Berbagai Kerusakan Speaker aktif yang sering terjadi

Speaker aktif memang banyak sekali digemari oleh pecinta musik, karena dengan adanya perangkat tersebut suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring dan lebih manteb, hal ini karena speaker aktif kebanyakan sudah dilengkapi dengan kontrol audio sperti bass dan trible. Selain itu adanya USB player menjadi pilihan bagi pengguna untuk bisa memutar musik via Flashdisk atau MicroSD. Dengan begitu tidak perlu lagi DVD Player, Laptop maupun pemutar musik lainnya untuk mengaktifkannya.

Kerusakan pada speaker aktif memang sering sekali terjadi, entah itu karena faktor eksternal maupun internal. Hal ini kadang membuat orang awam menjadi kecewa, terlebih lagi kalau barang tersebut baru dibelinya. Untuk itu berikut ada beberapa tips mengenai kerusakan pada speaker aktif yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

1. Speaker aktif berdengung kencang
Hal pertama yang kita periksa adalah dengan mengecek kabel inputnya, kemungkinan ada yang putus caranya bisa dengan menggunakan multimeter atau jika belum punya kita coba saja ganti kabel inputnya. Jika saat dicopot kabel inputnya suara dengung masih ada berarti kemungkinan ada kerusakan pada bagian komponen, Untuk itu coba kita bongkar Speaker aktif, kemudian kita potong dulu bagian input power dengan tone control, coba hidupkan apakah masih dengung, jika masih berarti kerusakan ada dibagian power. Kalau sudah begini tinggal kita perbaiki saja powernya, biasanya Transistor final atau IC (jika pakai IC) sudah rusak. Kalau males perbaiki ganti saja satu set kit power amplifier yang banyak dijual dipasaran. Selain hal diatas bisa juga disebabkan karena adanya Elco pada power supply yang rusak atau kering, sehingga menyebabkan arus tidak rata dan menyebabkan dengung pada speaker aktif.

2. Speaker aktif kresek-kresek
Hal ini bisa jadi karena Potensio pada bagian tone control ada yang rusak, baik itu karena kotor atau sudah tidak berfungsi dengan baik. Coba bersihkan dulu pakai minyak pembersih pada bagian potensio, atau diganti saja biar lebih bagus. Selain itu bisa jadi karena kabel input yang agak longgar atau hampir putus, yang menyebabkan terhubung dan tidaknya audio input yang masuk.

3. Speaker aktif tidak mau ngebass atau tribel
Untuk yang satu ini bisa disebabkan karena potensio dibagian bass atau dibagian tribel ada yang retak solderannya atau sudah rusak, untuk itu perlu kita ganti potensionya agar hasilnya lebih mantab.

4. Speaker aktif mati total
Untuk yang satu ini anda bisa mengeceknya dari tegangan yang masuk terlebih dahulu. Caranya cek terlebih dahulu kabel steker yang masuk ke power supply, kemudian sekring lalu saklar. Jika kerusakan masih belum juga ditemukan barulah kita masuk ke bagian power supply, yaitu dengan mengecek Trafo terlebih dahulu dengan mengukur lilitan primer dan skunder apakah ada yang putus atau tidak. kemudian kita cek juga bagian diode bridge, Sampai disini biasanya penyebab mati total sudah diketemukan. Semoga berhasil. Jangan Lupa lihat juga tips membuat power supply high power amplifier

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Berbagai Kerusakan Speaker aktif yang sering terjadi"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.