Instalasi Listrik Sembarangan bisa menyebabkan Kebakaran

Percaya atau tidak dari sekian banyak penyebab kebakaran di Indonesia salah satunya adalah karena adanya loncatan bunga api dari listrik. Pada umumnya Masyarakat sering menyepelakan tata cara Instalasi Listrik sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), Entah itu karena biaya yang mahal atau karena ingin mencoba-coba tanpa memperhitungkan akibatnya. Lalu jika terjadi kebakaran siapa yang selanjutnya disalahkan?. Kemudian siapa yang akan dirugikan? Tentu kita sendiri bukan. Oleh karena itu jika belum memahami dengan benar tentang tata cara instalasi listrik yang benar sebaiknya meminta kepada ahlinya yang sudah ahli dibidangnya serta memiliki sertifikat dibidangnya.
Instalasi Listrik Sembarangan bisa menyebabkan Kebakaran
Sekarang bagaimana kondisi instalasi listrik anda dirumah sudahkah memenuhi standar. Jika belum? maka segera perbaiki agar kebakaran bisa hindari. Berikut ini ada beberapa tips untuk meminimalisir, jika memang tidak mampu untuk membiayai petugas instalasi PLN. 
  • Gunakan kabel instalasi yang bagus, yaitu berstandar SNI. Untuk kabel induk gunakan 2,5mm murni, bukan yang abal-abal
  • Gunakan pipa instalasi untuk menghindari gangguan cuaca atau hewan.
  • Gunakan saklar, Fitting, Steker, yang bagus, berlabel SNI. dan jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Jangan menggunakan colok cabang terlalu banyak dalam satu kabel. 
  • Gunakan tata cara penyambungan kabel yang baik.
  • Jangan sampai ada kabel yang terkelupas atau terbuka
  • Jauhkan kabel atau perangkat yang membutuhkan energi listrik dari benda cair atau lembab.
  • Dan sebagainya.
Dari beberapa hal diatas mungkin bagi kita terasa akan mahal. Namun dari mahalnya harga tersebut ada keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan energi listrik dirumah.  Apalagi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka berapa kerugian yang akan dialami jika dibanding dengan membeli peralatan yang bagus tersebut.  Seperti kita tahu mencegah lebih baik dari pada mengobati, ya kan!.

Hal ini bisa terjadi apabila ada lompatan bunga api yang diakibatkan adanya hubung singkat atau adanya kerenggangan (longgar) dalam menyambung kabel, saklar, fitting, steker dan sebagainya. kemudian loncatan bunga api tersebut menyebabkan benda disampingnya menjadi panas dan mudah terbakar. Lalu akan merembet kemana-mana. Sekarang tinggal anda bagaimana menyikapinya. Baca juga Cara memasang saklar tunggal dan ganda dengan benar

Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Instalasi Listrik Sembarangan bisa menyebabkan Kebakaran"

  1. sy ingin share trik-trik dalam memasang kabel berdasarkan pengalamanku, ini link-nya:
    http://helloyud.blogspot.co.id/2016/08/teknik-teknik-pemasangan-kabel.html

    Kalau boleh, trik-trik ini boleh di posting juga di website ini (www.masputz.com) karena mungkin sangat bermanfaat bagi pengunjung yang mengakses website ini. thank you

    ReplyDelete
  2. Boleh Mas ,Klo ingin share artikel disini boleh kirimkan saja melalui menu contact diatas.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.