Cara Setting Receiver Parabola Digital

Setting receiver Parabola Digital Sebenarnya sangat mudah, namun jika belum pernah maka kita akan kesulitan. Apalagi baru mengenal antena parabola. Oleh karena itu disini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara menyettingnya.

Kebetulan rx yang saya pakai merknya Matrix starlink V MPEG4 HD Ethernet.Jadi bisa dibuat untuk internet, memutar multimedia, scan otomatis, memasukkan biss key dan tiket fly. Untuk merk lain tidak jauh berbeda seperti Tanaka, Technosat, Gadmei, Primasat, Goldsat, Venus dan sebagainya. Nah, langkah awal dalam memasangnya adalah sebagai berikut:
Artikel terkait Perbedaan receiver mpeg2, mpeg4 dan HD

Cara Setting Receiver Parabola

1. Menghubungkan receiver ke antena parabola dan TV

  • Pastikan TV dalam mode AV
  • Pasang kabel AV out rx ke AV in TV
  • Pasang juga kabel antena parabola ke receiver.
  • Hubungkan masing - masing steker ke arus listrik
  • Selanjutnya hidupkan

2. Pengaturan Satelit di Receiver

  • Tekan menu pada receiver sehingga akan tampil pilihan pengaturan
 

  • Pada tampilan menu kita pilih Instalasi kemudian pilih pengaturan antena, pada beberapa receiver akan diminta password untuk itu kita masukkan password defaultnya 0000
  • Pada pengaturan satelit kita atur sesuai dengan setting LNB parabola, berikut contohnya:
  • Pilih Satelit yang dilock misalnya Palapa, Telkom, Asiasat, Thaicom5 dan sebagainya
  • Tipe LNB sesuaikan dengan jenis LNB, Misalnya LNB Cband, Kuband atau Sband
  • Frekwensi LNB Default Cband 5150, Kuband 9750 - 10500 / Universal, Sband 3620.
  • Transponder abaikan saja
  • 22KHZ sesuaikan dengan switch yang dipakai, misalnya kita pakai switch ON/OFF atau twin LNB, maka kita pilih OFF/Mati dan ON/Hidup pada salah satu LNB. Biasanya pada switch sudah tertera tulisannya. Namun pada twin LNB kita pilih off untuk yang langsung konek ke receiver, sedang yang satunya kita pilih ON. Misalnya Palapa kita gunakan off dan Telkom kita gunakan on (ingat ini hanya untuk yang memakai switch 22k)
  • Daya LNB pilih hidup
  • Mode Tune burst abaikan saja (pada beberapa rx pilihan ini tidak ada)
  • Mode Diseqc pilih 1.0 atau 1.2 (jika kita memakai switch diseqc, kalau tidak pakai diabaikan saja tidak masalah)
  • Diseqc kita pilih sesuai dengan pemasangan LNB pada switch Diseqc (Hal ini dilakukan jika kita menggunakan Switch diseqc)
  • Selanjutnya kita bisa scan otomatis pada satelit yang sudah disetting (pada rx matrix Starlink SVHDE cukup dengan tekan tombol biru kemudian akan muncul pilihan scan)
 
  •  Sebenarnya sampai disini kita sudah bisa mencari siaran secara otomatis, kemudian kita tinggal menata urutan channel saja agar lebih mudah mencari channelnya nanti.

  •  Cara Mengelola siaran adalah dengan tekan menu pilih siaran dan tekan mengelola siaran, maka akan muncul tampilah seperti dibawah ini.
  • Untuk memindahkan channel/ siaran kita tinggal tekan OK siaran tersebut kemudian kita geser ke nomor urut yang diinginkan kemudian tekan tombol warna kuning. 
  • Lakukan hal diatas sampai channel yang dipilih tertata.
  • Jika sudah selesai kita tinggal tekan exit pada remote kemudian jika ada perintah save kita pilih OK.
Dari beberapa contoh setting receiver diatas, belum tentu akan sama pada setting jenis rx lainnya. Namun sebenarnya pengaturannya sama akan tetapi tampilan dan letaknya saja yang berbeda. Oleh karena itu yang perlu kita pahami adalah Pengaturan Satelit dan LNB.  Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa lihat juga  Cara upgrade receiver matrix via USB.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

57 Komentar Untuk "Cara Setting Receiver Parabola Digital"

  1. Kebetulan rx yang saya pakai merknya Matrix starlink V MPEG4 HD Ethernet. Jadi bisa dibuat untuk internet,

    ini maksudnya bisa dapat koneksi internet dari parabola gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya rx ini bisa dikoneksikan internet dari modem USB dongle atau via LAN / wifi dari ISP. Sehingga kita bisa akses internet spt youtube/ iptv/ map dsb. Kalau dari parabola namanya grabbing MSVHDE blm bisa.

      Delete
  2. Mas mau tanya, kalo kualitas sinyal blm keluar (0%) itu kenapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kualitas belum keluar banyak faktor penyebabnya diantaranya:
      - Arah parabola tidak tepat
      - LNB rusak
      - Konektor rusak
      - Kabel tidak terhubung
      - Receiver lemah
      Skrg pertanyaannya bagaimana dengan intensitasnya apakah 0% juga?

      Delete
    2. kalo arah saya udah puter atas bawah kanan kiri, msh g ad reaksi pada kuallitasny, cuma di sinyalny ada yng naik dan turun.
      kalo lnb rusak mungkin saja mas, soalny lnb bekas bigtv.
      konektor dan kabel kykny g ada msalah deh mas.
      Receiver baru mas, matrix starlink v hd. sinyal slalu diatas 75% mas, cuma kualitas yng stuck di 0% g ada perubhan.
      Mohon bantuan mas, pemula udah kebingungan aja nih, :(

      Delete
    3. Berarti intensitas bagus, namun belum dapat signal ya. COba periksa pengaturan LNB di satelit. Kemudian atur LNB jenis KUband Frkwensi 9750/10600 atau Universal. Kemudian masukkan Transponder terkuat pada sat tersebut. Baru coba untuk tracking. Coba lock sat yang paling mudah saja dulu seperti Palapa Kuband atau Measat Ku band. Mudah-mudahan masalah teratasi

      Delete
  3. Bos sy pakai rx matrix burger. Saya lock sinyal plapa dan sinyalnya sudah 73% tp knp dftr tv nya tdk smw bs dtonton sprti rcti,sctv dll sy mggunkan lnb ku band. Tlg pncrahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang mas lock adalah satelit palapa Ku band, channelnya kebanyakan di acak.. karena itu channel milik orange TV. Jadi agar bisa nonton CH tersbut tentu harus berlangganan dulu.

      Delete
  4. Maz admin saya pemula...kemarin lusa habis pasang parabola 6feet jaring...2lnb...sekarang yang dapet satelit palapa sama telkom...

    Pertanyaan saya apa bisa Lnb yg digunakan buat nangkep palapa trus tak rubah buat nangkep satelit maesat5? Tanpa muter2 antena

    ReplyDelete
  5. Untk pindah satelit lain harus wajib diarahkan lg parabolanya, tp jika ingin tnpa muter2 parabola, maka gunakan actuator. Biar antena mengarah sndiri ke satelit yang di inginkan

    ReplyDelete
  6. mas aku kan punya parabola matrix pas beli kan receiver bawaannya masih mpeg2 lupa tipenya nah trus klo mau tak ganti jadi reciever mpeg4 biar sinyal sctv & indosiar ketangkap apa harus ngrubah parabola juga? apa langsung diganti trus disetting aja?

    ReplyDelete
  7. Cukup di setting saja receivernya mas, tp kalau signalnya lemah baru di arahkan parabolanya

    ReplyDelete
  8. Gan mau tanya, saya pake rx lgsat hd ethernet pada saat scan kok banyak saluran yang tidak kena contoh trans 7 trans tv indosiar sctv rcti... posisi dish udah benar karena udah tak coba pake rx matrix dan semua saluran lancar. mohon bantuanya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba upgrade softwarenya, atau masukkan frekwensi channel secara manual lalu scan

      Delete
  9. Mas, sy punya parabaola KUband, matrix dengan rx matrix HD III, tp setiap sy pasang sampai sekarang belum dapet sinyal. settingan lnb sm satelit sudah bener, gmn mas,..?

