Cara Memperbaiki HP (Tablet) tidak bisa di charge


Handphone atau tablet yang tidak bisa di cas atau saat di charge lambat penuhnya adalah hal yang sering terjadi bagi pengguna HP. Apalagi ada rekan kerja atau orang penting yang hendak kita hubungi, pasti akan menjadi sesuatu yang menjengkelkan bagi kita.Kebanyakan hal ini terjadi pada merk abal-abal alias duplikat, Itulah mengapa sebelum membeli HP (Tablet) sebaiknya cari yang lebih berkualitas. daripada membeli dengan harga murah tapi cepat rusak lebih baik cari yang lebih mahal sedikit tapi lebih terjamin. Misalnya Nokia, Sony Experia, Samsung, san sebagainya. Apakah anda juga pernah mengalami hal ini?. Jika ya berikut beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu.

Cara Menangani HP tidak bisa di cas

Ketika anda menggunakan HP anda apakah sering tidak dicas saat baterai sudah low? Jika demikian itulah salah satu penyebab mengapa baterai tidak bisa di cas lagi, karena jika baterai sudah terpakai habis, akan sangat sulit bisa dicas lewat charger colok biasa, untuk menanggulanginya cukup kita copot baterai, kemudian gunakan cas duduk untuk mengecasnya. setelah penuh baru dipakai lagi.

Kadangkala saat mengecas sambil digunakan menelepon, memutar musik atau video di HP, Hal ini juga menjadi salah satu pemicu kerusakan tidak bisa di cas, bahkan baterai menjadi soak. Jika anda sering melakukan hal tersebut maka segera untuk dihindari, agar Handphone dan tablet anda tidak mengalami kerusakan. Sebab kerusakan yang terjadi bisa lebih serius, yang membuat kita lebih sulit untuk memperbaikinya. 

Lalu jika saat baterai masih full atau separuh namun saat dicharger tidak mau jalan, berarti ada yang tidak beres dengan handphone tersebut. Berikut beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

  • Charger rusak atau kabel cas putus di bagian dalamnya, untuk itu coba ganti dengan charger lain jika mengalami hal tersebut. Namun jika masih sama, maka ada kerusakan dibagian handphone

  • Konektor HP kotor karena debu juga bisa menjadi sebab kenapa Handphone tidak bisa di cas, untuk menanganinya kita tinggal bongkar chasingnya kemudian dibersihkan dengan kuas dan dibasuh thinner.

  • Adanya jalur yang putus dijalur konektor cas, sehingga menyebabkan arus dari charger HP tidak mau masuk ke baterai. Untuk menanganinya bisa menggunakan multimeter, setelah itu langsung disambung saja pakai kabel.

Selain yang disebutkan diatas sebenarnya masih banyak mengenai penyebab tidak mau dicas, jadi jika HP anda mati dan tidak mau dicas lagi, sebaiknya kita coba ganti baterai lain, misalnya kita pinjam dulu ke teman-teman atau rekan sekitar, kalau bisa hidup besar kemungkinan penyebabnya adalah baterai sudah habis total alias kosong. 


Berlangganan update terbaru secara gratis:

6 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki HP (Tablet) tidak bisa di charge"

  1. min tablet ane aneh.. kalo dalam keadaan mati ngecas.. tapi kalo keadaan hidup kgk mau ngecas..
    itu gimana solusinya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ķkkkkkk.....tinggal ganti kabel usb nya...tiiinnng!! Selesai dee

      Delete
  2. Solusinya pakai destop saja mas, dan yang terakhir beli baru ra' iyo to mas

    ReplyDelete
  3. Min mau tanya dong tablet ku ga bisa d cas d pakein charger yg lain pun jg sama kenapa yaa? Waktu itu lama dibiarin lobet kelupaan trus mao ngecas gimana yaa itu? Kalo mau d copot batere nya ga bisa buka nya

    ReplyDelete
  4. Sebaiknya dibawa ke servis aja gan, bisa jadi karena konektor casnya patah, atau mungkin ada rangkaian bermasalah pada PSU

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.