Tips Memilih dan membeli speaker aktif terbaik

Dalam hal memilih dan membeli speaker aktif tidak ada sebuah acuan baku untuk mendapatkan yang terbaik. Namun kriteria yang diinginkan seseoranglah yang menjadi acuan terbaik dalam mendapatkan sesuatu menurut saya. Meski begitu tidak menutup kemungkinan dalam memilih speaker aktif juga demikian. Hal terpenting adalah kepuasan saat menggunakannya. Oleh sebab itu tips berikut mudah-mudahan bisa membantu pencarian anda.

1. Spesifikasi Speaker Aktif
Beberapa produsen speaker aktif selalu menawarkan spesifikasi yang bagus misalnya : Daya RMS atau daya maksimum yang bisa dihasilkan oleh speaker aktif tersebut, selain itu daya PMPO yang besar sering diklaim oleh beberapa produsen speaker aktif, padahal kenyataannya kadang berbeda. Untuk itu mengenai Daya atau Watt yang besar bukanlah menjadi acuan, karena tulisan saja bisa menipu. 
Tips Memilih dan membeli speaker aktif terbaik
Fitur USB player Menjadi salah satu spesifikasi yang bagus untuk kita pilih karena dengan adanya fitur tersebut bisa memudahkan kita dalam memutar musik via USB Flashdisk atau Memori Card. 

Adanya Input Selektor Juga menjadi pilihan terbaik karena fitur tersebut menawarkan kita untuk bisa merubah audio input tanpa harus mencopot kabel input dari perangkat audio masukan. Sehingga memudahkan kita untuk memindahkan signal dari input audio DVD Player, Receiver, Handphone (HP) dan sebagainya.

Sistem Digital menjadi fitur terbaru dari setiap speaker aktif saat ini untuk itu hal ini bisa juga menjadi pilihan untuk memudahkan pengaturan audio, namun jika terasa rumit sebaiknya pilih yang manual saja.

Penggunaan Speaker 2 Way atau 3 Way menjadi pilihan juga agar suara yang dihasilkan juga lebih mantab karena dengan 2 atau 3 jenis spekaer berbeda maka suara yang dihasilkan lebih bervariatif dan mantab. Selain itu ukuran dari Speaker aktif juga menjadi acuan dalam memilih sebab jika speaker aktif  dengan daya kecil kalau speaker dan boxnya tidak sesuai juga kurang maksimal hasilnya.

2. Design Speaker aktif
mengenai model maupun design, sebenarnya setiap produsen tentu berlomba - lomba untuk mengasilkan rancangan terbaiknya. Oleh karena itu design yang bagus juga bisa menjadi pilihan, agar kelihatan lebih cantik saat diletakkan didalam rumah. Oleh karena itu sesuaikan saja corak, motif dan model sesuai dengan kondisi rumah kita jika ingin menyesuaikan dengan modelnya.

3. Energi listrik yang dibutuhkan
Daya yang dibutuhkan juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan saat memilih atau membeli speaker aktif ini sebab dengan daya yang besar pada speaker aktif apakah daya listrik dirumah mampu untuk memenuhinya, untuk itu pastikan daya yang dibutuhkan cukup dan tidak boros energi listrik.

4. Penggunaan Speaker aktif
Akan digunakan untuk apa speaker aktif tersebut dan diletakkan dimana? Itu juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan karena jika kita letakkan diluar ruangan, jenis speaker full range adalah yang cocok untuk dipasang diluar, karena suara yang dihasilkan bisa loss artinya untuk jarak jauh. Jika ingin didalam ruangan maka Woofer/ Subwoofer adalah pilihan terbaik. Selain itu apakah speaker aktif digunakan untuk PC/ Laptop atau digunakan untuk acara pesta kecil-kecilan dirumah. hal ini juga perlu diperhatikan, misalnya untuk PC maka design mungil dengan speaker subwoofer adalah pilihan terbaik.

Mungkin sampai disini dulu tipsnya, jika ada yang mau menambahkan silahkan, karena pada dasarnya pemilihan speaker aktif terbaik adalah relatif.  Untuk itu semua tergantung anda memilihnya. Mau yang model apa itu terserah anda. Terimakasih sudah berkunjung, Lihat juga berbagai kerusakan speaker aktif yang sering terjadi

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Tips Memilih dan membeli speaker aktif terbaik"

  1. Mas mau nanya, kalo speaker aktif yg tulisannya 9000w itu apa maksudnya daya yg disedot dari listrik rumah sebesar 9000w? Atau bagaimana ya maksudnya? Rumah saya berdaya listrik 1200w apa kuat ya memasangnya karena juga memakai kulkas, ac, dan lainnya. Mohon penjelasannya dong mas ya.

    ReplyDelete
  2. Itu cuma variasi saja alias palsu, sebenarnya tidak sampai segitu, rata rata cuma 2 x 30 watt saja daya powernya. Jadi aman saja itu ndak masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh begitu ya mas, terimakasih atas penjelasannya mas, sangat membantu.

      BTW,apa mas bisa juga menjual produk speaker aktif hasil rakitan mas sendiri? Kalo iya,dimana saya bisa melihat hasil rakitan mas putz,siapa tau bisa terjangkau dengan budget saya yg sangat minim ini.

      Delete
  3. Wah sayangnya saya tidak menjual speaker aktif mas, jadi mohon maaf.

    ReplyDelete
  4. nunpang tanya boss,harga travo 5amper murni merk era sekarang berapa ya boss?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.