Cara membuat jaringan wifi sendiri dengan mudah

Seiring dengan perkembangan zaman internet menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat terutama di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat dengan maraknya Warnet yang sudah masuk desa. Saking begitu banyaknya pengguna Internet di Dunia terutama di Indonesia, tidak heran jika anak masih SD saja sudah bisa menggunakan akses internet.

Dalam dunia Internet ada yang namanya Jaringan Hostpot/ Wifi (Wireless Fidelity) yaitu jaringan Nirkabel yang berfungsi untuk menghubungkan akses Internet dari Penyedia Jasa Internet ke User atau Pengguna disekitarnya. Biasanya Jaringan wifi ini menggunakan sebuah perangkat seperti router untuk sharing akses datanya. Itulah sebabnya seseorang dapat mengakses situs-situs web meski Laptop/ PC tidak terhubung secara langsung ke penyedia Jasa Internet (ISP).

Bisakah kita membuat wifi sendiri dirumah?
Jawabannya pasti bisa, karena pada dasarnya Wifi atau Hostpot hanya untuk sharing atau berbagi akses layanan data antar pengguna. Jadi walaupun Kecepatan akses data rendah, bukan menjadi kendala untuk mensharing akses Internet melalui Hostpot. Hanya saja kalau digunakan untuk browsing akan terasa lelet apalagi terhubung ke banyak user.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat JaringanWifi/ Hostpot?
mengenai hal ini sebenarnya Laptop saja sudah bisa digunakan untuk hostpot asalkan perangkat sudah mendukung wifi adapter. Namun kebanyakan di zaman sekarang ini laptop keluaran baru sudah mendukung layanan ini. Hanya saja jangkauannya tidak terlalu jauh. Agar bisa menjangkau lebih jauh maka kita membutuhkan Router wifi untuk membuat akses point, sehingga Akses data bisa di sharing ke pengguna lainnya.

Bagaimana cara membuat hostpot sendiri dilaptop dengan mudah?
Mengenai hal ini mari kita coba dengan memanfaatkan wifi adapter yang sudah tersedia di Laptop. Biasanya adapter wifi ini digunakan untuk menerima jaringan. dan sekarang akan difungsikan sebagai transmiter atau mengirim jaringan Hostpot.

Langkah-langkah Membuat Jaringan Wifi
1. Pastikan laptop sudah mendukung wifi adapter
2. Untuk lebih mudah Instal saja Aplikasi mhostpot (untuk versi gratis), connectify (untuk versi berbayar)  atau aplikasi lain yang sejenis.
3. Setelah Proses penginstalan selesai, selanjutnya aktifkan akses internet di laptop. Bisa melalui modem USB atau dari penyedia jasa Internet lainnya. baca cara setting modem
4. Buka Aplikasi untuk sharing hostpot, misalnya kita gunakan yang free saja yaitu mhostpot, berikut cara settingnya
  • Hostpot Name diisi dengan nama (bebas)
  • Sandi diisi dengan password bebas minimal 8 karakter
  • Internet Sumber dipilih dengan koneksi yang saat ini digunakan
  • Max klien diisi terserah, fungsinya untuk membatasi jumlah pengguna

5. Jika semua sudah diset tinggal kita klik Start Hostpot. Selesai

Begitulah kira-kira cara mudahnya membuat wifi sendiri dirumah, sehingga bisa dikoneksikan dengan Gadget, Tablet, Handphone yang mendukung jaringan wifi. Terakhir buat para master yang baca posting ini mohon agar dikoreksi jika ada kesalahan.

Berlangganan update terbaru secara gratis: