Cara Lock Satelit Ses 7 dan Measat Ku dalam satu dish

Satelit measat ku band berada pada 91BT sedangkan SES7 S band berada pada 108,2E jadi sebenarnya berlawanan arah. namun dengan memodifikasi letak LNB kita bisa melock nya dengan menggunakan satu dish, karena dish yang kita gunakan adalah jenis offset. Untuk itu kita bisa memakai bekas dish pay TV seperti Indovision, Big TV, Astro dan sebagainya.

Untuk arahnya bisa dengan menghadap ke timur atau ke barat. Biasanya yang menghadap kebarat dish agak turun sekitar 45 derajat sedangkan jika menghadap ke timur maka dish agak sedikit naik, Itulah mengapa terkadang air akan tergenang jika menghadap ketimur. Meski begitu tidakada salahnya jika anda mau mencobanya.

Untuk yang menghadap ke timur tentu kita harus lock dulu salah satu satelit, karena hadap ke timur bagusnya lock dulu satelit measat ku dengan frekuensi terkuat 10982/V/30000 , setelah itu baru lock sat Ses7 dengan memasukkan salah satu frekwensinya yaitu 2538 H 22500, lalu tracking dengan cara dipegang pake tangan sambil melihat intensitas signal di TV, kalo dah lock baru buatlah modif peletakan dish ses7 tadi, bisa menggunakan lempengan besi kemudian dibor atau bisa pake besi yang sudah berlubang. nah biasanya letak lnb s band berada diatas lnb ku band,
Sedangkan jika dish menghadap ke barat maka yang dilock dulu bagusnya adalah ses 7 atau terserah mana yang agan suka yang jelas ses7 berada di bawah measat ku band caranya sama seperti diatas, untuk setting LNB di receiver pilih yang Universal untuk jenis LNB ku Band dan pilih 3620 untuk LNB jenis S band.. semoga membantu.. terimakasih..

Berlangganan update terbaru secara gratis:

60 Komentar Untuk "Cara Lock Satelit Ses 7 dan Measat Ku dalam satu dish"

  1. Brpa cm jarak lnb s/ku band ke dasar tengah dish bkas telkmvsion (d=90cm)? Trims...

    ReplyDelete
  2. Kalau itu diperkirakan saja gan, dengan lock salah satu satelit dulu kemudian sat lain dengan cara dipegang, kalau dah lock baru dipasang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dari jawa barat, punya dish bekas indomie ingin dapet satelit thaicom atau measat3 caranya bagaimana ya? Terimakasih

      Delete
    2. LNB nya ganti sama Ku band gan terus receiver sebaiknya sudah mpeg4/HD

      Delete
  3. Gan sy mau lock ses7 sm ninmedia posisi lnb ku band nya posisi nya di atas apa di bawah dan berapa jarak nya dgn ses7

    ReplyDelete
  4. Ses7 berada di 108 derajat sedangkan ninmedia berada di 98 derajat. Terpaut 10 derajat.Jarak juga bergantung ukuran dish, semakin kecil dishnya semakin dempet. Jadi silahkan coba sendiri ses 7 bisa diatas ninmedia/ dibawahnya jiga bisa.

    ReplyDelete
  5. untuk lnb s band single out posisi lnb nya berapa derajat ya, pak? terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Sama dengan telkom 108 derajat

    ReplyDelete
  7. kalo untuk arah lnb ses 7 ke sebelah mana ya, pak?

    ReplyDelete
  8. Untuk konektor menghadap ke utara / selatan. Sedangkan arah Dish/ LNB bisa ditimur atau dibarat. Seperti gambar diatas.

    ReplyDelete
  9. gan..ini sdh dpt astro yg hd...yg sd gak dpt...gmna cara ny biar yg sd nyantol?

    ReplyDelete
  10. Kalau HD sudah nyangkut otomatis SD sudah. Karena signal lebih kuat yang SD, coba scan frekwensi untuk SD saja, caranya lihat daftar frekwensi measat3 dan cari TP yang SD.

    ReplyDelete
  11. sore ms putz, chanel di astro measatku kenapa sebagian chanel ada yg stabil, sebagian lg ada ga stabil sering drop sinyalnya. kenapa ya ms?
    sy pake dish indov menggunakan desq, tkp jogja.
    mohon solusinya ms, klo ada CP biar gampang tanya2,trimakasih

    ReplyDelete
  12. Kemungkinan arah parabola dan pemasangan LNB kurang tepat gan, untuk kontak saya silahkan buka laman contact form diatas.

