Hal yang harus diperhatikan sebelum install ulang Laptop

Seperti yang kita tahu bahwa dizaman sekarang ini laptop/ komputer sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, terutama dikalangan pebisnis. Hal ini dapat kita lihat dengan semakin maraknya penjualan produk laptop dan PC di Indonesia. Dengan banyaknya orang yang menggunakan, semakin banyak juga orang membuka jasa servis komputer dan laptop. Namun tahukah anda hal yang perlu diperhatikan saat kita akan menginstal ulang laptop. Berikut ini beberapa tips versi masputz.com yang mudah-mudahan bisa diterima.
1. Spesifikasi Laptop
Saat kita akan menginstal ulang pemilik harus tahu spesifikasi komputernya seperti apa? dan mau diinstal sistem operasi dan apllikasi apa?. Karena pada dasarnya proses penginstalan OS harus sesuai dengan speknya, misalnya saat kita ingin menginstal windows 7 di PC yang masih menggunakan prosessor jenis pentium 4 atau Intel Celeron, RAM 512MB. Apakah bisa? Jawabanya bisa-bisa saja tapi akan memberatkan Komputer tersebut saat digunakan bekerja, bahkan bisa merusaknya. kalau ingin bukti ya silahkan dicoba sendiri, dijamin PC akan lemot bahkan mau booting saja susah. Oleh sebab itu cari informasi mengenai kesesuaian spek dengan versi OS atau aplikasi yang akan diinstal. 

2. Kegunaan Laptop
Berikutnya adalah mengenai penggunaan laptop itu sendiri, misalnya akan digunakan untuk pengetikan, accounting, Design grafis atau editor video dan foto dan sebagainya. Hal ini tentu membutuhkan aplikasi yang sesuai dan memadai. Jika untuk pengetikan wajib diinstal Aplikasi Office, Jika untuk accounting perlu ada tambahan aplikasi khusus accunting, misalnya MyOB, Excel, dan sebagainya. Kalau untuk Design grafis wajib menggunakan PC yang berkemampuan memadai, kebanyakan menggunakan Prosesor jenis AMD, RAM tinggi dan Grafik berkualitas. itulah sebabnya Komputer untuk design harganya juga cukup lumayan.

3. Pemakai Laptop
Kalau pemakainya para pelajar. biasanya ada banyak yang perlu diinstal, apalagi mereka masih butuh banyak mempelajari tentang aplikasi yang mungkin belum pernah diketahui, Namun jika digunakan untuk Para Pedagang yah paling-paling cukup diisi kalkulator kali ya. tapi nggak juga, kebanyakan sekarang anak muda jauh lebih pintar dalam pemakaian laptop dibanding orang dewasa. Bisa jadi karena para pelajar suka oprek-oprek laptopnya bahkan kadang sampai rusak. sungguh mengenaskan. berbeda dengan orang dewasa yang pemakaiannya hanya sebatas aplikasi tertentu biasanya. 

4. Lokasi pemakaian
Jika anda berada di rumah, kebanyakan pasti menggunakan PC (personal komputer) jadi diinstal yang standar-standar saja biasanya. Beda dengan di pabrik atau di Laboratorium, pasti yang diinstal bukan sekedar aplikasi yang umum kita pakai, karena kebanyakan software yang digunakan adalah software khusus, yang artinya dibuat untuk Organisasi atau orang tertentu. jadi tidak dipublikasikan ke masyarakat luas. 

Begitulah kira-kira opini saya mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstall laptop/ komputer. Kalau ada yang berpendapat lain ya silahkan monggo. Terus mengenai OS atau aplikasi yang digunakan adalah aplikasi resmi atau bajakan saya tidak mau membasnya toh kebanyakan di sekitar kita pakai bajakan. jadi itu terserah anda, mau berlisensi, bajakan, atau open source ya anda sendiri yang menentukan.

Selain hal diatas mungkin masih ada lagi, namun saya sudah ngantuk dan capek nulisnya, jadi sampai disini dulu ya, lain waktu disambung lagi.

Berlangganan update terbaru secara gratis: