Penyebab Modem USB Tidak Mau Konek Internet

Modem USB menjadi salah satu andalan bagi pengguna Internet di seluruh dunia. Karena dengan sebuah perangkat external tersebut kita sudah bisa mengakses situs-situs yang ada di Internet. Seperti  yang kita tahu banyak sekali jenis modem yang beredar saat ini. Mulai dari harga yang murah sampai yang paling mahal. Hal ini tentu berdasar atas fitur dan juga spesifikasi modem tersebut. 

Beberapa orang terkadang mengalami masalah dengan modemnya, kebanyakan masalah yang paling umum adalah modem tidak mau konek ke internet. Mengenai hal ini sebenarnya banyak sekali penyebabnya, entah itu karena signalnya, pengaturan modem, atau kerusakan hardware modem itu sendiri. Untuk itu berikut adalah ulasannya.

Penyebab Modem Tidak Mau Konek Internet

Penyebab Modem USB Tidak Mau Konek Internet

1. Tidak ada sinyal / Kurang signal
Siapapun penggunanya, bahkan seorang master sekalipun kalau tidak ada sinyal yang mendukung tentu modem tidak akan bisa konek, Untuk saat ini jaringan yang biasa dipakai adalah GSM, CDMA dan EVDO. Jadi hal pertama yang kita perhatikan adalah jenis SIM card yang digunakan dan juga jenis modemnya. Apakah sudah sudah sesuai atau belum, karena jangan sampai modem GSM dipasang kartu CDMA. Jelas tidak nyambung masbro. Selanjutnya kalau sudah memahami hal tersebut barulah kita deteksi sinyalnya apakah streng, good atau low. Kalau lemah mungkin anda bisa baca mengenai solusinya yaitu dengan merakit antena wajan bolic untuk modem USB.

2. Salah Pengaturan modem
Pada saat pertama kita install modem di komputer atau laptop, terkadang ada beberapa jenis modem yang belum ada settingan sama sekali, terutama dibagian profil, biasanya ada diminta mengisi APN, nama profil dan sebagainya. Untuk itu pastikan dulu bahwa settingan modem sudah benar atau silahkan lihat cara setting modem huawei

3. Software modem bermasalah
Penyebab lainnya adalah software modem yang terinstall, khususnya driver modem itu sendiri, entah hilang, crash atau terkena virus. Cara cepat mengatasinya adalah uninstall software modem kemudian restart dan install lagi. Namun tekadang ada juga modem yang tidak support dengan OS yang dipakai oleh komputer. Untuk itu sebelum membeli pastikan modem support dengan Sistem operasi yang anda gunakan saat ini.

4. Permasalahan pada Hardware
Masalah pada hardware ada dua yaitu hardware pada modem dan hardware pada PC/ Laptop itu sendiri. Untuk mengetahui hal tersebut caranya adalah dengan memakai modem tersebut pada PC/laptop yang lain. Jika tidak masalah tentu komputerlah yang mengalami permasalahan. Biasanya permasalah pada komputer adalah tegangan pada USB berkurang atau tidak ada sama sekali. Sedangkan jika modem yang rusak ya dilem biru saja (lempar beli baru) hehe.

5. Permasalahan Sim Card
Selain beberapa hal diatas yang perlu kita cek kartu seleuler yang dipakai, misalnya kuota/ Pulsa Internet, masa aktif kartu dan sebagainya. Karena hal inilah penyebab yang penting kenapa meski terhubung tetapi tidak bisa mengakses internet.

Mungkin itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi kenapa internet tidak mau konek. Semoga bermanfaat

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Penyebab Modem USB Tidak Mau Konek Internet"

  1. modem oke sudah coba di komputer lain gan.
    ada tulisan remot server not respon. gimana solusinya gan

    ReplyDelete
  2. coba uninstall programnya trus install lagi

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.