Enaknya bisa internetan gratis full speed didaerah terpencil

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami kesulitan untuk mengakses internet, hal ini karena daerah yang saya tempati belum ada jaringan 3G/ HSPA, itulah mengapa saya menyebutnya daerah terpencil, selain itu penyedia layanan jasa internet juga masih jarang. Kalaupun ada itupun harus melalui kabel telepon, dan didaerah terpencil mana ada kabel telepon. Hal ini sudah berlangsung beberapa lama, Hingga saya putuskan untuk tidak mengakses internet lagi. 

Seiring dengan berkembangnya waktu internet menjadi sebuah kebutuhan bagi saya terutama di Sekolah tempat mengajar. Semua pendataan dan pengelolaan pendidikan banyak dilakukan secara online. Dari situlah saya berpikir bagaimana cara agar bisa internetan dengan cepat di daerah terpencil seperti ini. Karena kalau hanya mengandalkan edge atau jaringan EVDO saja masih kurang. Sementara untuk mendapat jaringan HSPA harus pergi ke kota.

Tanpa pikir panjang akhirnya saya coba untuk membuat antena penguat signal 3G dengan mencari tutorial dari Internet. Dengan sedikit punya dasar elektro, saya coba kembangkan dengan segenap tenaga. hingga akhirnya jadilah Wajan Bolic sistem langsung. Kemudian saya revisi lagi untuk membuat Antena Modem HSPA Stainless steel. yang menggunakan sistem induksi.

Beberapa rekan kerja atau teman sekampung mulai tertarik juga melihat beberapa hasil karya saya ini. Hingga berniat untuk membelinya entah itu sistem induksi maupun sistem langsung menggunakan USB extender. 

Lalu untuk apa saya bikin antena wajan bolic ini?
Wajan bolic merupakan salah satu antena berbentuk parabolic yang terbuat dari wajan penggorengan, pada mulanya antena ini dikembangkan oleh Pak Gunadi, dan sampai saat ini sudah banyak warga di Indonesia berhasil membuatnya. Fungsi antena ini adalah untuk menguatkan signal 3G pada modem HSPA dan bisa juga untuk menguatkan signal wifi.

Jadi dengan antena tersebut akhirnya saya bisa mendapatkan jaringan HSPA, sehingga kecepatan akses download bisa mencapai 400Kbps, Dengan begitu saya tidak lagi kesulitan dalam menjelajah dunia maya ini, hingga akhirnya saya buatlah blog yang sangat sederhana ini untuk berbagi informasi dan sharing seputar dunia elektronika dan internet.

Selanjutnya setelah saya pikir-pikir banyak juga kuota yang harus digunakan dengan kecepatan akses seperti itu. Hal ini membuat saya untuk bertanya apakah ada cara internetan gratis dengan menggunakan modem HSPA ini. Setelah saya browsing - browsing akhirnya saya menemukan tutorial mengenai SSH. dan kebetulan ada rekan saya yang sudah menggunakannya. Jadi saya belajar sama dia sebut saja namanya Pak Budi. Yang kebetulan sudah lama menggunakan Internet SSH. Dengan begitu akhirnya saya banyak belajar mengenai Internet gratis ini.

Lengkap sudah rasanya bisa menikmati Internet gratis fullspeed dengan jaringan HSPA + Inet SSH, Rasanya seperti dekat dengan dikota saja. Ini adalah pengalaman saya di desa, bagaimana dengan anda? semoga bisa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan baca juga Antena wajan bolic untuk menangkap sinyal wifi

Berlangganan update terbaru secara gratis:

8 Komentar Untuk "Enaknya bisa internetan gratis full speed didaerah terpencil"

  1. wajan bolic mampu menguatkan sinyal dengan jarak brp kilo dri BTS gan ? kebetulan jarak desa saya ke BTS/kota sekitar 30anKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang pernah saya coba sekitar 20km saja. lebih dari itu belum pernah coba gan.

      Delete
  2. Mas brpa hargannya...? sy pesan 1, sy di daerah terpencil di gorontalo

    ReplyDelete
  3. Minta nomor kontak mas....saya mau pesan alatnya

    ReplyDelete
  4. Via contact diatas gan, atau pesan via email

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.