Penyebab Lampu Rumahan Cepat Rusak

Kebanyakan orang pasti sudah pernah merasakan bagaimana rasanya jika lampu rumahan cepat rusak, baik untuk ruang tamu, kamar, dapur, atau diluar rumah. Kebanyakan lampu yang dipakai adalah jenis hemat energi (elektrik). Hal ini karena konsumsi daya lampu elektrik lebih hemat dari pada lampu bohlam atau sejenisnya. Dari sekian banyak pemakai lampu hemat energi, sering kali terjadi kerusakan, entah itu berkedip - kedip, mulai redup atau mati total. Berbagai macam merk, bentuk dan Watt banyak dijual dipasaran. Mulai dari harga yang paling murah sampai paling mahal. Untuk itulah pada kesempatan kali ini masputz.com akan share mengenai penyebab lampu rumah cepat sekali rusak, meskipun belum lama dipakai.

Penyebab lampu rumah cepat rusak

 
1. Tegangan yang mengaliri melebihi batas kemampuan lampu
Biasanya hal ini sering terjadi saat menggunakan arus dari generator genset, diessel. Untuk mengatasinya kita bisa gunakan stabillizer. 

2.  Kualitas lampu rendah.
Memang dari sekian banyak produsen lampu pasti mengunggulkan produknya. Jadi sebagai konsumen tentu harus lebih pandai dalam memilih jenis dan merk lampu yang bagus.

3. Kesalahan pabrik.
Terkadang saat kita beli lampu, belum lama dipakai langsung mati, hal ini bisa saja terjadi karena kesalan pabrik, entah itu karena solderannya atau yang lainnya. Untuk itu cari lampu yang bergaransi.

4. Instalasi listrik rumah yang kurang baik.
Kadang ada juga yang mengabaikan hal ini, yaitu masalah instalasi listrik. Misalnya pemasangan kabel pada fitting lampu yang longgar, penggunaan kabel yang terlalu kecil, pemasangan kabel pada saklar dan sebagainya. Hal inilah terkadang bisa menimbulkan percikan api pada bagian yang longgar sehingga menyebabkan bunga api. Dengan begitu arus yang mengalir kelampu jadi tidak normal. Oleh karena itu hindari hal tersebut.

5. Banyak hewan yang masuk ke rangkaian lampu
Sering kita lihat banyak serangga kecil terbang mengitari lampu. Jika serangga tersebut masuk ke rangkaian lampu bisa juga menyebabkan lampu konslet. Meski tidak semua, tapi hal ini juga menjadi salah satu penyebab juga. 

6. Kemasukan air
Seperti yang kita tahu air juga merupakan penghantar listrik, jadi jika sampai air masuk kerangkaian maka bisa terjadi konslet pada rangkaian. Biasanya sering terjadi pada lampu luar rumah atau karena ada atap rumah yang bocor.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi sebab rusaknya lampu rumah, Jika ada yang lainnya silahkan berkomentar. Semoga dengan sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda, terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab Lampu Rumahan Cepat Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.