Mengenal Jenis-Jenis Transformator dan prinsip kerjanya

Sering kita mendengar kata Trafo atau Transformator dalam dunia elektronika. Namun apakah itu trafo?. Bagaimana prinsip kerjanya? Berapa banyak jenis atau macam-macamnya?. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan sedikit uraikan mengenai transformator ini yang diambil dari berbagai sumber seperti buku, wiki, beberapa blog dan lainnya.

Transformator adalah sebuah alat yang dapat memindahkan tenaga listrik antar dua atau lebih rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Prinsip kerja trafo ini adalah berdasar atas prinsip induksi elektromagnetik. Tegangan input bolak-balik yang membentangi lilitan primer menimbulkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan skunder. Fluks bolak balik ini yang menginduksikan GGL (gaya gerak listrik) dalam gulungan skunder

Jenis jenis Transformator (Trafo)

mengenal transformator

  1. Trafo Step up, Merupakan jenis trafo dengan lilitan skunder lebih banyak ketimbang lilitan primer. Itulah sebabnya trafo ini berfungsi untuk menaikkan tegangan. Jenis trafo seperti ini biasanya digunakan pada pembangkit listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan dari generator listrik. Selain itu trafo step down juga bisa kita temukan dalam mesin las listrik, UPS dan sebagainya.
  2. Trafo Step Down, Adalah kebalikan dari trafo step up, yakni lilitan skunder lebih sedikit dibanding lilitan primer. Itulah sebabnya trafo jenis ini banyak digunakan untuk menurunkan tegangan, contohnya adalah trafo adaptor, power supply untuk amplifier, radio dan sebagainya.
  3. Auto Transformator, Jenis trafo ini hanya terdiri dari satu lilitan yang berlanjut secara listrik dengan sadapan tengah. Jadi dalam sebuah trafo, lilitan skunder dan primer dalam satu jalur. Trafo jenis ini banyak kita temukan pada rangkaian elektronika seperti TV, Radio, transmitter dan sebagainya.
  4. Auto transformator variable, merupakan jenis autotransformator yang sadapannya bisa diubah-ubah, sehingga bisa memberikan perubahan perbandingan pada lilitan primer dan skunder.
  5. Transformator Isolasi, merupakan jenis trafo yang memiliki lilitan skunder dan primer sama banyak. Biasanya trafo ini banyak digunakan pada penerapan audio jaman dulu. Karena sekarang sudah banyak diganti dengan kapasitor.
  6. Transformator Pulsa, merupakan jenis trafo yang bisa menghasilkan keluaran gelombang pulsa.
  7. Transformator 3 Phase, Yaitu 3 trafo yang dihubungkan secara khusus satu sama lain.
Mungkin sampai disini dulu pengenalan mengenai trafo, lain waktu mudah-mudahan bisa dilanjut kembali, semoga bermanfaat. Lihat juga Apa itu konduktor, semikonduktor dan isolator

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Mengenal Jenis-Jenis Transformator dan prinsip kerjanya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.