Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Sendiri dengan mudah

Kadang kala setelah membangun rumah kita bingung bagaimana cara memasang instalasi listrik sendiri, apakah kita akan minta bantuan ke petugas instalasi atau kita mau kerjakan sendiri. Bagi yang memiliki banyak budget untuk mempekerjakan petugas, hal ini tentu bukanlah hal yang sulit, karena tinggal panggil, dikerjakan lalu dibayar. Nah sekarang jika kita punya uang pas-pasan bagaimana coba?, sementara meteran listrik yang dipesan sudah mau dipasang. Untuk itulah tutorial ini dibuat semoga bisa membantu.

Perlu kita ketahui bahwa instalasi listrik rumahan yang biasa dipasang adalah jenis AC (Alternating Current) 1 fasa (phasa) 220 Volt, artinya kita cukup menggunakan 2 kabel kawat sebagai jalur induknya. 1 untuk fasa dan 1 lagi untuk netral atau ground. Hal ini tentu berbeda untuk jenis instalasi listrik industri yang menggunakan 3 phasa. Seperti yang sudah pernah saya praktekkan sebelumnya pada beberapa rumah, memasangnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya saja kita butuh kerja keras untuk memanjat dan naik ke atap sambil membuatkan lubang pipa dan box saklar.. Oleh sebab itu berikut adalah tips bagaimana cara memasangnya sendiri dirumah.

Cara memasang Instalasi Listrik Rumah
Skema pemasangan jalur dan pipa
  • Pada gambar diatas dapat kita lihat skema jalur pemasangan instalasi pipa pada rumah sederhana. Yang terdiri dari Ruang tamu, 2 kamar dan 1 ruang tengah, dapurnya belakangan aja ya, maklum biar simple. 
  • Selanjutnya adalah menentukan jumlah Titik, Saklar, Fitting lampu, Stop Kontak, dan T dos (kotak sambungan kabel).
  • Untuk kabel induk kita gunakan kabel kawat tembaga minimal 2,5mm yang asli ya.
  • Yang saya beri tanda biru adalah kotak penyambungan kabel (T dos). ada 4 buah
  • Selanjutnya Box saklar (warna ungu) ada 5 buah karena lampunya juga 5 yang diluar 1 tapi kelupaan gambarnya.
  • Pada meteran termasuk MCB biar diurus sama pak PLN saja. Kita urus bagian dalamnya.
  • Kita buat lubang pada tiap box saklar menuju T dos.
  • Selanjutnya adalah memasukkan kabel ke dalam pipa instalasi sesuai dengan rancangan sebelumnya.

  • Kemudian kita bubuhi semen agar rapi.
  • Saatnya menghubungkan ke saklar, jika hanya untuk saklar satu lampu kita cukup memberikan dua buah kabel ke dalamnya satu kabel fasa dan satu kabel ke lamp. Berarti tidak ada kabel netral atau ground disini.
  •  Selanjutnya kabel ke lampu kita hubungkan ke fitting. dan kaki lainnya dihubungkan ke ground dari kabel Induk atau netral. Sehingga saat saklar dalam posisi ON maka tegangan Fasa akan mengaliri lampu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca cara memasang saklar tunggal dan ganda.
  •  Sedangkan untuk jalur kabel ke sebuah saklar dan stop kontak kita cukup menghubungkan 3 kabel saja, Jika 2 buah saklar kita bisa menggunakan 4 kabel.
  • Satu kabel fasa dihubungkan ke saklar dan juga ke stop kontak.
  • Setelah itu kita buatkan juga Arde agar perangkat elektronik yang terhubung lebih aman. Tidak nyetrum jika ada tegangan yang bocor. Seperti CPU, Laptop. Pernahkan suatu ketika kita megang CPU sedikit nyetrum. Nah disitulah arde ini berfungsi.
  • Perlu diketahui juga bahwa pada setiap titip kita pasang juga T dos agar memudahkan kita dalam memasangnya. Selanjutnya kita klem juga pada batang pipa agar tidak goyang.
    Setelah semua dipasang selanjutnya adalah mencobanya.  Semoga berhasil
Cara pemasangan instalasi ini mungkin agak berbeda dengan tutorial lainnya, hal ini saya lakukan agar mudah dimengerti saja, jika belum ngerti juga berarti saya ini yang belum pandai mengolahnya. Terimakasih sudah berkunjung. Baca juga Instalasi Listrik sembarangan bisa menyebabkan kebakaran

Berlangganan update terbaru secara gratis:

8 Komentar Untuk "Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Sendiri dengan mudah"

  1. Lumayan wt nambah pengalaman ini
    bermanfaatlh intine

    ReplyDelete
  2. Mantab..lumayan bisa di mengerti buat yg masih awam tentang instalasi listrik..

    ReplyDelete
  3. om, kalau satu saklar buat dua lampu gimana?

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya. Sangat bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  5. Gan kalo pemasangan lampu mengunakan timer gimana caranya yah... Makasih

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah coba, tapi sekarnag dah banyak kok orang jual lampu yang ada timernya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.