Cara Memperbaiki Lampu Emergency redup dan cepat habis

Lampu Emergency hidup bentar lama - lama redup bis tu mati, setelah di cek ternyata baterai dah aus,,, mw ganti baru harga baterai 6V 60K harganya waduh.... mahal bgt,,,, dari pada terbuang akhirnya ganti aja baterai bekas laptop yg masih bagus , cukup 2 buah dah terang nyalanya & awet lagi..... tapi tambah resistor ya agar gak cepet coid lednya karena 1 buah baterai laptop tegangan bisa sampe 4,3V kalo diukur pake multimeter,, jadi kalo diseri 2 buah bisa jadi 8,6 kan gan,,, padahal standarnya cuma 6V, makanya butuh sebuah resistor untuk menahan tegangan yg terlalu tinggi ato bisa juga pakai IC 7805 untuk menurunkannya. 


Selain itu sebenarnya bisa juga kita menggunakan baterai bekas HP atau tablet, dengan menggabungkan 2 buah baterai atau lebih, maka tegangan yang dibutuhkan akan terpenuhi. Bahkan biasanya baterai HP atau Laptop lebih tahan lama dan awet. 


Dari pengalaman diatas, perlu kita tahu bahwa dalam menangani lampu emergency yang cepat habis baterainya, bukan hanya disebabkan oleh baterai itu saja. Namun bisa juga disebabkan oleh hal yang lain, misalnya adanya beban yang menyebabkan tegangan pada baterai terkuras habis.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

23 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Lampu Emergency redup dan cepat habis"

  1. Replies
    1. Baterai HP 3,7 V, klo aki 4V gk ad kyknya gan

      Delete
  2. Saya punya lampu emergency philips tws 101, kondisi batre baru,
    Saat dihidupin, hidup dan langsung mati,
    Mohon bantuannya apa yang menjadi kerusakannya?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu pake pakai rangkaian inverter didalamnya mas, sebaiknya saat pergantian baterai baru jangan langsung dipakai. Akan tetapi charger dulu semalaman. Kalau masih tetap juga silahkan kirimkan foto rangkaiannya ke email saya di contact mas. Mudah-mudahan saya bisa membantu. Karena tidak ada screen shotnya, agak susah memprediksinya. Masalahnya terkadang struktur rangkaian ada yang berbeda.

      Delete
  3. Mau nanya gan kalo tws 101 ada sticker self life expiry date.
    Maksudnya apa ya?
    Masalah gak kalo kita beliyg expirynya 2 bulan kebelakang?

    ReplyDelete
  4. Saya mau mamfaatkan lampu led emergensi yg ga nyala gara gara batere uda soak, pake batre motor 12 volt. Cara nurunkan tegangang 12volt mjd 6volt gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Resistor saja bisa gan kalau untuk LED, tapi lebih bagus pakai IC 7806 atau pakai Zener 6,3Volt

      Delete
  5. Mas saya punya lampu emergency lamp merek CMOS, kemarin baru ganti battery tapi pas dicolok kelistri indikator pengisian mati saat posisi lampu diposisi nyala saat dicolok harusnya mati tapi ini tetep nyala....Apakah ada yang salah dirangkaian biasanya komponen apa yang bermasalah

    ReplyDelete
  6. Rangkaian Charger bermasalah gan, Ganti aja bekas HP (untuk 3,7 Volt) atau charger Tablet (Untuk 6V)

    ReplyDelete
  7. Kalau batere hp di pararel 2 buah apakah nyala lampu nya akan lebih lama?

    ReplyDelete
  8. Iya gan, kutub positif dihubungkan dengan positif, negatif dengan negatif pada kedua baterai. Sehingga mAh bertambah tetapi tegangan tetap.

    ReplyDelete
  9. Iya gan, kutub positif dihubungkan dengan positif, negatif dengan negatif pada kedua baterai. Sehingga mAh bertambah tetapi tegangan tetap.

    ReplyDelete
  10. Saya punya lampu emergensi merk philip jenis lampu tl neon, MASALAHNYA ketika dicas saat batere habis yg ditandai lampu undikator merah hanya sebentar langsung penuh yg ditandai lampu indikator hijau, pernah batere di lepas dan di cas pake alat cas aki motor dan penuh serta lampu menyala normal dg durasi normal, tapi ketika di cas lg pd lampu emergensinya kejadian yg sama berulang, apakah rusak atau masalahnya apa lampu emergensi tsb? Terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  11. Kemungkinan kerusakan pada rangkaian charger, khususnya bagian pendeteksi baterai penuh. COba dicopot saja rangkaian pendeteksinya. Jadi setelah melalui rangkaian penyearah langsung dihubungkan ke baterai, Jika sudah normal, berarti ganti saja rangkaian yang rusak tadi. Atau ganti saja rangkaian chargernya didalam lampu emergency dengan membuatkan yang baru.

    ReplyDelete
  12. mas bisa tolong bantu saya kah saya mau memperbaiki rangkaian inverter philips tws 101 18w , biasanya kerusakanya pada komponen apanya ya.....trimakasih

    ReplyDelete
  13. la gejala kerusakannya seperti apa?

    ReplyDelete
  14. Mas kalo untuk pengganti baterai lampu emergency kita bisa ganti sama aki atau baterai kering yg di pakai untuk motor ga ya tp dg volt yg sama

    ReplyDelete
  15. Sangat bisa gan kalau tegangan terlalu besar berikan resistor dengan hambatan yang agak tinggi.

    ReplyDelete
  16. Mas saya punya emergencyligy philips type tws200 lampu baru dinyalain langsung secara perlahan mati...itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  17. Saya punya senter emergency merk CMOS..cahaya bolhamnya
    redup walau sudah di charge..kira2 kendala kerusakannya dimana yaa mas..trimakasih sblmnya..

    ReplyDelete
  18. Bisa jadi LEDnya bisa juga baterainya gan, jadi cek satu persatu gan

    ReplyDelete
  19. Permisi mas aku mau nanya lampu emergency merk cmos rencana tak ganti battrey motor apa aja yg hrus di ganti trus penyusunan kaBel2 sy lupa di mana mana mas pasangnya?

    ReplyDelete
  20. cukup tambahkan resistor 460 ohm sebab tegangan yang dibuthkan 6V sementara baterai motor 12V. atau bisa juga ditambahkan IC 7805/ 7806 untuk menurunkan tegangannya. Sedangkan untuk chargerjuga diganti sebab amperenya terlalu kecil.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.