    ReplyDelete
  10. Mas cara seting lnb c bang pake resiver matrik gmn

    ReplyDelete
  11. Mas Put, maaf mau tanya, saya sudah setting receiver matrix parabola pro HD eth ke setingan diseqc 1.2. konfigurasi dari LNB masuk ke psitioner setelah itu keluaranya masuk ke input Receiver, tapi kenapa parabola gak mau memutar dengan perintah dari remote receiver ya mas? apa nya yang salah ya?

    ReplyDelete
  12. Mas, saya kemarin baru beli Matrix starlink v HD ethernet buat ganti receiver lama (tanaka). Masalahnya, saat saya setup, satelit yang terdaftar punya sinyal bagus cuman TELKOM (Palapa D kayak di Tanaka ga ada.) setelah saya scan, yang bisa ditonton cuman TRANS TV/7, MNC, sama TVRI Papua, siaran lain (TN One, Global ada, RCTI, SCTV ga ada) itu masuk daftar acak. Semua parameter sudah saya coba, hasilnya sama. lalu saya pinjam receiver tetangga yg merk non Matrix, kok bisa lancar ya? Kenapa itu? Soalnya sayang kalau ga bisa dipakai, belinya lumayan mahal dibanding receiver lama. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Coba atur di bagian 22K Off dan ON (untuk Twin LNB)

    ReplyDelete
  14. mllm mas admin...mohon pncerahanx,,aku bru saja beli parabola satu set,matrix starlink hde,,tapi sdah di kotak katik bergai cara ga dapet siaran satupun..tapi kalo pakai receiver yang lain bisa,,lancar jaya klo mimjam pya tetangga..masalh pengatran receiverx bagaimana min...mksih

    ReplyDelete
  15. Pagi mas, mungkin masalah yg saya utarakan sering ditanyakan banyak orang, saya memakai dish offset tetapi hasil dari pembelian,nah sudah saya pasang juga lnb ku band dan di rx nya intensitas nya 60% semua ga berubah berubah, saya lock chinasat sudah setting freq dll, tetap quality sinyal nya ga ada saya coba blind scan juga sama, udah puter puter ga ada ada apa lnb nya yg mumer atw rx saya yg aneh? saya memakai freesat v7 combo... mohon masukannya mas , udah pemula dan gagal nih

    ReplyDelete
  16. Untuk ku band pastikan settingan LNB pada Universal atau 9750-10600, masalah signal pastikan daerah agan termasuk beam area. coba tes dulu untuk lock satelit measat atau palapa ku band, kalau sudah berhasil baru coba lock sat lainnya.

    ReplyDelete
  17. Salam mas.....uda seharian cari syknal lum dapt2 lagi mas....arah nya sama gak sama orangetv

    ReplyDelete
  18. Matrik lama tuh gk sama dgn yg baru cari yg baru trus post, biar sama dgn yg baru""

    ReplyDelete
  19. Receiverku ketika dinyalakan kok lampu merahnya kedip2 terus ya...gk bisa terhubung ke tv dan parabola...jadi udah beberapa hari gk bisa nonton tv nih..tolong solusinya..makasih..

    ReplyDelete
  20. Mungkin nggak bisa booting/ mati suri.. bawa ke servis aja mas..

    ReplyDelete
  21. Ok mas punyabQ berhasil dapat kan channel yg di cari

    ReplyDelete
  22. Ok trimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  23. Min punya ane di telkom 1 ada canel nat geo, fox, disney, bein tp diacak semua. Kira kira kalo cari biss buat buka tu canel bisa nggak.

    ReplyDelete
  24. Itu kan punya transvision, jadi harus langganan dulu ke providernya

    ReplyDelete
  25. Gan kenapa receiver goldsat lion hd saya satelit telkom nya gak ada cuma ada satelit palapa saja terima kasih

    ReplyDelete
  26. Untuk masalah itu banyak sekali sebabnya, bisa jadi LNB, switch, settingan receiver dan sebagainya. Untuk itu coba di cek satu persatu, mulai dari setting receiver

    ReplyDelete
  27. Mas mo tanya bagus mana reciever tanaka dg matriks starlink V HD+ethernet seri H 264?saya bingung sebab penjualnya ngasih tanaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Receiver tanaka tipe berapa? kalau menurut saya keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelemahannya Kalau tanaka agak ribet di settingannya, signal terkadang kurang peka dan terlampau tinggi. Sedangkan pada Matrix SVHDE mudah panas dan butuh upgrade terbaru untuk hasil yang maksimal. Untuk kelebihan keduanya menurut saya bagus. Jadi silahkan pilih sendiri sesuaikan dengan kebutuhan.