    ReplyDelete
  13. Ane mau praktekin gan...tpi masalahnya ane g berani utak atik posisi LNB S BAND nya....soale punya tetangga hehe... ane mau nebeng gitu critanya....jadi otomatis posisi LNB S band dan dish nya g mungkin tak rubah2 lagi..takut rusak soale....

    Jadi kira2 posisi lnb ku band untuk nangkep satelit measat 3 posisinya kira2 sebelah mananya lnb S BAND? thank gan sebelumnya...moga sukses selalu

    ReplyDelete
  14. Berarti jika dish indomie s band ke arah barat, kita letakkan lnb kuband di bawah lnb s band.

    ReplyDelete
  15. Jika dish menghadap kebarat lnb kuband measat diats lnb s band ses7

    ReplyDelete
  16. Sip mantap mas, terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. saya traking satelit ses7 sudah robah2 arah disk tetap sinyal nol. saya pekai disk top tv lmb matrix ku band mk II rx HD

    ReplyDelete
  18. Klo untuk SES7 Kuband jangan lupa atur frek LNB ke Universal. Kalau diatas SES 7 S band gan. Silahkan dicek dulu

    ReplyDelete
  19. selamat sore gan..Gan saya punya dish bekas orange TV...rencananya mau di tambah lnb s band....boleh Kasih tutorialnya gan....kirim ke email saya gan hiddenproxy1987@gmail.com terima Kasih gan

    ReplyDelete
  20. Selamat sore juga, untuk email silahkan isikan form contact diatas.

    ReplyDelete
  21. Ana mau lock astro ama indomie Tp Yg indomie Nya ngak tau Tp /transponder Nya. Tkp malaysia

    ReplyDelete
  22. Kan dah ditulis diatas, stelah dapat signal tinggal di blind scan aja

    ReplyDelete
  23. Saya sudah ikutin semua tutorial dari mas putz dari satelit measat 3 maupun ABS2A ko g da yg nyangkut ya mas?? QS kosong. Pdhl chinasat11 bisa tuh. mohon bantuannya apa yg salah. TKP CIREBON Jabar.

    ReplyDelete
  24. Lokasi Jabar dengan dish offset + LNB ku band - arah barat yang mudah measat 3, chinasat 11, thaicom 5 dan ABS2.
    COba tanpa pakai switch dan dengan sebuah LNB saja.

    ReplyDelete
  25. Siang bro, bisa tutor pribadi, rencana mau track ses7 dan measat(astro), perlengakapan : dish bigtv, LNB Ku band bigtv, dan LNB Sband (okevision), semua sdh terpasang posisi LNB Kuband (tetap) dan posisi Sband (diatas Ku band), receiver make kaonsat IMAX 899 HD, signal 98/100, quality signal 0, dish sdh diputar 360 derajat tdk ada perubahan, mohon pencerahanx trims)

    ReplyDelete
  26. Pastingan settingan di receiver sudah benar, kalau bisa lock dulu salah satu satelit tanpa menggunakan switch. misalnya measat 3a/b. Yang paling mudah dish menghadap ke barat. Jika sudah lock measat barulah lock ses 7

    ReplyDelete
  27. Mas putz kalau saya mau pasang lnb c band dan ku band di satu dish mau lock measat/chinasat dan palapa d/telkom prinsipny sama ya seperti tutorial diatas?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Tergantung dish yang digunakan, kalau yang agan maksud mungkin dengan dish prime fokus, caranya tentu agak berbeda. LNB untuk satelit apa yang akan dipasang pada fokus parabola. Nah yang lain nanti menyesuaikan dan Perhatikan masing-masing derajat satelit. Kalau menurut saya yang dipasang pada fokus sebaiknya telkom/chinasat. Untuk jaraknya tergantung ukuran dish yang dipakai.

    ReplyDelete
  29. chanel fta s band sat. ses 7 apa aj gan?

    ReplyDelete
  30. klo gk salah cuma "info channel" aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusan mana Chinasat 11 sama ABS 2 gan?
      kelebihan dan kekurangannya gan??? trims...

      Delete
  31. Wah kalau itu ndak bisa jawab saya gan,

    ReplyDelete
  32. MAS PUT KLW SAYA MAU NANGKAP MEASAT3( ASTRO ) DI DISH INDOVISION ( ARAH SES7 ( SEPEIRNG BERDUA ) TAPI TIDAK MERUBAH ARAH ANTENA INDOVISION BISA GGA YA ? , MAKSUD SAYA YANG DI OTAK ATIKNYA LNB UNTUK MEASATNYA AJA ...

    ReplyDelete
  33. Agak sulit kalau au itu gan, sebab LNB untuk measat terlalu kebawah dan susah dapat sinyal, sebaiknya naikkan agak tegak dikit baru bisa, hanya saja harus membuatkan kedudukan untuk LNB S band, karena agak keatas dikit nanti posisinya.

