Membuat Sendiri Bel Pintu dari Bekas Mainan

Dulu waktu masih sekitar umur 10 tahun saya sering memainkan Mobil - mobilan menggunakan baterai, Saat diaktifkan mobil-mobilan tersebut bisa berputar-putar sambil mengeluarkan bunyi pistol, ambulans dan polisi. Karena waktu itu masih kecil ya setiap kali jengkel dibanting sampai retak bahkan pecah, hehe.

Seiring berjalannya waktu saya mulai tertarik dengan dunia elektronik, kala itu saya melihat bekas mobil-mobilan bekas Handphone mainan dan juga beberapa mainan yang bisa berbunyi. Saya coba mempretelinya dan diambil rangkaian dan speakernya. Lalu saya coba hubungkan ke baterai dan bisa berbunyi, wih senengnya bukan main. Namanya juga anak-anak kalau tahu dikit aja bikin ketagihan, begitu juga saya heehe.

Ketika mulai duduk di bangku MTs ada pelajaran elektronik, nah disitu mulai saya otak atik yang aneh-aneh. dan yang pernah saya praktekkan adalah "Membuat Bel Pintu Rumah dari Bekas Mainan". Haha ya memang begitulah namanya. Wong cuma merangkai rangkai apa saja yang ada jadinya ya alakadarnya. Berikut ini adalah contoh ilustrasi gambarnya
kebetulan waktu itu ada bekas HP mainan, caranya dengan mencopot keypad HP dan disolder dengan tombol bel dengan kabel yang panjang. Sementara HP mainan ditaruh didalam dan Saklar di pasang didekat pintu masuk rumah. Begitu dipencet langsung bisa bunyi, yang jelas apa bunyinya saya juga gak inget. Setelah itu Kurang puas rasanya jika suara yang dihasilkan kurang keras. Maka saya coba pakai amplifier 5 watt yang sebelumnya pernah beli kit rangkaiannya. Sehingga penyambungannya dapat dilihat seperti diatas. 

Nah begitulah kira- kira membuat bel pintu yang aneh ini semoga bisa jadi inspirasi kedepannya hehe. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa lihat juga Memanfaatkan charger HP untuk lampu hemat energy

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Membuat Sendiri Bel Pintu dari Bekas Mainan"

  1. mas kalo suara hp nya di ganti sama suara rekaman kita gimana ya caranya
    ?
    newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mudahnya pakai multiplayer aja gan, rekam suara dan masukkan ke micro sd/ flashdisk. baru colokkan ke multiplayer. Sebagai saklar gunakan remotenya saja gan.

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.