Tips Membuat Box Speaker yang Bagus dengan Winisd

Agar power amplifier bisa kita gunakan tentu membutuhkan speaker pasif yang dipasang dalam box. Namun terkadang beberapa orang sering mengabaikan berapakah ukuran box yang cocok untuk ukuran speaker yang kita gunakan. Misalnya kita menggunakan speaker ukuran 12 inch atau 15 inc, fullring, yang berarti cocok untuk luar ruangan atau jenis woofer/ subwoofer Sementara box yang kita buat asal-asalan saja. Maka bukan tidak mungkin hasilnya bisa jadi kurang maksimal. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan share mengenai tips membuat box speaker yang bagus. Yaitu dengan merancangnya terlebih dahulu menggunakan sebuah aplikasi dari Linear Team. Aplikasi ini bernama WinISD yang didesign oleh Juha Hartikainen, JJ Richard, Choong Kiat Yian. Untuk yang membutuhkannya silahkan download disini.

Setelah didownload kemudian install dulu pada laptop atau PC windows. Jika belum tahu caranya lihat gambar dibawah ini.

Saat dibuka akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian klik Next.

install winisd step 1
 Begitu juga selanjutnya klik next saja
Install winisd step 2Install winisd step3install winisd step 4
install winisd step 5
Setelah selesai maka klik finish, dan saya kira ini mudah. Setelah aplikasi winISD terinstall, maka kita bisa membukanya. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Pilih menu file dan klik New Project, untuk memulai.
memakai winisd step 1
Setelah itu kita akan melihat banyak sekali pilihan tipe dan model speaker , pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan anda. Kemudian klik Next.
memakai winisd step 2
 Kemudian akan muncul tampilan dibawah ini, silahkan dipilih sendiri driver yang diinginkan. Hal ini sesuai dengan PA yang kita miliki. Kalau kita pilih isobarik, biasanya untuk bazzoka. Setelah selesai kita klik Next lagi.

memakai winisd step 3
Maka akan kita lihat Gain dari box speaker yang dirancang tadi. Sekaligus volume yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan mantap.
memakai winisd step4
Jika sudah demikian, maka kita tinggal membuatnya, kan gambarnya sudah nongol diatas tuh. Sesuaikan saja dengan volume, yaitu Panjang x Lebar x Tinggi = Volume.

Namun jika Speaker yang anda gunakan tidak ada pada pilihan waktu memilih jenis speaker tadi, maka kita bisa menggunakan pilihan manual yaitu pilih New. kemudian isikan kolom sesuai spesifikasi speaker yang akan kita gunakan.
memakai winisd step 5
Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda, untuk tips lainnya silahkan lihat pada daftar isi blog. Jangan lupa lihat mengenai memilih dan membeli speaker aktif yang mantap.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Tips Membuat Box Speaker yang Bagus dengan Winisd"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.