    ReplyDelete
  34. gan sya pake dish d:80cm klo dah lock kuband chinasat11(ninmedia)pngn lock ses7 indovsion kira2 posisi lnb s bandnya dmna?
    mnrut agan lbh bgus mna lock ninmedia/ses 7 dlu. klo bgus ses7 dlu nnti lnb ku kira2 posisi dmna dri lnb sband. dish mnghdap barat...mksh sblumnya

    ReplyDelete
  35. LNB S band berada dibawahnya seperti gambar diatas bagusnya, klo menghadap ke timur nanti chinasat 11 minim signalnya.

    ReplyDelete
  36. klo liat gmbar brarti lebih mudah lock chinasat 11 dlu y mas bru ses7.
    mksh atas ilmunya.

    ReplyDelete
  37. dperhtiin baik2 pmsangan lnb ku itu prlu ring tmbhan y mas bukan d ujung tiang fokus standarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak dikasi juga gpp mas dipaskan pada fokusnya, Foto yang diatas itu memang saya tambahkan plat keatas agar SES7 mendapatkan signal lebih maksimal.

      Delete
  38. Kalau pengalaman saya justru SES7 yang lebih mudah mas. Sinyalnya melimpah, tapi tergantung lokasi juga. Tapi memang keduanya bisa dibilang mudah kok mas cara trackingnya.

    ReplyDelete
  39. Mas saya pakai dish bawaan indovis, mau lock chinasat11 dan ses7. Kalau Dish digeser menghadap kebarat. Terus pertama lock chinasat11 dlu, brati letak lnb sband bawaannya di copot digunakan untuk Ku band nya ya mas?
    Setelah lock chinasat. Baru traking Ses7 nya dibawah posisi lnb ku band pakai tangan/manual. Setelah dapat lock baru dibuatkan lubang/modifnya.
    Mohon koreksinya mas.

    ReplyDelete
  40. Ya benar sekali Mas, silahkan dicoba dulu nanti klo kesulitan bisa bertanya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya sudah berhasil lock chinasat11 dan ses7, mas putz. sekarang bagaimana cara saya membuat 1 dish yang lock 2 sat tadi untuk 2 receiver? penggabungan saya pakai diseqc 2 in 1 out. status LNB single out semua.

      Delete
    2. Tinggal belikan saja multi switch double out langsung pasang

      Delete
  41. Gan..
    Posting juga dong daftar siaran di setiap satelit...
    Yang mana fta dan yang mana berbayar yang bisa di biss key..

    ReplyDelete
  42. Okelah gan lain waktu akan saya update di blog khusus www.tvparabola.net

    ReplyDelete
  43. mas makasih mas sangat membantu sekarang sudah bisa lock chinasat11 dan ses7 (pertama manual pake tangan ampe pegel baru bikin dudukan)

    Ada 1 dish bekas lagi kira2 lock thaicom5 daerah jawa barat bisa engga ?
    thaicom5 bisa di gabung sama sat apa ya :D

    ReplyDelete
  44. Klo di jabar masih bisa mas, gabungin sama satelit terdekat misalnya Apstar7, ST2, ABS2

    ReplyDelete
  45. Mas saya sudah lock nin dan ses7. Kalau mau berlangganan resmi caranya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas posisi dimana terus itu dua lnb satu piring?

      Delete
  46. Cari distributor pay tv terdekat

    ReplyDelete
  47. mas saya mau tambah lnb s band , lokasi di bdg status sekarang ku band dish mengarah ke arah barat sedikit ke utara udah lock chinasat 100 SP 90%dan SQ85% dish yang saya pakai dish ex orangetv diameter 60cm sendainya saya mau pasang lnb S band apa saya harus menggeser kiri-kanan dish atau dish tetap posisi lock chinasat?terus posisi lnb berada dibawah ku band ? atau disamping kiri-kanan ? terima kasih

    ReplyDelete
  48. Posisi LNB S band berada di bawah LNB ku band, sama seperti gambar diatas

    ReplyDelete
  49. Mas Putz, saya punya dish orangetv , bisa ngga ya di pake buat lock Astro? Thx

    ReplyDelete
  50. Malam mas putz..apa bisa untuk sepiring bertiga ses7, sky net dan measat, klo untuk sekarang saya lock apstar 7 dan ses 7 rencana mau tambah satu ku band lgi, sebenarny untuk posisi apstar 7 uda ikutan thaicom ku band, artinya uda ber3.thanks

    ReplyDelete
  51. Sepertinya ndak bisa gan, sebab skynet terlalu jauh, klo ses7 dengan measat bisa gan.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.