Servis Power Amplifier TOA Cuma Mendengung

Jenis Power Amplifier merk TOA umumnya banyak digabungkan dengan jenis speaker corong. Produk tersebut memang dikhususkan untuk jenis speaker tersebut, oleh sebab itu jenis amplifier ini banyak dipakai di masjid-masjid atau musholla. Nah kebetulan kemarin admin dapat job untuk servis jenis power amplifier ini. Kerusakannya adalah saat dinyalakan cuma mendengung saja bunyinya. meskipun sudah dicolok mic atau diberikan input audio, tetap saja dengung keras yang terdengar. Oleh sebab itu saya putuskan untuk membongkarnya.

Dalam proses perbaikannya saya dapati jenis power ini menggunakan 2 buah Transistor final jenis NPN saja yaitu C5198. Sebelumnya saya sendiri curiga kalau Transistor tersebutlah yang rusak. Karena saya lihat komponen lain tidak ada yang bermasalah secara fisik. Untuk itu saya copotlah kedua TR tersebut. Setelah dicek dengan multimeter ternyata salah satu TR tersebut rusak. Kebetulan jenis transistor tersebut saya tidak ada stok. Oleh sebab itu nunggu beberapa hari untuk mencarikannya.
Servis Power Amplifier TOA


Setelah dapat Transistor C5198 langsung saya pasang, kemudian di tes ternyata power amplifier sudah normal kembali. Mungkin itu keberuntungan saya karena tidak ada komponen lain yang ikut rusak. Karena biasanya Transistor driver juga sering mengalami kerusakan. Nah bagi yang belum tahu cara mengukur TR tersebut silahkan baca mengenai cara mengecek transistor npn/ pnp dengan multimeter.

TR final Amplifier TOA
Selanjutnya jika jenis TR final tersebut tidak ada sebenarnya bisa juga diganti dengan jenis lain yang memiliki fungsi sama untuk itu silahkan baca tipe transistor final untuk power. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat Anda. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

7 Komentar Untuk "Servis Power Amplifier TOA Cuma Mendengung"

  1. Maaf mas, saya mau tanya, ini saya dapat servisan amplifier TOA mesin buatan pabrikan, ini sbnernya tdk ada masalah, cuma yg punya bingung kalo d pasang, trus volume nya di besarkan, suaranya malah sember.. itu kenapa ya mas ? D tunggu jawabannya, trims..

    ReplyDelete
  2. itu outnya pakai yang berapa ohm resistansinya. selain itu coba dengan speaker lain apakah juga sama?. Dibeberapa kasus yang pernah saya temui kurangnya arus bisa juga menyebabkan hal demikian

    ReplyDelete
  3. Mudah²an berbagi ilmu ini jadi ladang jariyah anda ya mas.. Salam kenal

    ReplyDelete
  4. Amiin , terimakasih gan dan salam kenal juga

    ReplyDelete
  5. gan saya punya ampli 150 wat kluar mndengung saja saya cek tr finalnya nggak masalah ...gmna mas solusinya

    ReplyDelete
  6. Copot dulu kabel input ke tone control, agar kita tahu masalahnya di power atau tonenya, klo tanpa terhubung ke tone apakah masih mendengung?, jika ya berarti power bermasalah, cek komponen aktifnya gan.

    ReplyDelete
  7. mas toa saya 50w input saya kuramg keras. trus saya pindahkan ke microphone trus suaranya bisa keras. beberapa hari kemudian saat di gunakan suaranya tiba tiba kecil sekali. itu masalah apanya ya?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.