Kelebihan dan Kekurangan Energi Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Energi listrik tenaga surya merupakan salah satu energi alternatif jika pembangkit listrik utama tidak ada.Sumber energi ini sifatnya terus berkelanjutan dan diperbaharui secara terus menerus.  Umumnya PLTS ini banyak dipakai pada daerah-daerah yang tidak terjangkau pembangkit listrik pemerintah. Sehingga sebagai alternatif orang memanfaatkan tenaga matahari untuk dikonversikan menjadi energi listrik. Dilihat dari bentuknya PLTS ini terdiri dari panel surya yang dipasang diatas rumah-rumah atau di daerah yang lapang dan mudah terkena sinar matahari. Didalam panel tersebut terdapat sel fotovoltaik yang mampu merubah energi matahari menjadi energi listrik. Meski begitu penggunaan energi listrik tenaga surya juga ada kelebihan dan kelemahannya. Untuk itu berikut adalah ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Energi Listrik Tenaga Surya (PLTS)

1. Ramah lingkungan
Tidak seperti pembangkit listrik lainnya yang membutuhkan generator listrik untuk menghasilkan energi listrik. Panel surya akan menghasilkan energi listrik jika terkena sinar matahari. Sehingga bisa kita katakan bahwa ini adalah energi gratis. Tidak ada suara bising yang terdengar saat peralatan ini bekerja. Sehingga tidak akan mengganggu orang - orang disekitarnya. Selain itu tidak ada limbah / polusi yang dihasilkan dari penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini.

2. Tidak membutuhkan bahan bakar
Dalam pengoperasiannya tidak membutuhkan bahan bakar seperti bensin, solar dan sebagainya. Ini merupakan salah satu keuntungan karena sangat mengirit biaya (bahkan gratis) dalam penggunaanya.

3. Sumber energi yang berkelanjutan
Karena energi berasal dari matahari, tentu sumber energi ini tidak akan habis sebelum kiamat. Jadi selama ada sinar matahari panel surya akan tetap bisa bekerja untuk menghasilkan energi listrik setiap harinya. Makanya tidak sedikit orang mengatakan bahwa PLTS ini merupakan energi masa depan.

Kekurangan Listrik Tenaga Surya

1. Harga pemasangan/ pembuatan relatif mahal
Untuk biaya pemasangan satu rumah saja relatif mahal. Apalagi jika kebutuhan energi listrik cukup tinggi. Maka akan banyak membutuhkan panel surya dan baterai sebagai penyimpanannya.

2. Tidak berfungsi dimalam hari.
Hal ini tentu sudah jelas, sebab panel surya hanya dapat bekerja jika ada matahari. Maka dimalam hari biasanya digantikan dengan baterai penyimpanan yang sebelumnya sudah dicharge disiang hari.

3. Membutuhkan perangkat tambahan dalam pemakaiannya.
Umumnya setelah dari panel surya tegangan yang dihasilkan adalah arus searah (DC), jadi agar bisa menjadi tegangan AC (bolak-balik) membutuhkan perangkat tambahan seperti converter DC to AC. Untuk menaikkan tegangan membutuhkan inverter dan sebagai penyimpanannya membutuhkan baterai.

Dari beberapa hal diatas mungkin masih ada beberapa keunggulan dan kelemahan lainnya. Untuk itu jika ada yang lain silahkan berkomentar. Lihat juga mengenai kelebihan dan kekurangan listrik prabayar dan pascabayar. Terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Kelebihan dan Kekurangan Energi Listrik Tenaga Surya (PLTS)"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.