualitas charger yang murahan. Namun jika kita ingin belajar, tentu akan lebih bagus jika diperbaiki sendiri. Terimakasih, mudah-mudahan membantu. baca juga Skema rangkaian cas HP di motor/mobil.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Charger Baterai HP Model Duduk"

  1. saya mau tanya mas,tablet saya batraynya drop dan sdh saya ganti batray baru yg doble power,tp sekarang kl dicas bs masuk tp tidak bs ngisi,tp kl dicas pake cas yg ori punya asus bs,yg laen g bs.

    ReplyDelete
  2. Berarti cas sebelumnya kemungkinan arus sudah lemah/ drop. Sehingga kebutuhan tegangan menjadi kurang.

    ReplyDelete
  3. Kalo cas kodok nyala saat baterai diinsertkan tapi ketika dipasang di stop kontak ga bs nyala lampu chargingnya knapa itu ya

    ReplyDelete
  4. Mungkin rangkaian charger sudah rusak, terutama bagian regulatornya

    ReplyDelete
  5. kalo icnya yg kebakar bisa dganti g om?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.