Tahukah Anda? Sering menghidupkan dan mematikan alat elektronik adalah boros energi listrik

Seiring berkembangnya waktu peralatan elektronik semakin banyak sekali dipakai dirumah, apalagi para produsen barang elektronik semakin bertambah dan berlomba - lomba untuk memasarkan produk barunya. Mulai dari Televisi, Kulkas, Magic com, DVD Player, Setrika, blender dan sebagainya. Semua itu membutuhkan energi listrik untuk menjalankannya. Selanjutnya tinggal kita hitung berapa banyak peralatan yang memakai energi listrik dirumah kita, yang paling utama pasti ada lampu sebagai sumber penerangan dirumah kita.

Tahukah anda? bahwa sering menghidupkan dan mematikan alat-alat elektronik tersebut sangat boros terhadap energi listrik. Kenapa demikian? saat pertama kali kita hidupkan alat elektronik tersebut otomatis energi listrik akan mengalir secara mendadak ke rangkaian atau alat listrik tersebut, karena semua komponen didalamnya bekerja dengan energi listrik, Ibaratnya saat kita hendak mengisi air didalam galon yang kosong tentu air harus kita isi dulu sampai batas keran, sehingga air bisa mengalir. Jadi saat pengisian arus listrik diawal itulah energi yang dibutuhkan sangat tinggi, Biasanya saat menghidupkan TV akan terdengar bunyi mesin sedang bekerja (Starting up) karena arus sedang mengaliri semua komponen didalamnya. Begitu juga dengan lampu atau pompa air. Lalu bagaimana jika kita sering menghidupkan dan mematikan secara berulang-ulang. Mengenai hal ini tinggal anda pikirkan sendiri apa jadinya. Yang jelas tagihan bulanan PLN dapat dipastikan akan naik secara signifikan. Apalagi jika yang sering kita on/ off kan adalah alat elektronik dengan watt yang besar, seperti setrika atau pompa air. Tinggal gajian saja tiap bulan PLN nya.

Agar penggunaan energi listrik tidak bengkak sebaiknya kita pergunakan alat listrik seperlunya saja, misalnya sehari kita menghidupkan TV 3 jam saja. atau menghidupkan pompa air hanya jika bak hampir kosong, dan diisi sampai penuh. Artinya tidak mengisinya sering- sering bahkan tiap jam, hehe

Bagi yang sudah pengalaman mengenai hal ini pasti lebih memahami dan mengerti dengan benar tentang penggunaan saklar yang baik. Untuk itu sekelumit tips ini mudah-mudahan bisa bermanfaat. Dari pada tidak ada sama sekali kan. Jangan lupa lihat juga cara menghemat energi listrik yang perlu dicoba

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tahukah Anda? Sering menghidupkan dan mematikan alat elektronik adalah boros energi listrik"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.