Skema Rangkaian Tone Control Sederhana (pasif)

Setiap kita hendak membuat power amplifier didalamnya tentu ada yang namanya tone control. Rangkaian ini berfungsi untuk mengatur input audio dari DVD, microphone, Radio, Tape dan sebagainya. Sehingga suara yang dihasilkan lebih enak didengar.

Pada umumnya rangkaian ini dilengkapi dengan pengatur Volume, Bass , middle dan Trible. Sehingga kita bisa mengatur nada rendah (low), menengah (mid) dan tinggi (hight). Tone control secara umum ada dua jenis yaitu aktif (membutuhkan catu daya untuk menggunakannya) dan pasif (tidak membutuhkan catu daya). 

Berikut ini adalah contoh skema rangkaian tone control sederhana (pasif)
Komponen yang dibutuhkan
  • Resistor 6k8, 560, 4k7 ohm
  • Capasitor milar 4n7, 10n, 2n2, 15n, 40n dan 100n
  • Elco 4,7 uF
  • VR (potensio meter) 50K ohm
Skema tersebut merupakan contoh sederhana rangkaian tone control, jika anda ingin membuatnya tinggal kita buat PCBnya, jika belum tahu caranya silahkan lihat pada postingan saya sebelumnya mengenai cara membuat PCB. kemudian kita rangkai sesuai dengan lay out yang sudah dibuat. Semoga berhasil.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Skema Rangkaian Tone Control Sederhana (pasif)"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.