Yuk Memanfaatkan Komponen Bekas dari pada Jadi Limbah

Komponen pada TV, Radio, Amplifier yang sudah tidak terpakai lagi mending kita manfaatin saja komponennya, sayang kalu dibuang percuma yang nanti akhirnya akan jadi limbah berbahaya. Mengingat sebenarnya komponen tersebut banyak yang masih bagus. Sebab kalau kita jual di pedagang rongsokan harganya pun sangat rendah. Namun kalau kita manfaatkan menjadi sebuah rangkaian yang menarik tentu akan lebih berharga. Seperti kita tahu biasanya pada TV ada banyak sekali resistor, transistor, IC dan sebagainya. 

Kalau kita bisa memanfaatkannya tentu akan lebih bagus. Memang sih kalau sudah muncul rasa malas. Melihatnya saja terkadang sudah enggan, apalagi mau mempretelinya, hehe. Untuk itu berikut komponen yang bisa kita manfaatkan di beberapa rangkaian elektronik.

Yuk Memanfaatkan Komponen Bekas dari pada Jadi Limbah
Televisi
Pada mesin televisi banyak sekali bagian-bagian yang bisa kita ambil untuk dimanfaatkan kembali, seperti kit Regulator, IC audio yang bisa kita manfaatkan untuk amplifier maupun speaker aktif. Selain itu ada komponen utama, kalau masih bagus bisa kita jadikan pengganti pada TV lain yang mungkin saja membutuhkan komponen tersebut. Kalau saya sih biasanya hanya mengambil komponen utama atau komponen aktif yang masih bagus saja seperti IC atau TR regulator. IC vertical, Speaker, IC program, dioda dan sebagainya. Biar ada stok kalau ada yang membutuhkan. Sebab didaerah saya tinggal memang cukup sulit mendapatkan sparepart peralatan elektronik, oleh sebab itu inilah jalan mudahnya. Kalaupun tidak ada ya terpaksa harus beli ke toko online.

Amplifier/ Speaker aktif
Kalau amplifier sebenarnya bisa saja kita rakit kembali, namun jika memang PCB sudah tidak layak pakai atau banyak komponen berkarat, mungkin kita bisa manfaatkan TR final, maupun drivernya. Karena komponen tersebut biasanya yang paling mahal. sleian itu potensio maupun trafo juga bisa kita ambil kalau masih OK.

Handphone/ Smartphone
Kalau handphone mungkin bagi sebagaian orang banyak yang menjadikannya sebagai kanibal ya. Tapi berhubung saya belum lihai di handphone, paling yang saya ambil dibagian layar, mic, speaker sama baterai. Untuk yang lainnya lihat-lihat dulu tipe maupun jenis Handphonenya.

DVD Player
Kalau dvd biasanya saya ambil regulator, mekanik + opticnya sekalian. Kalau masih bagus juga sih. Namun kalau di bagian mpeg terlalu rumit buat saya. Maklum saja masih pemula bisanya cuma otak-atik yang sederhana saja.

Laptop
Kalau yang satu ini, jangan ditanya lagi, banyak perangkat yang bisa dimanfaatkan lo. Seperti Hardisk, RAM, Keyboard, Layar LCD, DVD player, kamera, WLAN, CMOS, dan sebagainya. Tapi kalau saya sih ambil yang paling mahal saja harganya, kayak layar, hardisk, RAM, keyboard. Yang lainnya nyusul kalau ada yang perlu. Hardisk pada laptop bisa kita manfaatin buat HDD external, atau untuk sistem kanibal antar laptop. Maklum zaman lagi susah. dan lain-lain saja ya.

Nah selanjutnya untuk apa komponen-komponen tersebut? , kalau kita mau jadikan sebuah rangkaian yang bermanfaat. Bisa saja kita ambil rangkaian power pada mesin TV kemudian kita rakit jadikan speaker aktif. Karena pada dasarnya sangat jarang sekali rangkaian power (audio) pada TV mengalami kerusakan,

Sedangkan bagi yang suka nyervis, alangkah baiknya jika kita bilang dulu kepelanggan kalau komponen yang hendak kita ganti adalah second atau bekas. Kalau si empunya setuju tidak masalah, Tapi kalau tidak mau jangan menipu ya. Sebab hal inilah terkadang menjadi sebuah image para tukang servis elektronik suka ganti komponen bekas pada TV yang rusak. Apalagi sampai mengganti komponen yang bagus dengan komponen yang kurang bagus. Bisa jadi tambah runyam nantinya. 

Meski begitu seorang tukang servis juga banyak yang lebih memilih untuk tidak menggunakan komponen bekas. Namun kadang kala ada juga yang diganti komponen baru justru kualitasnya kurang bagus, Karena bagi tukang servis terkadang lebih suka menggunakan komponen yang original ketimbang membeli baru, meski dengan tipe dan jenis yang sama. Mungkin inilah celotehan kali ini, Untuk proses perakitan komponen bekas tadi lain waktu saja ya bos di posting. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Yuk Memanfaatkan Komponen Bekas dari pada Jadi Limbah"

  1. assalamualaikum,gan mau nanya,gmn caranya dari mesin tv bisa dijadikan speker aktif,maklum baru hobi utak atik elektron masih awam bngt,mohon pnjelasannya,trims

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.