Cara Mengganti Kit Power Pada Speaker Aktif Biar Mantap

Speaker aktif yang biasa di jual dipasaran umumnya menggunakan power 2 x 30 Watt. Yaitu dengan memakai Transistor final TIP 41/42 atau TIP 31/32. Bagi sebagian orang mungkin speaker aktif tersebut sudah bisa dibilang mantap. Namun terkadang ada juga yang kurang puas dengan suara yang dihasilkan oleh speaker aktif tersebut. Jadi untuk mendapatkan hasil suara yang maksimal, kali ini masputz.com akan berbagi cara agar daya yang dihasilkan speaker aktif tersebut jadi lebih kuat.

Kebetulan kemarin saya dapat job disuruh memperbaiki speaker aktif. Gejala kerusakannya adalah suara yang dihasilkan tidak bisa ngebas dan cenderung berisik. Setelah saya bongkar ternyata kerusakan ada pada rangkaian powernya. Yakni salah satu TR final ada yang putus, jadi suaranya jadi pelan dan terdengar prek-prek. Kalau biasanya TR final rusak short (konslet), suara yang terdengar hanya dengung saja. Oleh karena itu untuk memperbaikinya harus diganti Transistor tersebut dengan yang baru/ masih bagus.

Setelah saya bilang sama pemiliknya, ternyata malah minta ganti saja kit powernya sekalian biar mantap katanya. Kalau saya sendiri sih bebas saja, mau ganti TR atau ganti kit power sekalian juga tidak ada masalah. Tapi untuk memenuhi kepuasan pelanggan akhirnya saya turuti saja dengan mengganti kit powernya. Seperti yang dapat anda lihat pada gambar dibawah ini adalah kit power bawaan speaker aktif (atas) dan kit power amplifier 200 Watt sebagai  penggantinya. Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara menggantinya berikut ulasannya.

Cara Mengganti Kit Power Pada Speaker Aktif Biar Mantap

Cara Mengganti Kit Power Speaker aktif

Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah peralatan dan bahan yang akan dipasang. Untuk itu rinciannya adalah sebagai berikut:
  • Kit Power Speaker aktif, saya pakai yang 200 Watt dengan TR final 2955 dan 3055.
  • Dioda Bridge
  • Dioda zener 12 V dua buah
  • Elco 4700uf/35V 2 buah
  • Elco 100uf/25V 2 buah
  • Resistor 470 ohm
  • Resistor 220 ohm
Setelah bahan diatas sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah merakitnya untuk dipasang pada box speaker aktif. Berikut langkah-langkahnya.

Membuat Power Supply Simetris 24VDC

Untuk membuat power supply sebenarnya sudah saya posting sebelumnya pada membuat power supply hight power amplifier. Namun kali ini akan saya ulang kembali bagaimana cara mudah merakitnya dalam bentuk gambar ilustrasi berikut:
membuat power supply
Setelah merakit power supply diatas, maka langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian penurun tegangan sederhana untuk mencatu daya rangkaian tone control dan subwoofernya. Hal ini karena kebutuhan tegangan pada kit tone control berbeda dengan rangkaian [pwer. Selain itu disini cuma ada satu trafo 3Ampere yang dipakai. Untuk itu berikut ilustrasi rangkaian penurun tegangannya.

Rangkaian Penurun Tegangan Untuk Tone Control

rangkaian penurun tegangan
Pada ilustrasi penyambungan komponen diatas dapat kita lihat tegangan 24V dari power supply untuk power diturunkan menjadi 12V DC. Selain itu arus juga diturunkan menggunakn resistor 470 ohm dan 220 ohm. Nah tegangan out tersebut dihubungkan ke rangkaian tone control bawaan speaker aktif. Kemudian pasang dan tata masing-masing kit dan rangkaian pada box speaker aktif dengan kuat. Oh ya jangan lupa tambahkan headsink (pendingin) untuk power 200 watt diatas. Sebab headsink bawaan sangat kecil jadi perlu ditambah.

kit power 200 watt
Setelah proses diatas selesai barulah kita hubungkan ke masing-masing rangkaian. Caranya cukup mudah, jadi tidak perlu dijelaskan lebih detil, sebab pada kit rangkaian sudah tertera tulisan untuk masing-masing sambungan. Misalnya untuk power sudah tertera +24V , 0 (Ground) dan -24V. Jadi langsung sambungkan saja. Sedangkan pada tone control ada 6 buah kabel yang terdiri dari 3 buah kabel out dari tone control dan 3 buah kabel untuk catu daya 12V.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan 3 buah kabel out dari tone control ke input power. Masing masing adalah R (Right), L (Left) dan 0 (ground). Dan langkah terakhir adalah menghubungkan speaker 8 ohm ke rangkaian power. Disitu juga sudah tertera tulisannya, dimana terdiri dari R speaker, L Speaker dan Ground. Untuk R speaker dan Ground hubungkan dengan speaker yang ada didalam box. Kemudian L speaker dan ground hubungkan ke out RCA untuk box speaker satunya.

speaker aktif

Jika semua sudah selesai tinggal kita coba dulu apakah rangkaian sudah bekerja dengan baik atau belum. Coba berikan input audio dari smartphone android, laptop, dvd player atau apa sajalah. Kalau dirasa sudah mantap, langkah terakhir adalah menutupnya kembali. Kalau sudah demikian bisa kita coba lagi untuk mendengarkan hasilnya. Itulah tips singkat mengenai cara mudah mengganti kit power speaker aktif. Cara ini bisa juga diterapkan jika kit power bawaan sudah rusak total. Yang penting trafo dan tone control masih bisa berfungsi dengan baik. Baca juga tentang cara mudah merakit speaker aktif. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara Mengganti Kit Power Pada Speaker Aktif Biar Mantap"

  1. mas mau tanya , speaker saya kadang bunyi keras seperti over power, padahal vol baru dibuka 50%. kadang2 juga vol jadi turun kyk kurang power. kira2 bagian apa ya yg error.

    trimakasih

    ReplyDelete
  2. mungkin potensionya gan, coba diganti

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.