      Delete
    2. Tanaka T21 mpve4,kok rtv nya ga ada ya mas?apa saya harus scan secara manual?dan saat scan otomatis,malah kebanyakan dapat channel tv ada tanda $,saya jadi pusing😥

      Delete
    3. Untuk mengtasi itu kemarin saya upgrade firmwarenya dengan versi terbaru. Silahkan search, di Internet sudah banyak yang share

      Delete
  28. Mas klo chanel jadi dua pas lagi di hidupin itu gimana ya, klo di hapus slah satunya hilang semua.??

    ReplyDelete
  29. Mksdnya jd dua gmana mas? Apa ada dua ch yang sama atau gmana. Receivernya merk apa? Channel apa?

    ReplyDelete
  30. Mas kalau rx sky box f1+ cara settingnya bagaimana buat lock chinasat11

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya belum pernah pake tu rx, Tapi yang jelas di pengaturan antena
      pilih jenis LNB Ku band
      Lnb frekwensi = Universal atau 9750/10600
      Itu aja yang penting, yang lain diabaikan tidak masalah. setelah itu masukkan TP baru frekwensi ninmedia atau baca selengkapnya di Cara lock Chinasat 11

      Delete
  31. Assalamualaikum saya mau nnya, bagaimana cara menyimpan Atara satelit Palapa dengan Telkom. Mslhnya pas saya cri siaran Palapa, yg Telkom hilang, bgt sebaliknya.

    ReplyDelete
  32. Maaf pak,cara menentukan utara/selatan di lnb universal darimana? dr depan/belakang lnbnya

    ReplyDelete
  33. Maksudnya gmn gan, arahnya barat/timur untuk dishnya dan konektor menghadap ke utara /selatan. Klo LNB tentu menghadap ke dish

    ReplyDelete
  34. Mas..saya pakai venus, yg ingin saya tanyakan cara agar saat menekan channel favourite beda satelite by remote control secara otomatis sehingga satelitnya yg berputar sendiri mengikuti channel yg kita inginkan bagaimana ya settingnya? Mohon pencerahannya...matur nuwun sa derengipun.

    ReplyDelete
  35. gan, ane dari siang nyampe sekarang belum ada gambarnya juga..ane pake receiver matrix starlink,dish bekas indovision, lnb ku..
    signal ampir 90% tp kualitas masih 0%

    ReplyDelete
  36. Satelit yang hendak di lock apa Gan?. Coba lock dulu satelit yang paling mudah dan banyak signal. Misalnya measat 3a Ku band. caranya sudah saya post kemarin, lihat didaftar isi

    ReplyDelete
  37. mas, bisa ga kalau satu receiver dipake untuk 2 tv ato lebih?
    kalo bisa caranya gimana ya?

    ReplyDelete
  38. Sangat bisa, dipararel saja kabel RCA nya

    ReplyDelete
  39. Gimana caranya bos biar cepet setinganya arah parabola dr bekasi.
    Maksud sy menghadapnya.

    ReplyDelete
  40. gan,,bisa gak reseiver mpeg2 di setting supaya bisa dpt frek rcti,mnc dan global yg skrang pindah ke mpeg4?? caranya??

    ReplyDelete
  41. Gan saya mau tanya kenapa setiap saya scan otomatis satelit telkom kok yg nyaut cuman Mta tv/ tvMu kenapa nggak ke scan Trans tv, trans 7, antv, dan NET

    ReplyDelete
  42. Berarti polaritas Horizontal tidak masuk, kemungkinan bisa karena receiver rusak atau LNB bermasalah, coba dulu pakai rx lain.

    ReplyDelete
  43. mas bro q pkai receiver matrik turbo III mpeg4...nah kalo mo mnyusun nomorurutnya gmna???

    ReplyDelete
  44. Waduh saya ndak hafal gan, coba nanti tak cek tempat kawan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.