Parabola LNB 2, 4, 5, 6 dapat lock satelit apa ya?

Sebuah pertanyaan bagi para tracking mania mengenai tracking parabola, memasang 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 ,8 LNB apakah bisa digunakan sekaligus dalam sebuah dish jaring/solid parabola? Jika saya yang menjawab pasti bisa, hanya saja ada beberapa kelemahan dengan menggunakan banyak LNB C band dalam sebuah dish. Bagaimana caranya? dan Kenapa demikian?, perlu diingat bahwa sebuah LNB prime fokus dapat bekerja maksimal apabila diletakkan tepat pada titik fokus. Oleh sebab itu jika kita menggunakan lebih dari satu LNB Cband otomatis yang lainnya akan berada di sebelahnya (tidak berada pada titik fokus). Itulah yang menyebabkan sinyal kurang maksimal. Meski begitu dengan memasang 2, 4 atau lebih juga memiliki keuntungan yakni bisa menghemat biaya, lokasi dan dish parabola.

Cara Lock Satelit dengan 2 buah LNB
Dengan menggunakan dua buah LNB kebanyakan oleh para pecinta parabola digunakan untuk mencari sinyal Palapa 113 E dan Telkom 108 E. Namun itu kebanyakan di pakai di Indonesia, Jika Negara lain tentu akan berbeda. Sebenarnya bisa juga untuk lock palapa dan Cinasat6a atu 6b  misalnya. lalu bagaimana cara pemasangannya? untuk memasangnya bisa dibilang gampang-gampang susah sebab kita harus menyesuaikan dengan Diameter dan kedalaman parabola. 

Memasang 4 Buah LNB untuk Lock apa saja?
Setelah anda mahir dengan menggunakan 2 buah LNB maka tidak ada salahnya menggunakan 4 LNB. Lalu satelit apa yang bisa di lock?, Jika titik fokus digunakan untuk melock sat Telkom maka LNB lainnya lebih bagus untuk lock satelit Palapa Asiasat 3 dan 5. kalau diurutkan dari timur kebarat adalah Asiasat5, Asiasat3, Telkom, dan Palapa. Namun jika anda ingin lock sat lain juga ndak masalah asalkan anda tahu letak derajat dari masing-masing satelit.

Tracking satelit dengan 6 buah LNB
Jika belum puas dengan 4 buah LNB silahkan coba dengan 6 LNB sekaligus dalam sebuah dish, nah berikut ini adalah contoh urutan pemasangan LNB dari barat ke timur.
  • LNB1-satelit chinasat 6A
  • LNB2-satelit chinasat 6B
  • LNB3-satelit palapa C2
  • LNB4-satelit telkom 1
  • LNB5-satelit asiasat 3S
  • LNB6-satelit asiasat 5
Tracking dengan 8 LNB Sekaligus
8 LNB memang sangat jarang sekali orang menerapkannya, namun sebenarnya bisa saja. meski ada beberapa satelit yang nantinya kurang maksimal, tapi bisa anda praktekkan sendiri. Untuk urutannya sama seperti 6 LNB hanya saja bisa anda tambahkan Insat4a dan Measat C band atau mungkin dengan ST2.

Selanjutnya jika anda sudah mengetahui urutannya, sekarang saatnya proses mencari atau cara mendapatkan sinyal dari masing - masing satelit tersebut. Pertama- tama adalah memasang LNB pada bracket yang bisa anda awali pada titik fokus, jika sudah maksimal lanjutkan dengan memasang LNB ke2 begitu juga yang ketiga dan seterusnya. sampai anda berhasil me lock semua satelit dengan ke delapan LNB tersebut.

Sebagai saran dari saya sebagai penulis, waktu saya mencoba lock dengan 8 LNB tiang parabola sengaja saya rendahkan serendah mungkin bahkan tanpa tiang pun tidak masalah. lalu saya lock satu persatu dengan cara dipegang LNBnya menggunakan tangan kemudian sambil melihat kualitas sinyal di televisi. Cukup sulit memang, namun jika sudah hafal posisi masing-masing satelit pasti anda akan dengan mudah melakukannya.

Perhatikan gambar Jarak masing-masing satelit dibawah ini.
Pada gambar tersebut dapat kita lihat jarak antar satelit dalam ukuran derajat sehingga jika kita lakukan perhitungan misalnya kita sudah lock satelit palapa dan telkom yang kita ukur dengan penggaris adalah 3 cm berarti dapat kita ambil sampel bahwa antara 113 dengan 108 berselang 5 derajat dengan jarak LNBnya adalah 3 cm. Berarti 3 dibagi 5 = 0,6 yang dapat kita artikan tiap derajat jaraknya adalah 0,6 cm.
Mengenai pengaturan di receiver digital, kita dapat menyesuaikannya dengan switch yang kita pakai, misalnya jika menggunakan switch diseqc 4 x1 maka bisa kita gunakan untuk 4 buah LNB. Untuk 6 atau 8 LNB bisa kita gunakan switch diseqc 8 x 1 atau 4x1 + switch 22K on/off (4 buah). Masukkan juga Frekwensi terkuat satelit C band untuk proses mencari signal. mengenai setting lainnya mudah-mudah lain waktu diulas lagi, terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

18 Komentar Untuk "Parabola LNB 2, 4, 5, 6 dapat lock satelit apa ya?"

  1. Kalau mau nonton channel "NASA TV", channel yang berhubungan dengan antariksa. Parabolanya harus diarahkan ke satelit apa ? Posisi arah sateli berapa ? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Kalo itu saya blm pernah coba, jadi mohon maaf

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas atas ilmunya sungguh sangat membantu blog nya dan tulisanya untuk saya sebgai tracing baru hehe.

    ReplyDelete
  4. Sama-sama mas terimakasih juga kunjungannya

    ReplyDelete
  5. Gan..apakah smua dekoder support 4 LNB? Venus inova HD bisa 4 LNB gak?

    ReplyDelete
  6. Ya gan, Smua rx skarang dah support, trmasuk venus inova hd.

    ReplyDelete
  7. Ya gan, Smua rx skarang dah support, trmasuk venus inova hd.

    ReplyDelete
  8. klau kita pkai 2 lnb, jika di titik fokus thaicom 5, trs lnb yg satuny dpt satelit apa gan ??

    ReplyDelete
  9. maaf mas, kakak saya punya parabola bekas TOP TV, bisa dibikin buat parabola biasa ga yah? trus klo bisa LNB'nya pake yang apa yah? maklum pengunjung baru di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sudah tidak terpakai, jawabannya bisa dengan mengganti LNB dan receivernya. Jenis LNB bisa Ku band atau C band.

      Delete
  10. Tanya ya pak. Kalo pasang 4 lnb (arab) di solid dish 6 feet tanpa penggerak kira2 dapat sinyal 4 satelit ga ya? Makasih.

    ReplyDelete
  11. Mas, mau minta pencerahan.....
    untuk masalah banyak lnb dalam 1 parabola, sebenarnya hal ini sudah pernah saya tanyakan sebelumnya di topik ninmedia, cuma kurang tepat, jadi kembali kemari:
    Saya pasang 4 lnb (rencananya 6 lnb total) di parabola 7 feet, lnb yang digunakan type venus 788 combo cnsat6b-palapa-telkom-asiasat7, dan lnb single rencananya untuk cnsat6a dan asiasat5 di ujung2 combo, lnb combo sudah pabrikan jadi jaraknya sudah diatur(4,5cm dempet-10cm-4,5cm dempet), dan ketinggiannya dibuat berjenjang 6cm-4cm-4cm-1cm.
    Permasalahannya hingga saat ini saya belum dapat mengoptimumkan penerimaan channelnya. Bagaimanakah sebaiknya pencarian yg dilakukan, fokusnya ada di palapa, seharusnya kan sekali setel 1 satelit yang lain langsung mengikutinya sesuai jarak tsb.
    Terus mengenai ketinggian lnb, yang umum itu berapa? apakah sebaiknya dibuat rata saja, atau tetap berjenjang seperti itu.
    Kemudian untuk pemasangan 2 lnb yang lain, bagaimana mengatur ancar2 jarak lnb, mengingat parabola tsb tidak dapat diakses langsung lnbnya, jadi kalau mau merobahnya harus kendor lagi dan di miringkan.
    Mohon maaf, pertanyaannya mungkin agak kepanjangan..... terima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam satu parabola menggunakan banyak LNB memang kelemahannya tidak bisa optimal sinyalnya, hal ini karena LNB yang lain tidak berada pada titik fokus, terlebih jika parabola cuma 7 feet, jadi pada satelit yang terlalu dekat jaraknya tentu harus ngalah salah satu, jadi selain jarak adalah perlu mempertimbangkan posisi satelit dan beamnya juga menurut sya gan. Saya rasa anda bisa dan lebih pandai dari saya. terimakasih....

      Delete
  12. dengan dish offset 3 feet, satelit apa yang bisa ditangkap dengan sinyal yang bagus
    nuwun

    ReplyDelete
  13. COba chinasat 11, Thaicom 5 ku band, measat dsb.

    ReplyDelete
  14. Mas, mau tanya, ada beberapa kasus, untuk dish 7 feet, 2 LNB palapa (fokus) dan telkom, berapa jarak antara sisi LNB palapa dan telkom1?
    untuk azimuth palapa dari tempat saya 38.84 derajat, untuk telom satu 5.85 derajat. kalo pakai 2 LNB berapa azimuthnya ?

    ReplyDelete
  15. Untuk ukuran 7 feet, biasanya kalau saya antar sisi sekitar 1,5 - 2,5 cm gan.. klo azimuth cek di satelit map aja gan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.