Cara Tracking Ninmedia Dengan Parabola Prime Fokus

Cara tracking ninmedia di satelit chinasat 11 dengan menggunakan dish prime fokus sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan dish offset. Sebagian orang ada juga yang beranggapan kalau LNB kuband hanya bisa digunakan pada dish mini atau offset saja. Mungkin hal ini karena yang sering mereka lihat adalah dish yang biasa dipasang pada TV berlangganan. Namun yang perlu diketahui bahwa LNB ku band ini ada yang khusus untuk jenis offset maupun fokus. Bedanya hanya pada scalar ring yang digunakan. Umumnya LNB jenis fokus ukurannya lebih panjang ketimbang dish offset. Begitu juga dengan harganya yang jauh lebih mahal dari LNB ku band offset.

Seperti yang sudah admin masputz.com praktekkan kemarin untuk tracking freesat ninmedia Indonesia di satelit chinasat 11 98,0°E dengan menggunakan jenis LNB kuband offset, namun dipasang pada dish prime fokus solid. Ternyata hasilnya juga tidak mengecewakan, sinyal yang didapat cukup bagus ketimbang menggunakan dish offset. Sebenarnya saya hanya ingin mengetahui kualitas sinyal yang didapat jika tanpa memodifikasi LNB ku band tersebut. Karena untuk membeli LNB ku band jenis fokus harganya juga lumayan mahal, yakni sekitar 250 ribuan. Kalau beli yang jenis offset tentu jauh lebih murah, yaitu sekitar 50 - 70 ribu rupiah saja. Cara ini bisa jadi solusi buat anda yang ingin lock channel hosting ninmedia, namun tidak punya dish bekas pay TV atau sulit mendapatkan dish offset. Oleh karena itu berikut akan saya share bagaimana cara tracking ninmedia dengan parabola biasa.

Cara Tracking Ninmedia Dengan Parabola Prime Fokus

Cara Tracking Ninmedia di Chinasat 11 Dengan Parabola Fokus

Sebelum melakukan tracking tentu anda harus mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan untul lock satelit chinasat 11 98,0°E ini. Untuk itu berikut adalah bahan yang harus ada sebelum tracking channel lokal di penyedia hosting ninmedia.

Bahan yang diperlukan

  • Parabola prime fokus minimal 6 feet, boleh jenis solid maupun jaring.
  • LNB Ku band offset, kalau ada yang prime fokus tentu lebih bagus.
  • Receiver digital parabola Mpeg4 atau HD FTA
  • Kabel + baut konektor
  • Bracket LNB
  • Televisi/ monitor.


Cara Memasang LNB Ku band Pada Dish Prime Fokus

Untuk pemasangan LNB saya gunakan bekas bracket Twin LNB C band. Pada lubang titik fokus kita pasang saja LNB kuband tadi dengan cara dibaut. Saya rasa ini sangat mudah, karena sudah ada lubang baut untuk LNB. Pemasangannya tidak terlalu dalam pada bracket/ kedudukan, cukup di paskan saja dengan bibir LNB untuk bautnya. Untuk arah konektor bisa keutara atau selatan, sama seperti memasang pada dish offset.

memasang lnb kuband
Setelah proses pemasangan diatas selesai, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa LNB benar-benar kuat dan tidak mudah goyang, selanjutnya pasang kabel pada konektor LNB dan hubungkan ke receiver parabola. selain itu pastikan LNB berada dititik fokus parabola, agar sinyal yang didapat saat tracking satelit chinasat 11 kuband ini melimpah.

Cara Setting Satelit di Receiver Parabola

Berikutnya adalah melakukan setting pada receiver parabola, kali ini jenis receiver yang saya pakai adalah Matrix Starlink V HD Ethernet. Sebab saya rasa receiver tersebut masih bisa jadi andalan saya saat tracking channel di satelit format mpeg4/HD. Kalau pakai Extra HD, Getmecom, Tanaka rasanya kurang peka terhadap sinyal dan info signal terlampau tinggi. Tapi ini bukan promosi ya, hanya sekedar sharing. Baiklah langsung saja berikut langkah-langkah untuk setting di receiver.

langkah-langkah untuk setting di receiver
  • Pastikan receiver dalam keadaaan baik dan sudah terhubung dengan monitor/ TV.
  • Tekan menu pada remote dan pilih instalasi.
  • Pilih daftar satelit dan tekan OK pada remote
  • Tambah satelit baru, jika belum ada nama satelit chinasat 11 didalamnya, dengan cara menekan tombol merah di remote
  • Isilah nama satelit sesuai dengan yang akan di lock. Misalnya "Chinasat 11" , kemudian klik OK jika sudah selesai.
  • Kemudian setting pengaturan antenanya seperti pada gambar nomor 2 diatas yaitu:
Tipe LNB : Ku band
Frekuensi LNB : 9750-10600 atau Universal
22KHz : Otomatis
Daya LNB : Hidup/ ON
Mode Diseqc : bisa diabaikan (khusus jika menggunakan switch diseqc)
  • Kembali ke menu - instalasi dan pilih daftar transponder, kali ini kita masukkan transponder baru ninmedia di chinasat 11 seperti no.3 diatas. 
  • Caranya adalah dengan menekan tombol merah pada remote, kemudian isikan transponder ninmedia berikut;
Frekuensi : 12500
Polarisasi : Vertikal
Simbol Rate : 43200
Mpeg4 / FTA
  • Lihat informasi signal pada receiver, kemudian lakukan tracking satelit chinasat 11 tersebut dengan melihat informasi sinyal yang didapat.

Panduan Tracking Satelit Chinasat 11

Setelah proses pengaturan direceiver sudah OK, langkah berikutnya adalah tracking. Untuk caranya adalah dengan mengarahkan dish parabola prime fokus tegak keatas, kemudian geser sedikit saja agak kebarat. Kemudian kemiringan dish juga agak ke utara untuk posisi di tempat saya. Kalau didaerah anda belum tentu akan sama, tapi biasanya beda-beda tipis saja kalau diwilayah Indonesia. 

Informasi sinyal ninmedia
Pastikan info sinyal sudah didapatkan secara maksimal, kalau saya kemarin dapat 58% dengan LNB offset, kalau pakai jenis fokus tentu lebih bagus sinyalnya. Langkah selanjutnya adalah kunci semua baut parabola termasuk pointing, penyangga LNB dan sebagainya, kemudian lakukan blind scan pada receiver, maka akan ada puluhan channel lokal gratis FTA di satelit chinasat 11 ini.

Mengenai apa itu ninmedia dan daftar channel lengkapnya anda bisa baca pada postingan saya sebelumnya mengenai frekuensi ninmedia terbaru dan daftar channel di chinasat 11Sedangkan jika anda ingin menggabungkan satelit ini dengan yang lain anda bisa juga baca cara lock satelit chinasat 11 dan measat3 dengan satu dish.

Demikianlah sedikit pengalaman saya tentang cara tracking ninmedia dengan parabola prime fokus. Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar dibawah dan semoga pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Cara Tracking Ninmedia Dengan Parabola Prime Fokus"

  1. Min tolong dong, minta pengaturan lnb combo???

    ReplyDelete
  2. Pengaturan untuk lock apa?, secara umum LNB combo terdiri dari LNB C band dan KU, jadi setting saja pengaturan antena di rx sesuai LNB nya.

    ReplyDelete
  3. Memang bisa ya Min, kuband prime fokus bisa dipasang pada dish jaring?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.